Pengertian CMS Dan Alasan Mengapa Menggunakan CMS Untuk Website

Pengertian CMS
Pengertian CMS, src: mamanggraphic.com

Sekarang ini teknologi untuk membangun dan mengelola website sudah semakin mudah. Tidak seperti dahulu yang harus membuat sendiri sistem website dengan kodingan yang memiliki ratusan hingga ribuan baris kode. Sekarang membuat website bisa dengan memakai CMS, berikut pengertian dari CMS dan alasan mengapa menggunakan cms.

Sekarang ini website menjadi hal yang memiliki berbagai tujuan, salah satu tujuannya adalah dengan mengembangkan bisnis dengan menggunakan website sebagai media promosinya. Dengan begitu target pemasarannya bisa meluas dan meningkatkan penghasilan.

Namun membuat website adalah salah satu hal yang dirasa sulit untuk sebagian. Apalagi orang yang bukan pada bidangnya dan masih awam terhadapa hal-hal pada website. Malahan mungkin ada yang menganggap bahwa membuat website adalah hal yang rumit.

Namun memang itu lah kenyataan di beberapa tahu ke belakang. Sekarang ini sudah ada teknologi yang memudahkan orang untuk membangun dan mengelola website dengan mudah, yaitu dengan menggunakan cms.

Pengertian CMS

CMS merupakan singkatan dari Content Management System atau dalam bahasa indonesia berarti sistem manajemen konten. CMS adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola isi suatu website.

Dengan bantuan CMS (content management system) kita dapat dengan mudah mengelola website yang kita buat tanpa harus membuat sistem dari awal. Jadi anda tidak perlu khawatir bila tidak mengetahui pemrograman website karena sudah terbantu dengan adanya CMS.

CMS merupakan situs website yang berorientasi pada konten. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin memperbarui situs webnya. Dengan pembagian akses halaman admin, anda bisa memberikan hak dari masing-masing pengguna untuk dapat memberikan kontribusinya tanpa mengalami kesulitan.

Pada CMS umumnya mempunyai 2 tampilan, yang pertama tampilan admin yang berfungsi untuk mengatur tampilan web, memposting artikel atau konten dan juga untuk menghubungkan ke database. Sedangkan tampilan yang satunya lagi adalah tampilan untuk user yang tampil saat diakses public.

Baca juga : Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya

CMS
CMS, src: webano.co.uk

Alasan Menggunakan CMS

Lalu alasan apa saja yang membuat anda harus menggunakan CMS dibandingkan dengan membuat website dari awal? Berikut penjelasannya.

Sangat Efisien

Dalam proses pembuatannya CMS bisa dikerjakan dengan waktu yang sangat singkat. Hal ini tentu bisa mengefisiensi waktu dan tenaga yang diperlukan untuk membangun sebuah wesbite. Cocok sekali bagi anda yang mempunyai waktu luang yang sedikit namun ingin membuat website.

Selain itu pada sisi biaya yang dikeluarkan untuk bisa mengonline kan CMS juga tidak banyak, sehingga biaya sisanya bisa dialokasikan pada perihal yang lebih penting.

Penggunaan Mudah Dan Cepat

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa tanpa mengetahui bahasa pemrograman anda tetap bisa membuat website dengan CMS, hal ini tentu memudahkan banyak orang yang ingin membuat website.

Selain itu untuk mengoperasikan website cms juga termasuk mudah, karena tampilan adminnya sangat user friendly, sehingga bisa dengan mudah dipahami oleh semua orang bahkan yang pemula sekalipun.

Baca juga : Cara Mempercepat WordPress Untuk SEO

Pilihan Tema Banyak

Tidak suka dengan tampilan website default? tenang anda bisa mengubahnya sesuai dengan yang anda inginkan. Karena CMS memiliki banyak pilihan tema yang bisa kalian pilih dengan mudah dengan biaya yang gratis.

Jika tidak ada yang cocok juga, anda bisa mencari temanya di luar CMS tersebut yang berbayar untuk mendapatkan tampilan premium yang bisa anda atur-atur lebih bebas tanpa perlu khawatir.

CMS
CMS, src: webhosting.com.eg

Penambahan Fungsi Website

Pada awal pembuatannya, CMS difokuskan hanya untuk melakukan posting sebuah artikel saja. namun jika anda ingin website tersebut memiliki fungsi yang banyak, anda bisa menambahkan plugin pada website cms anda.

Dengan plugin tersebut anda bisa menambahkan banyak fungsi yang beranekaragam sehingga website anda tidak hanya sebagai blog semata, namun juga memiliki fungsi tambahan yang berguna.

Plugin ini dikerjakan oleh pihak ke-3, jadi plugin tersebut bukan dari cms sendiri yang mengerjakan, melainkan orang lain yang membuatnya. Namun jangan khawatir anda bisa tenang karena semua plugin pastinya sudah proses dan diseleksi oleh pihak CMS.

Baca juga : Jenis-Jenis Website berdasarkan Sifat dan Fungsinya

Multi User

Membangun bisnis tidak akan cukup dengan satu orang saja, namun anda harus membentuk tim agar saling melengkapi antara satu dengan yang kainnya untuk mencapai tujuan bisnis tersebut.

Tidak berbeda juga dengan website, yang mungkin tidak semua orang bisa menghandle semua hal, namun ada pembagian job yang mesti di kerjakan masing-masing agar semua nya saling melengkapi.

Pada CMS, umumnya bisa menambah pengguna atau menambahkan admin dengan jumlah yang banyak. Oleh karena ini CMS memberikan kemudahan dalam pengaturan pengguna yang masuk, dan tentunya masing-masing pengguna tersebut bisa disetting hak aksesnya.

Maintenance Yang Mudah

Tidak dipungkiri bahwa teknologi website yang terus berkembang akan memaksa anda untuk menggunakan perbaruan tersebut apapun yang terjadi. Bisa jadi perubahan tersebut mengakibatkan perombakan total pada website anda.

Jika anda membuat website dengan kodingan sendiri, tentu akan terasa sangat berat. Namun jika anda menggunakan CMS anda akan dimudahkan dalam proses perubahan website tersebut. Karena ketika menggunakan CMS anda akan menggunakan struktur website yang sama. Jadi ketika ada bagian yang perlu di perbarui maka cukup satu persatu bagian dan tidak akan mengganggu fungsi yang lain.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan kepada anda tentang pengertian cms dan alasan mengapa anda harus menggunakan cms. Semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment