Inilah Manfaat Website Bagi Perusahaan Yang Perlu Kamu Ketahui

Website merupakan tempat untuk membagikan informasi di internet. Dengan website semua orang yang terhubung dengan internet bisa mendapatkan informasi yang anda bagikan. Namun apa itu saja manfaatnya? Bagaimana untuk sebuah perusahaan? Tentu saja tidak hanya itu lebih lengkapnya mari kita bahas mengenai manfaat website bagi perusahaan.

Di jaman ini teknologi informasi sudah sangat berkembang. Bukan hanya berpengaruh pada teknologi saja, namun berpengaruh juga pada hal yang tidak ada kaitannya dengan teknologi. Dan seiring berjalannya waktu, penggunaan website tersebut juga semakin berkembang. Yang sebelumny hanya untuk membagikan informasi, sekarang ini juga bisa digunakan untuk mendekatkan diri pada pelanggan.

Sebuah perusahaan biasanya mengenalkan diri dengan cara memperkenalkan diri secara langsung pada calon pelanggan. Atau dengan membagikan informasi perusahaan pada sebuah media cetak.

Namun dengan adanya teknologi website, semuanya mulai berubah. Yang tadinya memperkenalkan perusahaan hanya bertemu langsung, sekarang sudah mulai bermigrasi dengan menggunakan website. Yang tadinya memberikan informasi atau berita dari perusahaan hanya menggunakan media cetak sekarang bisa memberikan informasi dari website sendiri.

Website tersebut dinamankan Company Profile yang merupakan salah satu dari jenis-jenis website yang perlu anda ketahui.

Manfaat Website Bagi Perusahaan
Membangun Website, src: bradcongelio.com

Tentu tidak hanya sampai disitu saja, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dari menggunakan website. Baik dari sisi owner website dan bahkan dari sisi pengguna akan memiliki manfaat dari adanya website perusahaan.

Manfaat Website Bagi Perusahaan

Berikut beberapa manfaat website bagi perusahaan yang perlu anda ketahui. Terutama bagi anda yang masih bingun terhadap pembuatan website untuk perusahaan.

Mengenalkan Profil Perusahaan

Profil sebuah perusahaan terkadang tidak diketahui oleh banyak orang, karena tidak adanya sumber yang pasti dan mudah dilihat. Nah dengan adanya website ini anda bisa memberikan penjelasan lengkap tentang perusahaan anda. Mulai dari sejarah, visi misi, hingga anggota tim yang ada di perusahaan itu bisa anda masukkan ke dalam website.

Karena dengan memberikan profil perusahaan kepada publik bisa jadi sebagai media yang menarik calon pelanggan yang membutuhkan bantuan anda. Selain itu mempublikasikan profil perusahaan juga bisa memperkuat kepercayaan yang dimiliki seseorang untuk menggunakan jasa atau produk perusahaan anda.

Publikasi Informasi Resmi Perusahaan

Semakin banyaknya website berita yang beredar di internet, banyak yang bingung yang mana informasi resmi yang di keluarkan oleh suatu perusahaan. Nah dengan adanya website perusahaan ini bisa dijadikan sebagai publikasi informasi resmi.

Selain itu untuk anda yang memiliki perusahaan di bidang jasa atau menjual produk bisa memberikan infomasi terkait promo-promo ataupun potongan harga untuk menarik calon pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Baca juga : Apa itu Landing Page dan Pentingnya Untuk Bisnis

Manfaat Website Bagi Perusahaan
Memudahkan Komunikasi, src: medium.com

Mempermudah Komunikasi

Manfaat selanjutnya adalah mempermudah komunikasi. Disamping memberikan informasi perusaha, website juga bisa menjadi sarana untuk mempermudah komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya.

Dengan menggunakan kolom komentar yang disediakan pada halaman informasi, pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan perusahaan. Selain itu bisa juga menggunakan form kontak yang disediakan untuk menanyakan perihal sesuatu yang lebih datail.

Lebih canggihnya lagi jika website perusahaan tersebut menggunakan teknologi live chat, yang mana antara pelanggan dan admin website bisa bertukan ppesan/chat secara langsung saat itu juga.

Menjual Produk

Ternyata perkembangan teknologi website sudah berkembang jauh dari website di tahun-tahun sebelumnya. Sekarang selain anda memberikan informasi terkait perusahaan anda juga bisa menjual produk anda pada website.

Apalagi jika anda menggunakan wordpress untuk membuat website, anda hanya memasang plugin woocommerce dan anda sudah bisa menggunakan website tersebut untuk menjual produk anda dengan mudah.

Memperluas Target Pasar

Jika hanya dengan mempromosikan sebuah bisnis perusahaan secara offline tanpa menggunakan internet, maka target wilayah yang dituju hanya pada daerah bisnis itu berada. Apalagi jika perusahaan tersebut tidak memiliki cabang di luar daerah.

Dengan adanya website ini anda bisa menawarkan bisnis perusahaan tidak kenal dengan wilayah, seluruh tempat bisa anda berikan promosi dengan menggunakan website ini. Apalagi jika website ini bisa di akses selama 24 jam, sehingga mengurangi adanya kelewatan informasi yang diberikan oleh perusahaan.

Yang sebelumnya mungkin hanya melakukan promosi di daerah tertentu, sekarang dengan menggunakan website anda bisa melakukan promosi hingga seluruh indonesia, dan bahkan bisa sampai ke manca negara. Karena tidak sedikit bisnis yang menambah keuntungan dengan melakukan transaksi dengan orang luar indonesia.

Baca juga : Pentingnya Memilih Niche Blog untuk Bisnis

Manfaat Website Bagi Perusahaan
Mendatangkan Calong Pelanggan, src: entrepreneurhandbook.co.uk

Mendatangkan Calon Pelanggan

Website yang anda gunakan sebagai toko online tentu yang dijual bukan hanya tentang produk saja. Layanan berupa jasa pun juga bisa anda pasang informasinya pada website. Apalagi jika anda menerapkan SEO pada website anda, maka kemungkinan besar akan mendatangkan calon pelanggan ketika seo tersebut bisa meningkatkan peringkat website tersebut pada halaman pencarian.

Karena dengan SEO anda bisa menargetkan pengguna pada segmen mana yang akan diberikan promosi website anda. Dan juga yang paling penting adalah dengan menargetkan calon pelanggan pada sebuah kata kunci yang memiliki kemungkinan besar mendapatkan pelangga.

Tidak hanya pelanggan tetap, pelanggan baru pun bisa berdatangan dengan sendirinya. Secara tidak langsung website tersebut berperan sebagai alat promosi bisnis anda yang tiada henti. Hanya dengan merawat terus website tersebut dan selalu melakukan update maka performa pada mesin pencari akan meningkat.

Sekian penjelasan kami mengenai manfaat website bagi perusahaan. Karena teknologi informasi yang sudah berkembang seperti sekarang ini maka membuatkan website untuk perusahaan merupakan hal yang harus dilakukan. Karena dengan membuat website untuk perusahaan akan mendapatkan manfaat yang sudah kami jelaskan diatas.

Sampai jumpa di artikel berikutnya…

Leave a Comment