Inilah Daftar Jenis-Jenis Blog Yang Mesti Anda Kenali

Jenis-Jenis Blog
Jenis-Jenis Blog, src: ctoaccelerator.com

Website blog merupakan salah satu jenis website yang berisi bermacam-macam informasi yang di bagikan oleh seseorang atau oleh sebuah perusahaan. Perlu anda ketahui, sekarang ini ada bentuk blog beragam sekali, yuk simak penjelasan jenis-jenis blog.

Karena saking beragamnya terkadang orang yang baru membuat blog merasa bingung untuk memilih jenis blog yang mana. Kejadian ini tidak hanya di alami oleh anda sendiri namun banyak orang yang mengalami hal serupa. Hal ini karena terkendala pada minat dan kesenangan yang dimiliki bermacam-macam dan ingin memuat semuanya dalam blog.

Oleh karena itu mengetahui jenis-jenis blog menjadi sebuah hal yang perlu anda kuasai. Karena mungkin saja setelah memahami, anda bisa menentukan lebih mantap jenis blog mana yang akan anda buat.

Jenis-Jenis Blog

Berikut akan kami jelaskan tentang jenis-jenis blog

Personal Blog
Personal Blog, src dreanhost.com

Blog Pribadi

Seperti namanya, blog pribadi dibuat untuk keperluan pribadi pemiliknya. Biasanya blog ini berisi hal-hal pribadi yang ingin dibangikan kepada publik, bisa dari kegiatan sehari-hari atau informasi ringan yang dimiliki oleh pembuat.

Blog pribadi ini sifatnya agak kurang serius atau dengan kata lain dibuat hanya untuk kesenangan saja bahkan cuma dibuat untuk mengisi waktu luang. Blog ini pun jarang dibuat untuk menghasilkan uang bukan karena isinya yang tidak serius, namun memang hanyan untuk kesenangan belaka.

Karena kesenangan tersebut, banyak orang yang membuatnya karena selain untuk kesenangan membuatnya pun bisa dengan tanpa mengeluarkan biaya. Namun negatifnya adalah blog ini sedikit pengunjung dan tidak jarang pemilik website hanya aktif di awal-awal saja, setelahnya hanya membiarkan blog tersebut begitu saja.

Blog Otoritas (Authority)

Selanjutnya adalah versi serius dari blog pribadi yaitu blog otoritas. Blog ini dibuat dengan mengangkat tema tertentu untuk dibahas, biasanya tema yang dipilih adalah tema yang dibutuhkan oleh pengguna internet.

Contohnya seperti teknologi, kesehata, keuangan, sastra dan masih banyak yang lainnya. Target penggunanya bisa berbagai macam bisa dari pendidikan atau pengguna yang umum.

Dari segi konten yang dimuat, blog otoritas umumnya membahas suatu hal yang tidak memperhitungkan kata kunci. Karena topik pembahasannya yang luas dan banyak sekali yang bisa dibahas. Tidak jarang jika anda akan menemukan ratusan artikel pada blog tersebut.

Namun ada kalanya juga membahas dengan memperhitungkan kata kunci, karena sebagai blog otoritas tentunya perlu untuk ikut bersaing dalam mesin pencarian dengan menargetkan kata kunci tertentu.

Baca juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Blog Niche

Niche Market atau biasa disebut niche merupakan teknik untuk mendapatkan banyak manfaat dari sekelompok target kecil yang spesifik. Tidak seperti blog otoritas yang memiliki topik yang banyak dan luas, blog niche memiliki topik yang lebik sedikit namun memiliki spesifikasi khusus.

Blog ini digunakan untuk melakukan marketing, bisa dengan mempromosikan suatu produk atau untuk melakukan kampanye sosial media diinternet. Dengan begitu anda bisa mendapatkan manfaat dari efek pengujung yang banyak.

Jenis blog ini sangat bergantung terhadap adanya pengunjung dari mesin pencarian web, karena itu artikel yang dibahas pun harus memiliki kata kunci dengan spesifikasi khusus mulai dari jumlah pengunjungnya atau tingkat kesulitan yang dibahas pada suatu topik.

Karena dengan hal tersebut kemungkinan untuk berada pada halaman 1 hasil pencarian akan tinggi. Selain itu website yang digunakan juga menggunakan dioptimasi SEO, karena dengan hal itu lah website bisa memiliki rangking yang bagus.

Company Blog Facebook
Company Blog Facebook

Blog Perusahaan

Disamping memberikan informasi resmi dari perusahaan, terkadang website tersebut juga memberikan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung ataupun untuk pengguna produk atau jada pada perusahaan tersebut.

Isinya artikel nya beragam namun masih pada ruang lingkup jenis pekerjaan dari perusahaan tersebut. Terkadang juga berisi artikel informatif namun diselipkan konten promosi. Selain itu blog perusahaan juga membahas tentang penjelasan lengkap dengan pembahasan yang mudah dimengeti tentang produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Karena dimiliki oleh perusahaan dan sifatnya hanya pelengkap saja, maka kebanyakan website ini tidak di monetisasi atau dipasangi iklan dari penyedia iklan online. Jika ada iklan pun pastinya hanya iklan dari perusahaan sendiri.

Blog Spam

Jenis blog merupakan jenis blog tidak ada keseriusan dalam membuatnya. Biasanya berisi artikel yang tidak tertata dan tidak memperhatikan kualitas kontenya. Pembuatannya cenderung mudah dan terkadangan sengaja dibuat dengan jumlah yang banyak.

Isinya hanya mengandalkan konten yang ada saja, bahkan lebih parahnya lagi bila blog tersebut menggunakan AGC atau automatically generated content. AGC merupakan teknik untuk mengambil artikel website lain dengan otomatis tanpa memberi tahu pemilik aslinya. Hal ini jelas ilegal untuk dilakukan dan akan berdampak buruk jika keduanya dinilai sebagai spam.

Biasanya jenis blog ini tidak bertahan lama, karena sudah melanggar hak cipta dan terkena blokir oleh google karena sekarang ini sudah ada mesin untuk membersihkan hasil pencarian dari konten-konten yang tidak bermutu.

Mungkin hanya itu yang bisa kami bagikan untuk anda tentang jenis-jenis blog. Setelah tahu penjelasannya akan kah anda sudah tahu jenis mana yang akan anda buat untuk blog anda? Syukurlah jika sudah ada dan direncanakan.

Yang jelas adalah tujuan dari pembuatan blog tersebut, anda harus yakin jika membuat blog maka tujuan anda bisa terwujud. Entah itu hanya sekedar sharing saja atau ada tujuan marketing yang hendak anda capai.

Leave a Comment