Berikut Pengertian dan Manfaat Search Engine Agar Tidak Keliru Lagi

Ketika anda sudah terjun dalam dunia internet, pasti anda sudah tidak asing dengan yang namanya seearch engine atau mesin pencari. Karena bisa jadi awal-awal anda memakai internet adalah dengan mencarinya terlebih dahulu di mesin pencari, lantas apakah anda tahu pengertian dan manfaat search engine yang sebenarnya?

Jangan khawatir, kali ini kami akan mengulas tetang hal tersebut dengan lengkap. Tentu saja, karena sebagian besar dari anda sudah pernah memakai mesin pencari pasti sudah menduga-duga pengetian dan manfaatnya. Namun bisa jadi apa yang anda kira masih kurang dengan apa yang akan kami jelaskan.

Pengguna mesin pencari sangat banyak sekali, mungkin anda salah satunya. Untuk melihatnya anda bisa melihat statistiknya secara langsung di website internetlivestat .

Search Engine, src: ericrodrigues.io
Search Engine, src: ericrodrigues.io

Pengertian Mesin Pencari

Mesin pencari atau dalam bahasa inggris adalah search engine, merupakan sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk melakukan pencarian atau berkas dokumen-dokumen yang tersimpan dalam layanan ftp, www, atau yang lainnya yang terhubung melalui sebuah jaringan komputer atau banyak jaringan komputer.

Seperti namanya, mesin pencari akan mencari berdasarkan dengan kata kunci yang dibidik dari dokumen yang ada pada jaringan yang terhubung. Hasilnya akan berupa daftar-daftar yang diurutkan berdasarkan pada tingkat akurasinya dan dari seringnya dokumen tersebut dikunjungi.

Mesin pencarin yang paling terkenal saat ini adalah google, setelah itu disusul oleh Bing, Baidu, Yahoo kemudian mesin pencari lainnya yang jumlahnya tidak sedikit.

Biasanya informasi yang bisa dicari oleh sebuah mesin pencari berupa dokumen saja, namun karena perkembangan ilmu teknologi dan informasi yang terus berkembang sekarang tidak hanya dukumen saja, namun anda bisa melakukan pencarian berdasarkan gambar, video dan bahkan suara.

Selain itu hasil yang di berikan ketika anda melakukan pencarian dengan kata kunci tidak hanya sebuah website saja, terkadang akan menampilkan gambar yang terkait, lokasi, sosial media, bahkan bisa menampilkan dari sebuah video.

Manfaat Search Engine

Lalu apa saja manfaat search engine yang perlu diketahui? Karena bisa jadi anda menggunakan manfaat ini untuk mengembangkan bisnis anda atau yang lainnya. Karena dengan kemudahan saat menggunakan mesin pencari, tentu memiliki banyak manfaat yang anda tidak duga sebelumnya.

Baca juga : Penjelasan Bagaimana Cara Kerja SEO

Tempat Indexing Website

Sebagian besar website mendapatkan pengujung dari hasil mesin pencarian bukan dari alamat website itu sendiri. Oleh karena itu sangat penting sekali jika sebuah website sudah diindex oleh sebua mesin pencarian.

Dalam melakukan index website, mesin pencari biasanya memiliki 2 cara, yang pertama adalah melalui bot mesin pencari itu sendiri dan yang kedua adalah request dari pemilik website pada konsol mesin pencari.

Pada cara yang pertama sebuah mesin pencari menjalankan bot nya untuk mencari website publik. Nantinya data dari website-website tersebut akan dikumpulkan pada database besar mesin pencarian. Nah data ini lah yang nantinya akan proses dengan algoritma dan diurutkan pada hasil pencarian.

Cara yang kedua adalah pemilik website melakukan request indexing pada sebuah mesin pencari melalui konsol yang disediakan mesin pencari tersebut. Dengan proses request tersebut data website akan disimpan pada database mesin pencari yang nantinya data tersebut akan diproses dengan algoritma dan diurutkan pada hasil pencarian.

Sumber Informasi
Sumber Informasi, src_ vexels.com

Sumber Pencari Informasi

Tidak dipungkiri bahwa dalam internet kita bisa mendapatkan banyak informasi yang salah satunya di dapatkan dari website yang dihasil dari mesin pencarian.

Karena mesin pencari tidak hanya menampilkan hasil pencarian yang biasa namun, kualitas yang ditampilkan juga berbeda. Karena algoritma yang digunakan oleh mesin pencari senantiasa di update dan dilakukan riset agar pengguna mendapatkan hasil yang terbaik.

Hampir seluruh informasi bisa anda dapatkan mulai dari informasi yang dahulu maupun yang sedang update sekarang ini. Hal ini bisa memudahkan anda tentunya sebagai tempat untuk mendapatkan informasi selain dari media cetak

Baca juga : Manfaat SEO (Search Engine Optimizer) Untuk Bisnis

Tempat Media Pemasaran

Dari statistik yang anda lihat dalam website internetlivestats, ada 5 miliar lebih pengguna mencari pada mesin pencarian yang tidap detiknya akan semakin bertambah. Tentu jumlah ini tidak bisa dianggap sepele oleh anda para pebisnis.

Semakin banyaknya orang yang menggunakan mesin pencari maka semakin besar pula peluang untuk melakuka promosi bisnis anda melalui internet. Itu lh sebabnya mulai banyak bisnis yang di online kan atau di promosikan menggunakan internet yaitu untuk meningkatkan promosi dan jumlah pembeli.

Keperluan SEO
Keperluan SEO, src_ neilburnett.co.uk

Cukup membuat konten sesuai dengan bisnis anda dan menggunakan kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari, anda sudah memiliki peluang untuk mendapatkan pelanggan yang baru. Teknik ini dinamakan SEO.

Selain itu, mesin pencari juga tidak ingin kalah saat memanfaatkan jumlah pengguna yang banyak ini. Mesin pencari memberikan layanan iklan bagi website yang ingin tampil di halaman pencarian dengan waktu cepat, ini biasanya disebut SEM. (Baca juga : Inilah Perbedaan SEO Dan SEM)

Iklan tersebut akan tampil di tempat yang berbeda dari hasil perhitungan algoritma. Untuk membedakan antara iklan dengan hasil yang sebernarnya cukup mudah, daftar website yang memiliki tanda Ad atau Iklan merupakan website iklan, sedangkan yang lainnya merupakan hasil yang sesungguhnya.

Sekian pembahasan tentang penjelasan dan manfaat search engine. Memang benar bahwa mesin pencari memiliki banyak manfaat selain untuk mencari informasi. Karena sekarang bisnis sudah mulai banyak yang di online kan, tentu mesin pencari merupakan tempat yang cocok untuk mempromosikan bisnis.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment