Definisi Media Sosial, Ciri-Ciri dan Fungsinya Dengan Benar

Definisi Media Sosial
Definisi Media Sosial, src: pacmategear.com

Berkembangnya ilmu pengetahuan sekarang ini penggunaan jenis-jenis website sudah sudah sangat beragam sekali. Yang awalnya hanya digunakan untuk berbagi informasi antara pemilik website dengan pengguna, namun sekarang bisa berkomunikasi antar pengguna atau yang sekarang ini disebut sebagai media sosial, yuk cari tahu apa definisi media sosial.

Memang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan tingkat kretivitas seseorang juga ikut berkembang. Sehingga terciptalah berbagai macam penggunaan-penggunaan lainnya dari sebuah website. Dan mungkin kedepannya penggunaan website semakin berkembang lagi, hingga menjadi sebuah sesuatu yang belum terbayangkan sebelumnya.

Definisi Media Sosial

Media sosial atau juga bisa dibalik menjadi sosial media. Dari istilahnya saja yaitu media sosial, merupakan tempat atau media untuk melakukan kegiatan bersosialisasi di dunia maya atau internet. Hal ini menyebabkan orang-orang menghapus batasan jarak dan waktu saat akan melakukan sosialisasi.

Dengan ini para pengguna media sosial bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan membuat isi website blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Di tahun sebelumnya memang medial sosial tidak terbatas pada waktu ataupun jarak, namun karena alat untuk mengaksesnya hanya berupa komputer maka akan tetap terbatas, namun berbeda dengan sekarang ini dengan adanya handphone untuk bisa mengakses media sosial tersebut.

Hal ini mengakibatkan tingkat antusias dari orang-orang juga semakin meningkat, karena beragamnya fitur dan tren yang menarik untuk diikuti, hingga pada tahap dia melupakan kegiatannya di dunia nyata da orang-orang disekitarnya.

Sangking mudahnya dalam mengakses sebuah media sosial, tanpa disadari telah terjadi adanya arus informasi yang sangat besar terus menerus mengalir setiap waktunya. Dan karena kecepatan ini tampaknya mulai menggantikan peran-peran media dan alat elektronik lainnya seperti koran, majalah, televisi ataupun radio yang mulai dianggap ketinggalan jaman.

Sehingga orang-orang mulai memahami sosial media menjadi sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Yang tadinya sebagai tempat untuk bersosialisasi dengan oran lain tanpa adanya persoalan waktu dan jarak menjadi kecanduan dan tenggelam ke dalamnya.

Itu salah satu dampak buruk dari sosial media yang perlu kita hindari, karena itu perlu menjaga diri dan keluarga kita dalam melakukan kegiatan bersosial media.

Definisi Media Sosial
Social Media, src: justdial.com

Ciri-Ciri Media Sosial

Berikut ini ciri-ciri website yang bisa disebut sebagai media sosial.

  • Pesan / Informasi yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja tetapi lebih luas jangkauannya bisa antar grup ataupun untuk publik.
  • Pesan / Informasi yang disampaikan bebas atau tanpa harus melalui suatu Gatekeeper saja.
  • Pesan / Informasi yang disampaikan cenderung lebih cepat sampai dibanding menggunakan media lainnya seperti surat. Hanya sekejap saja informasi disebarkan, semua orang yang ada di seluruh dunia bisa mendapatkan informasi tersebut. Berbeda dengan surat ataupun surat kabar yang proses penyebarannya membutuhkan beberapa jam dan bahkan berhari-hari untuk sampai kepada tujuannya.
  • Penerima pesan / informasi yang menentukan waktu interaksi atau menentukan sendiri kapan akan membaca pesan atau informasinya.

Fungsi Media Sosial

Sebenarnya beberapa fungsi dari sosial media sudah dijelaskan diatas karena tidak bisa terlepas dari penjelasan definisi media sosial Beberapa fungsi lainnya yang bisa dilakukan dengan media sosial adalah sebagai berikut.

Mendapatan Informasi

Dengan kecepatan akses dan kemudahan mendapatkan informasi paling terbaru, sosial media menjadi tempat yang sangat tepat untuk mencari informasi. Informasi ini masih terdapat banyak jenisnya, diantaranya ada berita, ilmu pengetahuan, maupun informasi lainnya yang disebarkan di platform sosial media.

Mendapatkan Hiburan

Selain informasi yang bermanfaat, anda juga bisa mendapatkan hiburan-hiburan di dalam sosial media. Entah itu dalam bentuk teks, gambar ataupun video. Cara untu mendapatkan konten ini berbeda-beda tergantung pada platform sosial medianya. Ada yang menggunakan pencarian kata kunci, ada yang menggunakan tagar untuk mencarinya.

Komunikasi Online

Selain mencari konten, sosial media juga memberikan akses untuk saling berkomunikasi antar sesama pengguna, hal ini bisa anda manfaatkan untuk mencari teman lama anda atau menambah teman baru yang belum anda kenal sebelumnya.

Definisi Media Sosial
Sosial Media, src: redbrick.me

Baca juga : Manfaat Website bagi Perusahaan

Promosi Bisnis

Sebenarnya poin ini menggunakan fitur yang sama seperi anda membagikan informasi, namun yang berbeda pada poin ini adalah anda membagikan informasi berupa bisnis anda. Dengan ini anda memiliki peluang untuk mendapatkan pelanggan tambahan yang bisa jadi teman anda sendiri yang ingin menggunakan bisnis anda.

Membagikan Opini

Sama seperti sebelumnya dengan menggunakan fitur yang sama untuk membagikan informasi, namun kali ini digunakan untuk membagikan opini. Meskipun tidak semua sosial media cocok atau tepat untuk membagikan opini, namun tetap saja ada kemungkinan untuk menggerakkan masyarakat.

Membentuk Komunitas

Meskipun tidak semua platform sosial media mempunya fitur untuk membuat sebuah komunitas ataupun grup, namun anda bisa membuat akun anda untuk mengumpulkan pengguna yang lainnya yang memiliki minat yang sama dengan anda.

Untuk tujuannya bisa anda tentukan sendiri, bisa jadi anda bentuk komunitas yang nantinya mudah untuk menawarkan bisnis anda atau sebuah komunitas yang digunakan untuk mendapatkan banyak teman dengan minat yang sama seperti anda.

Demikian informasi tentang definisi media sosial yang bisa kami jelaskan. Saran dari kami gunakanlah media sosial seperlunya jangan sampai anda terlewat batas hingga hal-hal penting lainnya terlewat atau bahkan tertinggal. Jika ada yang koreksi silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Leave a Comment