Macam-Macam CMS Dan Kegunaannya Untuk Membuat Website

Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi seputar macam-macam cms. Setelah sebelumnya membahas tentang pengertian cms maka perlu juga adanya penjelasan tentang macam-macam cms. Tujuannya adalah agar anda bisa menentukan cms mana yang cocok dengan kebutuhan anda dalam menggunakan website.

CMS (Content Management System) merupakan tools yang sangat bermanfaat untuk membuat website. Disamping cara memakainya yang sangat mudah, fitur-fiturnya pun terbilang sudah lengkap tinggal pasang saja tampa harus membuatnya sendiri. Dan masih banyak kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan cms.

Macam Macam CMS

Akan tetapi cms memiliki beberapa macam pilihan yang tentunya masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Nah dari pada bingung mau memilih yang mana, simak penjelasan kami pada artikel yang kami bagikan kali ini.

Macam-Macam CMS WordPress
CMS WordPress, src: wpblog.com

CMS WordPress

CMS pertama yang akan kita bahas adalah wordpress. Merupakan cms yang paling populer dan paling banyak digunakan dibandingkan dengan cms yang lainnya. Dengan cms ini anda bisa membuat website blog, website perusahaan, website sekolah, website toko online, dan bahkan bisa digunakan untuk membuat website pembelajaran.

WordPress ini dibagikan dengan open source, yang artinya semua orang bisa ikut dalam membuat tools atau plugin untuk CMS ini. WordPress bisa digunakan untuk mengelola blog pribadi dan bahkan sekarang ini banyak website perusahaan yang dibuat dengan menggunakan CMS WordPress ini. Kok bisa? Karena WordPress ini dinilai mudah digunakan dan mudah diatur terkait dengan SEO untuk bisa dengan mudah tampil di halaman mesin pencarian.

Macam-Macam CMS Joomla
CMS Joomla, src: gavickpro.com

CMS Joomla

Joomla merupakan cms nomor 2 yang paling banyak digunakan. Sama seperti wordpress, joomla juga merupakan cms yang open source dan menggunakan bahasa php dan database mysql untuk bisa menjalankannya. Untuk penggunaannya hampir sama dengan wordpress yaitu bisa digunakan untuk memanajemen website blog, perusahaan dan bahkan toko online.

Jika wordpress memiliki kelebihan mudah digunakan meskipun untuk pemula sekalipun, maka joomla memiliki kelebihan memiliki toolkit desain yang lebih powerfull dan hebat dibandingkan dengan wordpress. Maka joomla lebih cocok digunakan untuk pengguna yang lebih berpengalaman yang bisa menggunakan lebih banyak tool.

Macam-Macam CMS Drupal
CMS Drupal, src: drupal.org

CMS Drupal

Drupal merupakan cms ke-3 paling populer dibandinkan seluruh cms yang ada. Masih sama seperti sebelumnya cms ini open source yang bisa dikembangkan lagi oleh penggunanya sesuai dengan keinginan. Beberapa contoh website yang memakai drupal untuk websitenya : University of Oxford, eBay Inc., Tesla, BBC, WhiteHouse.gov, Weather.com dan masih banyak lagi yang lain.

Tapi sayangnya karena banyaknya fitur yang disediakan leh drupal, banyak pengguna yang mengatakan cms drupal tidak semudah cms lain saat dipelajari dan dianggap cms ini lebih cocok digunakan untuk pengguna yang labih lanjut.

Meskipun begitu cms Drupal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan cms yang lainnya, salah satunya yaitu memiliki fungsi lanjutan yang sangat bermanfaat jika dipakai. Hal ini sangat bisa di manfaatkan oleh pengguna tingkat lanjut untuk membuat website yang lebih powerfull.

Macam-Macam CMS Prestashop
CMS Prestashop, src: github-prestashop

CMS Prestashop

Selanjutnya adalah cms Prestashop. Dari namanya saja kita sudh menebak bahwa cms ini khusus dibuat untuk keperluan toko. Yap prestashop memang cms yang digunakan untuk membuat toko online. Dan cms ini sama seperti cms sebelumnya yaitu open source, sehingga pengguna bisa mengembangkan lagi cms ini dengan beragam fitur.

CMS ini memang banyak direkomendasikan untuk anda jika akan membuat toko online sendiri. Selain dari banyak nya fitur yang bermanfaat, cms ini juga menyediakan banyak template toko online yang dapat digunakan dengan mudah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhkan toko anda.

Dari strukturnya cms ini hampir mirip dengan joomla namun memiliki teknologi yang lebih mendetail khususnya pada fitur untuk toko. Sehingga bisa membuat anda memakai cms ini lebih baik lagi dengan adanya teknologi tersebut.

Macam-Macam CMS OpenChart
CMS OpenChart, src: openchart.com

CMS OpenCart

Sama seperti Prestashop, CMS ini juga dikhususkan untuk anda yang ingin membuat website toko online atau e-commerce. Namun OpenCart memiliki kelebihan dari cms toko online yang serupa yaitu pada penggunaanya yang simple dan mudah.

Jadi ketika anda membuat website dengan OpenCart ini anda hanya melakukan sedikit konfigurasi, menambah produk dan harga, dan website andapun sudah jadi. Namun dengan kelebihan yang simple ini anda tidak perlu khawatir karena tampilan yang dihasilkakn cukup elegan dan tentunya userfriendly.

Macam-Macam CMS Magenta
CMS Magento, src: templatemonster.com

CMS Magento

Sama seperti Prestashop dan OpenCart, cms Magento juga dikhusus kan untuk anda yang ingin membuat website toko online. Namun Magento memiliki kelebihan yaitu tersedianya banyak fitur dibandingkan dengan cms toko online yang sebelumnya.

Namun sama seperti cms drupal, karena banyaknya fitur cms Magento ini dianggap susah untuk dipelajari dan dipahami untuk pengguna yang masih pemula. Namun banyak dari pengguna yang sudah berpengalaman mengatakan bahwa banyak masalah bisa diselesaikan dengan banyaknya fitur di Magento ini. Jadi jangan khawatir jika anda ingin mencoba cms ini untuk membuat toko online anda sendiri.

Itulah beberapa daftar macam-macam cms yangtelah kami uraikan dari yang paling tekenal dan dari yang banyak fiturnya, yang nanti dari daftar tersebut bisa anda jadikan sebagai pilihan saat akan membuat website.

Dengan beberapa pilihan tersebut anda bisa memilik cms sesuai dengan kebutuhan anda entah itu website blog ataupun toko online. Dan juga ketika anda memilihnya perlu disesuaikan dengan kemampuan website anda apakah sudah cukup ahli atau masih di tahap pemula.

Mungkin itu saja yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel KhairaDigital selanjunya.

Leave a Comment