Cara Membuat Tampilan WordPress Menarik dan Profesional

Membangun website tidak hanya sekedar memesan hosting dan juga domain. Ada banyak hal yang perlu anda lakukan, meskipun jika anda menggunakan bermacam-macam CMS yang mendukung pemasangan plugin, maka pekerjaan anda akan banyak terbantu. Salah satunya adalah anda harus mengetahui cara membuat tampilan WordPress menarik jika anda menggunakan CMS WordPress.

Ada beberapa cara membuat tampilan WordPress menarik dan lebih bagus. Beberapa langkah ini sangat mudah, hanya saja anda harus memiliki jiwa seni karena mengemas tampilan dari suatu website berkaitan dengan estetika dan juga seni tata letak. Inilah beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

1. Pilih Tema yang Tepat

Jika anda tetap menggunakan tema defaut dari apa yang di berikan oleh WordPress, anda dapat menggunakan editor Gutenberg atau peralatan lainnya untuk menyesuaikan. Anda dapat membuat situs yang terlihat bagus meskipun anda masih menggunakan tema default. Namun, ada batasan yang menjadikan anda tidak bisa mnegubah beberapa hal yang lebih jauh.

Cara Membuat Tampilan WordPress Menarik
Dashboard WordPress. Sumber unsplash

Anda dapat memilih ratusan tema WordPress gratis atau berbayar yang tersedia melalui direktori tema WordPress atau pihak ketiga. Dengan menggunakan tema yang bukan bawaan dari WordPress, anda akan memiliki keleluasaan dalam melakukan kontrol kostumisasi. Dan jangan lupa tema yang digunakan memungkinkan website mobile friendy.

2. Pemilihan Warna

Pemilihan tema tidak lepas dari penggunaan warna. Warna dari suatu website bisa jadi merupakan identitas dari perusahaan yang memiliki website. Beberapa website dari perusahaan ekspedisi pasti memiliki tema dengan warna yang sama dengan armada yang digunakan dan bahka seragam para pegawainya.

Karena itulah beberapa pabrikan otomotif memiliki warna yang khas dan juga kombinasi warna yang berbeda di setiap pabrikan. Hal tersebut tentu sudah menancap di dalam benak para pelanggan produk. Hal serupa juga di aplikasikan pada saat pembuatan website. Jika anda pertama kali dalam membuat web maka tidak ada salahnya anda mempelajari sifat warna dan juga contoh website lain dalam pemilihan warna.

3. Jenis Huruf atau Font

Pemilihan font tentu tidak hanya sekedar memperindah penampilan saja. Namun pemilihan font juga mempertimbangkan keterbacaan pengunjung website. Jangan sampai anda menginstal font yang menurun anda keren namun ternyata sulit untuk di baca oleh pengunjung website. Sesuaikan dengan kepribadian situs anda.

Untuk menginstal Font anda bisa menggunakan plugin yang tersedia, menggunakan font bawaan dan sebagainya. Di masa lampau font yang terbaca di browser hanyalah terbatas. Namun saat ini dengan adanya font web, anda bisa menggunakan jenis font apaun untuk di instal di website anda, sistem akan melacak font tersebut dan memungkinan untuk terbaca di sistem peramban.

4. Atur Beranda Website

Beranda yang menarik menjadikan pengunjung yang pertama kali membuka website anda terpancing untuk menjelajahi keseluruhan. Karena itu anda harus mempersiapkan beranda website dengan semenarik mungkin. Baik menggunakan beranda dinamis ataupun statis sebaiknya penataannya harus benar-benar diperhatikan.

Sebenarnya dengan menggunakan tema default anda bisa mendapatkan tata letak beranda yang mungkin akan terlihat sederhana. Namun anda bisa mengubahnya dengan plugin atau peralatan lannya. Buat kesan pertama yang mampu menarik ke langkah selanjutnya. Sebagian pengembang mengemas beranda yang menarik dengan menambahkan slide, animasi, bahkan kuis.

5. Buat Tombol Navigasi Yang Memudahkan

Ketika membuat tombol navigasi anda seharusnya membuatnya semudah mungkin bagi pengunjung untuk menjelajahi situs anda sehingga mereka bisa tinggal lebih lama dan membaca lebih banyak konten anda. Untuk membuat menu navigasi khusus yang membantu meningkatkan tampilan halaman anda, anda dapat menggunakan editor menu bawaan WordPress.

Secara default, WordPress memberikan pengaturan menu yang mudah dan jika anda tidak mengaturnya dari awal dengan pengkategorian yang benar tentu akan berantakan. Bangunlah kategori yang cukup luas untuk mengatur semua posting dan halaman. Menu anda mungkin bisa anda pasang dengan menyertakan tab Tentang Kami, Toko, dan Blog.

Supaya lebih ringkas anda bisa menggunakan sub-menu yang akan muncul sebagai item drop-down saat pengunjung mengarahkan kursor ke salah satu tab induk. Sistem navigasi yang terorganisir akan memastikan pengunjung website akan mendapatkan pengalaman yang baik. Anda dapat menambahkan bilah pencarian ke menu navigasi, dengan demikian, pengunjung dapat mengetikkan kata kunci untuk menemukan konten yang mereka cari dengan cepat dan mudah.

6. Unggah Favicon

Secara default WordPress menampilkan favicon dengan logo huruf W. Jika anda sudah memiliki laman website dengan domain sendiri, asebaiknya anda segera menabahkan favicon milik anda sendiri. Bisa berupa logo, atau gambar yang menjadi ciri anda. Biasanya yang sering di pakai adalah logo perusahaan pemilik website.

Cara Membuat Tampilan WordPress Menarik
website dengan CMS WordPress. Sumber SEO Anak Sholeh

Untuk membuat favicon diperlukan gambar yang jelas dan berbentuk kotak. Selain itu besar file juga ditentukan tidak boleh terlalu besar. Jika anda sudah memiliki logo perusahaan sebelumnya, itu lebih baik. Segera instal logo anda dalam bentuk favicon.

7. Mengatur Footer

Jika anda menggunakan WordPress biasanya pada bagian footer akan ada tulisan dari bawaan WordPress seperti “Proudly powered by WordPress.” Footer default ini dapat mengurangi identitas merek anda dan membuat situs anda tampak tidak profesional. Anda harus segera mengatur ulang footer pada website anda.

Bagian footer adalah bagian yang pentig. Anda tidak boleh membiarkannya kosong. Anda bisa menambahkan alamat link lain yang direkomendasikan, bisa juga mencvantumkan alamat surat, alamat media sosial dan juga tombol mengikutimedia sosial anda. Maksimalkan tempat yang ada ketika membuat sebuah website.

Leave a Comment