Pengertian Website dan Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Lebih Lanjut

Pengertian Website
Website, src: bebastudio.com

Semakin berkembangnya teknologi informasi membuat media berbagi informasi tidak hanya lewat dari mulut ke mulut atau melalui surat kabar saja. Sekarang ini anda bisa menemukan atau membagikan informasi dengan lebih mudah dari yang sebelumnya, teknologi tersebut adalah website melalui jaringan internet. Namun tahukah kamu pengertian website secara benar?

Anda mungkin sudah banyak sekali berhubungan dengan yang namanya website. Mulai dari baca berita, mencari informasi pelajaran atau bahkan mencari resep masakan juga menggunakan website. Namun anda perlu untuk mengetahui apa itu website. Kalau begitu simak ulasan pada artikel kali ini. Karena mungkin saja pengertian website menurut anda bisa salah.

Baca juga : Inilah Manfaat Website bagi Perusahaan

Pengertian Website

Website (Situs Web) merupakan kumpulan dari halaman web yang memuat informasi pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu. Website tersebut bisa diakses menggunakan browser dan terhubung dengan internet. Untuk menuju website tertentu anda perlu menentukan domain atau url website tersebut.

Sebagai contoh dari url adalah https://www.khairadigital.com. Dengan mengetikan alamat url tersebut pada browser, anda bisa menuju halaman website tersebut.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian website sebelumnya adalah pengertian secara umum yang mudah untuk dipahami. Namun tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui apa perngertian menurut para ahli.

Website adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan halaman web sementara link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu halaman ke halaman lain (hyper text), baik halaman yang disimpan dalam server sama maupun server diseluruh dunia yang diakses menggunakan browser. (Pengertian Website dari Hakim Lukmanul, 2004)

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait satu sama lain. Web terdiri dari halaman, dan kumpulan halaman yang disebut homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait di bawahnya. Setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web. (Pengertian Website dari Gregorius, 2000)

Apa itu Website
Apa itu Website, src: allthewayupmedia.com

Baca juga : Kenali Daftar Jenis-Jenis Website Blog

Sejarah Website

Setelah mengetahui tentang penjelasan website, selanjutnya adalah mengetahui sejarah dari website. Sejarah dari website bisa dibaca dengan lengkap melaui halaman resmi sejarah website. Namun karena berbahasa inggris dan banyak, maka akan kami singkat agar penjelasannya mudah ditangkap.

Ia adalah Tim Berners-Lee yang merupakan seorang ilmuwan komputer di Inggris. Berners dilahirnya di London, dan orang tuanya merupakan ilmuwan komputer pada era awal-awal komputasi.

Setelah lulus dari Universitas Oxford, Berners menjadi insinyur di CERN yang merupakan labolatorium fisika yang berada di Jenewa, Swiss. Ilmuwan-ilmuwan yang datang dari seluruh dunia datang untuk menggunakan akselerator temuannya. Namun Berners menemukan adanya masalah tentang bagaimana caranya untuk berbagi informasi antara satu dengan yang lainnya.

Barulah pada bulan Oktober 1990 Berners menulis tiga teknologi dasar yang kini menjadi dasar website dibuat (bisa anda lihat pada bagian web browser anda). Ketiga teknologi tersebut adalah :

HTML (HyperText Markup Language), merupakan bahasa markup untuk membuat sebuah website. Dengan html website bisa menampilkan informasi yang dibagikan kepada pengguna.

URI (Uniform Resource Identifier), merupakan alamat unti yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah halaman yang ada di dalam website sekarang lebih dikenal dengan url.

HTTP (HyperText Transfer Protocol), merupakan protokol yang memungkin anda untuk mengambil kembari sumbe daya atau resource yang terhubung dengan seluruh web.

01, Website CV Personal Branding
Website CV Personal Branding, src: colorlib.com

Baca juga : Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya

Manfaat Website

Menyebarkan informasi

Fungsi utama dari website adalah sebagai tempat untuk berbagi informasi. Karena website tidak hanya dilihat satu orang saja, namun bisa dilihat oleh banyak orang yang jangkauannya seluruh dunia dengan syarat terhubung dengan internet.

Mulai dari manfaat yang pertama inilah anda bisa membagikan berbagai macam hal yang anda ingin bagikan. Bisa dari pengalaman, informasi, ilmu, tutorial atau pengumuman penting lainnya yang ingin anda bagikan.

Personal Branding

Dikarenakan pengunjung dari website sangat luas, anda bisa membangun personal branding anda dengan keterampilan yang anda miliki. Karena website bisa anda jadikan sebagai tempat untuk mempublikasikan hasil karya anda. Mulai dari Fotografi, Lukisan, Desain Grafis, Musik dan masih banyak hal lainnya yang bisa anda tambahkan untuk membangun personal branding anda.

Dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui hasil dari keterampilan yang anda hasilkan, personal branding anda akan semakin kuat orang-orang akan percaya dengan anda untuk membantu mereka dengan keterampilan anda.

Melakukan Promosi

Jika anda memiliki usaha atau bisnis, anda bisa menggunakan website untuk meningkatkan penghasilan. Dengan website anda bisa dengan bebas mempromosikan bisnis atau usaha anda tanpa ada halangan. Dan karena website terhubung dengan orang sluruh dunia maka memungkinkan mudah untuk mendapatkan klien dan meningkatkan penghasilan anda.

Banyak usaha yang bisa anda promosikan di website, misalkan sewa mobil, pemesanan penginapan, atau menjual lukisan, dan masih banyak lagi bisnis yang bisa dipromosikan di website.

Menghasilkan Uang

Selain digunakan untuk berbagi informasi, ternyata website juga berguna untuk menghasilkan uang juga. Contohnya adalah dengan jual beli online, jual beli gambar fotografi, dan masih banyak lagi tentang berjualan di website atau internet.

Selain itu, ketika website anda hanya berupa tempat berbagi informasi, anda juga menggunakan website tersebut untuk ladang penghasilan anda. Caranya adalah dengan memasangkan iklan pada website tersebut. Sekarang ini sudah banyak sekali media iklan yang bisa anda gunakan untuk penghasilan anda, salah satu contohnya adalah Google Adsense.

Sampai disini saja kami bahas mengenai penjelasan website. Jika ada kesalahan atau tambahan dari anda silahkan kirim melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Comment