Ketahui Faktor-Faktor Kecepatan Website, Karna Banyak Kelebihannya

Kecepatan sebuah website merupakan hal yang paling penting jika anda memiliki sebuah website, beberapa faktor-faktor kecepatan website tersebut. Karena kecepatan tersebut bukan hanya berlaku pada pengguna nya saja namun akan berpengaruh juga pada performanya di mesin pencarian.

Pada beberapa artikel yang kami baca, kecepatan sebuah website berpengaruh pada SEO untuk meningkatkan peringkat website tersebut pada mesin pencarian. Karena disamping dinilai dari kecepatan website tersebut loading, kecepatan performanya juga dinilai.

Dan dari sisi pengguna sudah pasti akan berdampak buruk. Tentu ketika semua menjelajahi sebuah halaman website orang tersebut menginginkan loading yang cepat karena ingin membaca atau mengambil informasi yang terkandung pada halaman tersebut.

Ketika halaman tersebut berat dan lama loadingnya, kemungkinan besar pengguna tersebut akan beralih pada website lain yang memiliki isi konten yang serupa namun memiliki kecepatan loading yang baik.

Baca juga : Apa itu AMP dan Pengaruhnya pada Kecepatan Website

Faktor-Faktor Kecepatan Website
Faktor-Faktor Kecepatan Website, src: nik.lat

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Fakto-fator apa saja yang memepengaruhi kecepatan dari sebuah website? Berikut akan kami jelaskan secara singkat

Lokasi & Spesifikasi Server

Sebuah website pasti memiliki server yang akan menjalankan fungsi-fungsi yang akan ditampilkan kepada pengguna jika mengakses website tersebut. Dan server ini juga akan berpengaruh pada kecepatan sebuah website saat diakses.

Server sebuah website pasti memiliki bentuk fisik atau perangkat keras. Lokasi tempat server tersebut ternyata berpengaruh pada kecepatan transfer data untuk membentuk sebuah website.

Selain itu spesifikasi server tersebut juga berpengaruh. Seperti halnya komputer yang sedang mentransfer data, semakin bagus spesifikasinya maka akan semakin bagus pula kecepatan transfer data tersebut dilakukan oleh sebuah komputer.

Server
Server, src: deepnetadmin.com

Kecepatan Jaringan Internet

Untuk bagian ini sudah dijelaskan di atas bahwa jika yang dimiliki adalah jaringan internet buruk maka transfer file yang dikirim dari server website menuju perangkata pun akan terhambat dan akhirnya loading yang lama pun akan terjadi.

Source Code Website

Untuk membentuk sebuah website pasti memerlukan adanya source code agar website tersebut bisa berjalan dengan baik dan memiliki kemampuan yang baik pula. Karena selain sebagai rangka sebuah website, source code tersebut juga berperan dalam kemampuan website tersebut beroperasi.

Namun jika semakin banyaknya source code yang dibutuhkan untuk sebuah halaman maka website tesebut akan lama loadingnya. Karena semakin banyaknya baris dan perintah yang ada pada source code tersebut maka website akan semakin lama saat untuk memprosesnya.

Tema Website

Jika anda menggunakan website yang dibuat mengguna cms (wordpress) atau blogger, oasti anda tidak asing dengan tema/template website bukan. Karena dengan itu lah anda bisa memilih tampilan website yang baik dan apik sesuai yang anda inginkan.

Namun jangan salah meskipun tampilan yang dihasilkan bagus anda perlu hati-hati untuk memakainya. Salah-salah website anda bisa menjadi lambat saat loading. Biasanya hal ini terjadi karena tema yang anda pakai membutuhkan banyak resource/media.

Untuk menghindari hal ini terjadi, sebelum anda memakai tema tersebut anda bisa mencari link demo tema terlebih dahulu. Kemudian cek kecepatan demo tersebut menggunakan tools cek kecepatan website. Jika dirasa kecepatan website demo tersebut tidak bermasalah barulah anda memakai tema tersebut.

Plugin Website

Selanjutnya untuk para pengguna wordpress lagi, pasti tidak asing dengan plugin. Yap plugin pada cms sangat berguna. Karena dengan adanya plugin tersebut website anda bisa memiliki banyak fitur dari pada yang sebelumnya.

Namun lagi-lagi anda perlu hati-hati saat memasang plugin. Usahakan jangan terlalu banyak memasang plugin pasa website anda. Karena semakin banyak plugin yang dipasang, maka semakin banyak resource yang dimuat untuk menampilkan website tersebut.

Pasanglah plugin yang penting-penting saja, jika sudah tidak digunakan langsung hapus saja. Solusi lainnya adalah dengan mencari plugin yang satu plugin tersebut memuat beberapa fungsi dari beberapa plugin

Baca juga : Pengertian Cache dan Manfaatnya untuk Kecepatan Website

SEO Friendly
Media Website, src: reachfirst.com

Ukuran Media Website

Selain dari server dan jaringan, ukuran dari media website tersebut juga akan berpengaruh. Media disini antara lainnya adalah gambar, video, gif atau media yang lainnya.

Karena berbeda dengan source code yang ditampilkan berdasarkan perintah yang ada, file media akan di unduh terlebih dahulu kemudian baru ditampilkan. Hal ini akan sangat berat jika file-file media tersebut memiliki ukuran yang besar. Maka akan lebih baik jika file-file media tersebut memiliki ukuran yang kecil.

Iklan

Bagi para blogger, website dijadikan sebagai ladang penghasil uang. Tapi penggunaan iklan yang banyak pada satu halaman website bisa memperlambat loading. Alasannya sama seperti yang di atas, semakin banyak iklan yang dipasan maka akan semakin banyak pula resource untuk menampilkan halaman website tersebut.

Meskipun semakin banyak menghasilkan uang dari banyaknya jumlah iklan, namun tetap saja akan mengurangi kenyamanan pengguna ketika halaman website tersebut lambat loading. Selain itu dari sisi kenyamanan pun juga akan berkurang, karena benyaknya pengganggu konten yang disajikan.

Solusinya adalah dengan memaasang iklan sebaik mungkin dengan jumlah yang tidak banyak. Untuk meningkatkan pendapatan dari iklan, anda bisa meletakkan iklan tersebut pada posisi yang strategis, misal pada sidebar namun sidebar tersebut bisa tetap tampil meski saat di scroll.

Sekian pembahasan dari kami tentang faktor-faktor kecepatan website, agaknya memang penting untuk tetap memperhatikan performa dari website, tidak hanya pada kecepatan saja namun pada sisi yang lainnya juga perl diperhatikan seperti keamanan.

Jika anda ingin menambahkan poin yang lainnya, silahkan share pengalaman anda pada kami dengan menggunakan kolom komentar dibawah. Ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf, sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Leave a Comment