Inilah Pengertian Homepage Beserta Fungsinya Pada Website Lengkap

Ketika anda membuat website khususnya wordpress, pasti anda tidak asing dengan yang namanya homepage. Karena untuk untuk membuat website yang bukan untuk blog biasanya saat membuat website dengan wordpress menentukan halaman mana yang akan dijadikan sebagai homepage. Lantas apa pengertian homepage sebenarnya?

Penjelasan artikel tentang pengertian homepage ini penting untuk kamu yang akan membuat website selain dari mengetahui apa itu landing page, karena dengan mengetahui apa penjelasannya anda bisa memutuskan konten apa saja yang akan anda masukkan ke dalan sebuah homepage.

Selain itu bagi anda yang masih awam dalam hal dunia website tidak ada salahnya untuk ikut membaca dan memahami nya. Karena bisa jadi setelah anda memahaminya anda berkeinginan membuat website sendiri dengan homepage yang anda inginkan.

Pengertian Homepage
Pengertian Homepage, src: hiremycode.com

Pengertian Homepage

Homepage merupakan halaman awal atau halaman muka dari suatu website atau situs web, dimana pada alamat tersebut bisa mengakses dokumen atau konten website. Pengertian lainya yaitu sebuah halaman default yang telah di setting untuk browser untuk ditayangkan saat mengakses melalui www (World Wide Web).

Definisi yang lainnya dari homepage yaitu halaman utama atau bagian depan dari sebuah web yang dapat memudahkan navigasi ke halaman-halaman lain dalam web tersebut. Tujuannya yaitu untuk mengorganisir content dalam website agar mudah ditemukan dan dilihat oleh pengunjung website

Untuk membuka sebuah homepage pada suatu website anda hanya membuka domain utama tampa ada uri/url tambahan. Contohnya adalah home page website yang sedang anda baca ini, anda bisa membukanya dengan khairadigital.com.

Homepage merupakan halaman yang paling penting pada suatu website karena merupakan halaman utama dan halaman yang di index terlebih dahulu oleh search engine sebelum halaman-halaman yang lain pada suatu website.

Biasanya homepage ini terletak pada posisi index pada sebua website, maksudnya adalah homepage terletak pafa file index dari kumpulan file website. Bisa berbentuk index.html atau bisa berbetuk index.php.

Homepage atau biasa dikenal dengan beranda ini hampir selalu ada di setiap website. Meski jenis-jenis website tersebut berbeda-beda, namun tidak lupa untuk menyertakan homepage ini, meskipun isi nya berbeda-beda tergantung dari jenisnya.

Misalkan saja pada website company profile, isinya berupa penjelasan mengenai perusahaan tersebut dan apa saja yang dilakukan nya. Namun berbeda lagi dengan website jualan, pasti pada halaman awal akan berisi berbagai macam produk atau jasa.

Biasanya pada homepage berisi banyak penawaran, karena disamping merupakan halaman yang paling awal di index oleh mesin pencarian. Homepage pun lebih fleksibel dan lebih mudah untuk memberikan penjelasan singkat yang nantinya akan diarahkan pada penjelasan yang lebih lengkap.

Fungsi Homepage

Apa sajakah fungsi dari homepage? Berikut adalah fungsi dari homepage menurut apa yang kami ketahui.

Halaman Utama Website

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa homepage merupakan halaman utama dari sebuah website. Yang memudahkan navigasi ke halaman lain. Dengan ini berarti anda bisa menggunakan homepage untuk menjelajah lebih lengkap pada website tersebut.

Menampilkan Topik Pembahasan

Selain memudahkan navigasi halaman, homepage juga berisi tentang pembuat website atau tentang tujuan website dibuat. Tentu hal ini banyak variasi nya karena tidak ada bentuk baku dari sebuah homepage. Semuanya berdasarkan kreatifitas dari owner website tersebut.

Contoh Isi Homepage

Dengan beragamnya isi dari sebuah homepage kami akan menjelaskan sedikit contoh yang bisa kami kumpulkan berdasarkan dari jenis website tersebut.

Company Profile

Pengertian Homepage
Contoh Company Profile

Biasanya homepage website ini berisi penjelasan tentang perusahaan tersebut dan layanan-layanan yang di berikan. Selain itu ada juga yang berisi tentang kontak, alamat dan jam kerja tempat perusahaan tersebut.

Terkadang juga memuat informasi resmi dari perusahaan tersebut yang perlu diketahui oleh masyarakat umum. Dan juga memuat tim pengelola website tersebut untuk meyakinkan pengunjung bahwa pengelola website tersebut terpublikasikan.

Baca juga : Manfaat Website bagi Perusahaan

Toko Online

Biasanya homepage website ini berisi produk-produk atau jasa yang ditawarkan. Mulai dari perkategori ataupun ditampilkan dari peroduk yang terbaru. Selain itu terdapat juga promo atau diskon untuk menarik pengunjung untuk membeli atau memakai jasa pada toko online tersebut.

Pengertian Homepage
Contoh Toko Online

News/Blog

Berisi artikel atau berita yang dimuat oleh website tersebut. Sama seperti di toko online, pada webs news juga ditampilkan artikel terbaru ada juga yang menampilkan artikel paling populer atau sedang hangat. Tentu isi dari web news ini masih bebas tergantun keingin si pemilik website.

Sosial Media

Untuk sosial media berbeda lagi isinya karena kegunaannya pun juga sangat berbeda. Pada kebanyakan homepage sosial media anda akan menemukan tampilan berupa form pendaftaran.

Setelah anda mendaftarkan diri dan berhasil masuk, biasanya homepage tersebut akan berubah tampilannya, biasanya akan menampilkan informasi yang teman anda kirimkan. Contohnya seperti Twitter, Facebook, atau Instagram.

Demikian penjelasan tentang pengertian website beserta fungsinya. Bagi anda yang akan membuat website penting sekali untuk menentukan terlebih dahulu apa saja yang akan ditampiklan pada homepage.

Karena hal ini akan berpengaruh pada berjalannya website anda sesuai dengan tujuan website tersebut. Anda bisa meniru dari apa yang kami contohkan diatas, dan tentu tidak hanya terbatas pada contoh tersebut, karena masih banyak referensi lain di luar sana yang mungkin lebih cocok untuk anda terapkan

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada teman atau kerabat anda ya, siapa tahu akan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya, jika ada salah dan kurang kami mohon maaf.

Leave a Comment