Pentingnya Memilih Niche Blog pada Website untuk Kepentingan Bisnis

Niche Blog
Niche Blog, src: dailylifedose.com

Website blog merupakan salah satu jenis website yang berisi bermacam-macam informasi yang di bagikan oleh seseorang atau oleh sebuah perusahaan. Meskipun begitu banyak jenis-jenis blog yang tersebar di internet, salah satunya adalah niche blog. Apa itu? Mari kita bahas lebih lanjut.

Niche Blog

Niche atau niche market merupakan teknik untuk mendapatkan banyak manfaat dari kumpulan target kecil yang spesifik. Jika hal ini diterapkan pada blog, maka pengertiannya menjadi sebuah blog yang bertujuan untuk mendapatkan banyak manfaat dari topik pembahasan yang spesifik.

Niche berkaitan erat dengan marketing oleh karena itu blog niche membahas suatu hal spesifik yang tujuannya berkaitan dengan marketing. Entah itu mempromosikan sebuah produk atau mempromosikan sebuah media internet untuk tujuan bisnis.

Baca juga : Apa Itu Niche Market dan Bagaimana Cara Mencarinya

Keuntungan Memilih Niche Blog

Sebenarnya tidak ada aturan khusus bahwa harus memilih niche untuk isi kontennya. Malahan blog memiliki sifat yang membebaskan pemiliknya untuk memilih apa saja tema atau niche yang akan dimasukkan ke dalam blog. Namun perlu anda sadari, dengan memilih niche anda akan memiliki banyak keuntungan, seperti berikut :

Lebih Fokus

Website blog memang sangat mudah untuk di buat dan paling banyak peminatnya. Namun rata-rata dari yang baru memulai sebuah blog akan mengalami rasa bosan karena yang di bahas dalam blognya berbagai macam tema.

Hal ini dikarenakan orang tersebut bingung untuk memilih fokus ke dalam tema pembahasan yang mana. Karena banyaknya ide tema pembahasan yang dimasukkan pada blog maka dia akan merasa bingung dan akhirnya berujung pada berhentinya kegiatan blogging.

Nah dengan memilih sebuah niche blog, anda akan lebih fokus untuk mengerjakan tema tersebut. Meskipun bila dipikir-pikir akan kesusahan memilih topik pembahasan di kemudian hari, tapi jangan memilikirkan ini terlalu berlebihan, karena hal ini bisa diatasi di kemudian hari.

Lebih mendalam

Dengan memilih sebuah niche blog, anda bisa membahas topik dalam artikel lebih mendalam dari biasanya. Hal ini terjadi atas akibat dari memsempit tema pembahasan dalam sebuah blog, sehingga anda akan membahas sampai ke sebuah poin terkecil pada suatu topik.

Meskipun sebelumnya anda bukanlah ahli dalam niche tersebut, pelahan-lahan ketika anda memperlajari sesuatu untuk dibagikan dalam sebuah konten maka anda akan menjadi ahli dengan sendirinya. Karena sama saja dengan anda belajar untuk mengajarkan.

Menjadi Web Otoritas

Dengan pembahasan yang mendalam pada niche tertentu, maka secara tidak langsung pengunjung akan merasa bahwa blog anda bisa dijadikan rujukan atau otoritas. Dengan begitu pengujung blog anda akan semakin banyak.

Hal ini karena banyak kelebihan jika anda memiliki website otoritas. Salah satunya adalah sudah disebutkan sebelumnya yaitu meningkatnya jumlah pengunjung, kemudian akan meningkatkan brand awarenes atau kepercayaan publik pada brand anda.

Pengunjung Tertarget

Ketika anda memilih salah satu niche atau tema pembahasan, maka secara tidak lengsung pengujung blog juga akan tersaring yaitu sama-sama memiliki minat pada niche blog yang anda targetkan.

Hal ini tentu membuat anda memiliki banyak peluang yang bisa diberikan atau ditawarkan pada pengunjung blog anda. Bisa ditawarkan suatu promosi atau sebuah produk yang masih ada kaitannya dengan niche blog anda.

Selain itu dengan adanya pengunjung tertarget, anda bisa meningkatkan optimasi SEO pada website anda. Karena semakin banyak pengunjung pada artikel blog yang memiliki niche atau tema yang sama, maka blog tersebut akan memiliki rangking yang bagus pada tema tersebut.

Lebih Mudah Promosi

Seperti yang disebuatkan pada poin sebelumnya, dengan pengunjung yang tertarget, maka anda bisa melakukan promosi baik itu barang ataupun jasa pada blog anda. Tentunya apa yang dipromosikan tersebut masih sesuai dengan niche blog anda.

Meskipun nantinya ada produk yang sebenarnya tidak ada kaitannya ditawarkan kepada pengunjung, namun anda masih memiliki peluang yang besar karena anda sudah memiliki nama brand terpercaya oleh akibat dari pembahasan anda pada blog anda.

Baca juga : Apa Itu SEO Friendly dan Apa Gunanya untuk Promosi

Lebih Mudah Monetisasi

Dengan kemungkinan pengunjung yang banyak pada tema spesifik, maka anda akan lebih mudah untuk memonetisasi blog anda. Karena pihak penyedia akan menganggap bahwa pembahasan pada blog anda pada satu minat sehingga cocok untuk dipasang iklan.

Selain itu karena pembahasan artikel anda mendalam maka bukan tidak mungkin blog anda menjadi rujukan orang saat membahas tema yang sama, hal ini juga akan berpengaruh pada diterimanya website anda untuk di monetisasi.

Jika blog anda sudah diterima penyedia iklan, anda juga akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak penghasilan dari CTR atau istilah mudahnya adalah penghasilan iklan dari jumlah klik pengunjung.

Karena iklan yang akan ditampilkan menyesuaikan dengan isi pembahasan dalam blog tersebut. Maka dengan minat pengunjung yang sama dengan penawaran iklan yang sama, pengunjung akan lebih tertarik dan menekan iklan tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai pentingnya memilih niche blog. Bisa disimpulkan bahwa dengan anda memilih niche blog anda bisa mendapatkan banyak manfaat bahkan bisa untuk mendapatkan penghasilan.

Oleh karena itu pilihlah niche blog yang anda minati dan kuasai. Dan tentu saja pilih pembahasan yang memiliki jumlah minat yang banyak, caranya adalah dengan menggunakan tools keyword research yang bisa anda cari di mesin pencarian.

Sekian dari kami semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk anda, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment