Inilah Pengertian Cache dan Manfaatnya untuk Kinerja Website Anda

Pengertian Cache
Pengertian Cache, src: nestify.io

Ketika anda mempelajari tentang cara mempercepat wordpress maka salah satu poinnya adalah dengan menggunakan plugin cache. Lantas apa itu pengertian cache secara lengkap? Simak artikel ini sampai selesai untuk memahaminya.

Untuk mempercepat website biasanya disarankan untuk menggunakan plugin cache untuk mengatasinya. Memang benar dengan menggunakan plugin cache tersebut anda bisa meningkatkan kecepatan dari website anda namun apa cache itu?

Hal lain yang berkaitan dengan cache adalah ketika anda akan menghapus riwayat penelusuran di browser anda. Disana tidak hanya tersedia untuk menghapus riwayat website yang anda kunjungi saja, namun ada bagian untuk menghapus cache juga.

Pengertian Cache

Cache merupakan penyimpanan sementara sebuah resource website seperti gambar, file html, css dan lainnya. Hal ini ada untuk mengurangi resource yang diambil dari server ketika anda mengakses sebuah website. Tentu hal ini diatur oleh browser masing-masing dengan tujuan untuk menampilkan halaman website agar lebih cepat.

Dengan adanya cache ini, maka server hanya akan melakukan pengiriman update website saja jika memang terdapat update dari website tersebut. Sehingga kerja server jadi lebih ringan dengan adanya penggunaan cache.

Karena jika tidak ada cache maka kerja server akan berat. Hal ini karena tidak sedikit website memiliki pengunjung yang banya hingga jutaan tiap harinya. Maka jika tidak ada cache server akan melakukan pengiriman data secara berulah-ulang sampai semua request pengunjung selesai. Akibatnya server tersebut bisa terjadi down dan website tidak bisa diakses.

perlu anda ketahu bahwa cache berbeda dengan cookies. Cookies adalah penyimpanan sementara yang berisi rekam jejak aktivitas apa saja yang anda lakukan ketika mengunjungi sebuah website.

Tanpa adanya cache ini, anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses sebuah halaman website. Karena hal ini sama seperti ram pada komputer. Ketika ram tersebut menjalankan sebuah program, awalnya akan membutuhkan waktu yang lama, namun ketika mengakses lagi program yang sama, maka kecepatan program tersebut lebih cepat dari yang pertama kali.

Cache ini tidak hanya berlaku pada browser dan internet saja. Namun proses caching ini juga digunakan oleh aplikasi mobile yang datanya tersimpan di website dan cloud. Contohnya seperti aplikasi spotify.

Penggunaan ini memiliki fungsi yang sama yaitu agar mempercepat kinerja dari aplikasi tersebut. Selain itu juga digunakan untuk menyimpan data seperti gambar, musik atau video untuk sementara waktu saja.

Baca juga : Cek Kecepatan Website Anda dengan Tools Gratis Berikut

Web Cache
Web Cache, src: keycdn.com

Manfaat Cache Untuk Website

Cache memiliki beberapan mafaat dari kelebihannya yang berfungsi untuk menyimpan file sementara. Apa saja manfaat dari cache tersebut? Berikut penjelasannya.

Meningkatkan Kecepatan Website

Seperti penjelasan di awal artikel ini, fungsi utama cache adalah untuk meningkatkan kecepatan dari website. Karena data-data resource website akan disimpan dalam perangkat yang nantinya akan digunakan kembali ketika mengakses website tersebut.

Tentu hal yang sangat berguna di waktu sekarang ini yang dituntut agar semuanya serba cepat. Karena efek dari teknologi yang semakin berkembang. Dengan website yang cepat tentu pengunjung website tersebut akan nyaman menikmati konten yang anda bagikan pada website tersebut.

Dapat Menampilkan Website Meskipun Sedang Down

Dalam cache tersimpan data-data resource dari website seperti yang sudah dijelaskan diata bahwa data tersebut bisa berbentuk file html, css, js, gambar ataupun data lainnya yang digunakan untuk membangun website tersebut.

Nah terkadang website mengalami down yang mengakibatkan website tidak bisa diakses untuk mendapatkan data-datanya. Namun ketika ada data hasil caching diperangkat anda ternyata website tersebut masih bisa diaksesn dan ditampilkan meskipun tampilannya tidak sesempurna seperti ketika tidak down.

Sebagai Bahan Komparasi Ketika Ada Perubahan Website

Manfaat selajutnya adalah sebagai bahan komparasi ketika adanya perubahan pada website. Data yang disimpan hasil caching adalah data yang lama, nah untuk membandingkannya anda tinggal mengakses website nya lagi dan lihat perubahan nya pada website tersebut.

Hal ini sangat berguna jika anda sebagai website developer. Karena anda akan terbantu ketika membangun sebuah website. Tentu tidak hanya satu atau dua kali dalam melakukan percobaan dan perbaikan. Maka bersyukurlah dengan adanya caching ini.

Digunakan Untuk Mengamati Perkembangan Website

Setelah sebelumnya digunakan ketika membangun website tersebut, poin kali ini adalah untuk perbaikan atau maintenance website tersebut. Karena teknologi yang semakin berkembang, maka tidak heran juga bahwa website juga akan terus berkembang.

Baca juga : Faktor-Faktor Kecepatan Website

Menghapus Cache Website
Menghapus Cache Website, src: kinsta.com

Kelemahan Cache

Namun dibalik semua kelebihan tersebut, ternyata ada kelemanannya juga. Kelemahan tersebut terletak pada data yang disimpan pada pengguna. Data-data yang simpan dalam cache terkadang ada data yang sifatnya privasi. Dengan data ini akibatnya website anda bisa rentan terhadap hacker.

Oleh karena itu perhatikan baik-baik pengaturan cache yang anda gunakan untuk website. Jangan sampai anda memberikan data yang sifatnya rahasia kepada pengguna website.

Kemudian jika anda meninggalkan browser tanpa pengawasan saat menggunakan perangkat di PC umum. Orang lain bisa saja menggunakan data dalam cache browser untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi pengguna tersebut.

Kesimpulan

Kerimpulannya adalah cache memang sangat berguna bagi kinerja website. Karena banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan pengaturan caching pada website anda. Namun anda juga perlu memperhatika pengaturan cache tersebut. Karena jika salah data yang sifatnya rahasia bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan untuk anda tentang pengertian cache. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Sampai jumpa di artikel selanjunnya.

Leave a Comment