Inilah List Jenis-Jenis Search Engine Populer Yang Perlu Anda Ketahui

Umumnya ketika orang yang sedang masa pengenalan pada sebuah internet, pasti digunakan untuk mencari sesuatu pada mesin pencarian. Dan mesin pencarian yan paling sering digunakan adalah google, sampai muncul instilah mbah google. Tetapi, tahukah kamu kalau mesin pencarian tidak hanyan google, berikut akan kami uraikan tentang jenis-jenis search engine.

Search Engine, src: ericrodrigues.io
Search Engine, src: ericrodrigues.io

Kebanyakan orang di indonesia menggunakan google sebagai alat utama yang digunakan untuk mencari informasi di internet, mungkin anda termasuk salah satunya. Namun perlu anda ketahui mesin pencarian punya banyak jenisnya, bahkan indonesia sempat mempunyai mesin pencarian sendiri lho, meskipun kami tidak tahu kelanjutan dari mesin pencarian tersebut.

Baca juga : Pengertian dan manfaat Search Engine

Mengapa perlu membahas ini? Hal ini penting sekali bagi anda, karena selain untuk menambah informasi terkait jenis-jenis search engine, hal ini juga akan berpengaruh pada anda yang memiliki usaha yang menyangkut adanya mesin pencarian ini.

Selain itu dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mesin pencari, anda bisa memutuskan untuk memakai jenis mesin pencarian mana yang cocok dengan anda. Karena saya sendiri beberapa kali membaca artikel tentang tokoh besar dalam dunia teknologi yang tidak menggunakan google sebagai mesin pencariannya.

Jenis-Jenis Search Engine

Menurut data statistik dari website NetMarketShare mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah google. Kita akan membahas 10 besar dari peringkat berdasarkan data tersebut.

Mesin Pencarian Google
Mesin Pencarian Google

Google

Mesin pencarian Google menduduki posisi pertama dengan nilai persentase sebanyak 70.99%. Google LLC adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang khusus memberikan jasa dan produk Internet. Tidak hanya mesin pencarian, google juga memiliki produk-produk lainnya seperti tools-tools web, perangkat lunak, perangkat keras dan periklanan online.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang.

Sejak google didirikan, pertumbuhanannya sangat cepat hingga telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini juga menawarkan perangkat lunak online, termasuk surat elektronik, aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial, dan masih banyak lagi yang dihasilkan oleh google.

Mesin Pencarian Bing
Mesin Pencarian Bing

Bing

Selanjutnya adalah peringkat kedua yang diperoleh Bing dengan persentase sebanyak 12.76%. Bing merupakan mesin pencari web yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.

Baca juga : Tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Mesin Pencarian Baidu
Mesin Pencarian Baidu

Baidu

Kemudian di peringkat ketiga ada Baidu dengan persentase sebanyak 11.56%. Baidu Inc. atau biasa dikenal dengan sebutan Baidu saja, didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, China.

Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif.

Baidu dianggap sebagai kembarannya google karena baik dari alat-alat dan fungsinya mirip dengan google, namun kekurangannya adalah pada tampilannya yang menggunakan tulisan mandarin. Mungkin memang dikhususkan untuk warga cina saja.

Mesin Pencarian Yahoo
Mesin Pencarian Yahoo

Yahoo!

Pada peringkat 4 di pegang oleh Yahoo! dengan jumlah persentase sebanyak 2.36%. Yahoo! Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencarinya.

Mungkin bagi anda yang sudah lama mengenal internet pasti tidak asing dengan Yahoo. Karena sebelum Google dan Bing mulai naik daun, yahoo lah yang pertama kali populer dibandingkan dengan yang lainnya. Namun karena kalah saing dengan pendatang tersebut akhirnya yahoo turun peringkat.

Mesin Pencarian Yandex
Mesin Pencarian Yandex

Yandex

Urutan ke-5 dipegang oleh Yandex dengan perolehan persentase sebanyak 1.17%. Merupakan sebuah perusahaan multinasional Rusia yang mengkhususkan dirinya dalam produk dan layanan yang berhubungan dengan Internet, termasuk transportasi, pencarian dan layanan informasi, eCommerce, navigasi, aplikasi mobile, dan iklan online.

Di Indonesia yandex tidak memiliki kepopuleran seperti mesin pencari sebelumnya. Karena memang yandex tidak diusung oleh perusahaan besar di Indonesia pada awal mula kemunculannya. Namun karena sekarang semakin banyak peminat internet, yandex muncul dengan sendirinya sebagai salah satu yang terbaik.

Jika dilihat dari fitur-fitur nya, yandex tidak kalah lengkap dengan mesin pencarian google. Karena selain menyediakan tools mesin pencarian, yandek juga memiliki beberapa fitur lain seperti yang google miliki. Hal ini menjadikan alternatif terbaik untuk anda jika ingin beralih dari mesin pencarian google

Baca juga : Ketahui Manfaat dari SEO

Sekian dari pembahasan kami tentang jenis-jenis search engine. Mengenal berbagai macam mesin pencarian memang sangat penting menurut kami. Karena selain menambah ilmu anda juga bisa memutuskan untuk menggunakan mesin pencarian mana yang cocok dengan anda.

Karena tidak ada mesin pencarian yang benar-benar sempurna tanpa kekurangan. Google pun yang memiliki persentase paling besar pun memiliki resiko yang besar juga, karena google akan mengambil semua data anda kemudian dijadikan sebagai bahan pengembangan algoritmanya.

Semoga bermafaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment