Inilah Dampak Positif Sosial Media yang Perlu anda Ketahui

Dampak Positif Sosial Media
Dampak Positif Sosial Media, src: pixabay

Sosial media merupakan sebuah salah satu dari jenis-jenis website yang digunakan sebagai media untuk bersosialisasi. Di jaman ini ilmu teknologi informasi sudah berkembang sangat cepat dan tentunya mempengaruhi pada sekitarnya termasuk pada sisi manusia sebagai makhluk sosial yang ikut terkena dampak perkembangannya. Sebelumnya sudah memabahas tentang definisi media sosial, yang berisi penjelasa dan fungsinya, lalu apa ada dampak positifnya? Mari kita bahas sama-sama tentang apa dampak positif sosial media.

Semua hal yan ada di dunia ini pasti memiliki dua sisi yaitu sisi positif dan negatif, dan tentu saja termasuk pada sosial media. Untku kali ini kita akan membahas tentang dampak positif nya terlebih dahulu, untuk dampak negatif sosial media akan kita bahas di postingan yan berbeda agar tidak terlalu banyak hal yang dibahas pada satu artikel.

Dampak Positif Sosial Media

Oke langsung saja kita bahas tentang dampak positif sosial media.

Berbagi Informasi Secara Cepat

Sosial media awalnya berbentuk sebuah website yang digunakan sebagai media untuk bersosialisasi. Tentu sosial sedia memiliki fungsi utama dengan website, karena website yang fungsi utamanya untuk berbagi informasi. Bedanya adalah informasi yang dibagikan terkadang dalam bentuk ang ringkas saja karena untuk mempermudah penggunaan dari sosial media.

Sekarang ini dengan kemudahan akses karena hanya bermodalkan handphone anda sudah bisa tersambung dengan internet, maka untuk melakukan kegiatan berbagi informasi akan lebih cepat juga, karena dengan handphone anda bisa kapan saja dan dimana saja menggunakannya, tidak seperti laptop ataupun komputer yang agak susah untuk dibawa-bawa.

Tempat Bersosial

Seperti pada penjelasan awal di artikel ini, sosial media digunakan untuk bersosial di dunia maya yang cakupannya bisa sampai seluruh dunia, karena itu anda bisa bersosialisasi tanpa ada gangguan jarak dan waktu karena kemudahan akses dan penggunaannya.

Keluarga, Sahabat, Teman

Suatu waktu pasti anda tidak berada di didekat keluarga, sahabat ataupun teman anda, maka dengan sosial media anda bisa tetap terhubung dan bisa melakukan sosialisasi dan berkomunikasi. Dan sekarang ini anda tidak hanya menuliskan pean saja tapi juga bisa mengobrol bahkan dengan tatap muka sekalipun. Sehingga seperti bercakap secara langsung.

Menemukan Teman Baru

Dengan terhubung hampir dengan orang seluruh dunia maka bukan tidak mungkin anda bisa mencari dan mendapatkan teman yang baru. Dan anda bisa memanfaatkannya untuk sekedar berkenalan saja atau ingin belajar budaya atau hal-hal lainnya dengan teman baru tersebut.

Komunitas

Dengan cakupan orang yang banya bukan tidak mungkin untuk menemukan dan mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat yang sama atau ingin belajar sesuatu dengan bergabung pada komunitas tertentu untuk menambah pengetahuan ataupun skill yang anda miliki.

Dampak Positif Sosial Media
Sosial Media untuk Mengekspresikan Diri, src: virtuallypresent.net

Tempat Mengekspresikan Diri

Sosial media memberikan fitur untuk mengekspresikan diri anda. Seperti ketika membuat status ataupun melakuan posting tentang diri anda atau kesukaan anda. Selain itu anda bisa dengan bebas membagikan sesuai dengan ekpresi anda. Mungkin untuk mendapatkan benefit / keuntungan atau hanya ingin bersenang-senang saja. Contohnya banyak sekali, seperti hobi anda, kegiatan yang anda sukai, skill anda dan masih banyak lagi.

Belajar Hal Baru

Selain itu anda bisa melakukan kegiatan belajar juga dengan adanya sosial media. Anda bisa membuka akun yang khusus membagikan ilmu pengetahuan atau anda bisa bergabung dengan grup komunitas yang membahas tentang ilmu pengetahuan tertentu.

Dengan begitu anda bisa mendapatkan ilmu baru atau bahkan bisa bertanya pada pemilik atau orang yang berada dalam satu komunitas jika memiliki kesulitan dalam belajar. Karena dalam komunitas tersebut berisi beragam orang jadi peluang untuk mendapatkan jawaban bisa lebih besar.

Baca juga : Pengertian Digital Marketing

Branding Diri

Memanfaatkan keunggulan sosial media yang bisa mencakup banyak orang anda bisa melakukan branding diri anda seperti layaknya anda menjadi sebuah artis ataupun tokoh masyarakat dengan lebih mudah. Cara mudahnya adalah dengan membagikan informasi yang bermanfaat anda bisa dengan mudah dianggap mempunyai spesialis pada informasi tersebut.

Branding ini tentu saja bisa anda manfaatkan untuk menawarkan bisnis anda ataupun produk anda kepada pengikut anda atau pengguna sosial media yang lainnya. Karena dengan akun anda yang diminati dan diikuti oleh banyak orang pasti akan menaruh kepercayaan bagi pengguna lainnya.

Dampak Positif Sosial Media
Sosial Media untuk Bisnis, src: forketers.com

Promosi Jualan

Karena jarak dan waktu tidak dibatasi dalam sosial edia, anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi bisnis anda. Berbeda dengan poin sebelumnya, di poin ini bisa anda lakukan tanpa harus melakukan branding diri sebelumnya. Namun efek diterimanya promo tersebut juga akan berbeda, yaitu akan lebih percaya pada akun yang sudah memiliki pengikut yang banyak.

Baca juga : Inilah Manfaat Website Bagi Perusahaan

Belanja Online

Semakin berkembanya zaman maka bukan hanya bersosialisasi saja yang berubah, proses jual beli juga ikut berubah. Sekarang ini beberapa sosial media memberikan fitur untuk melakukan jual beli. Tentu saja bisa anda manfaatkan untuk melakukan menjual barang dagangan anda atau membeli sesuatu yang anda butuhkan hanya bermodalkan sosial media saja.

Kesimpulan

Selain daftar dampak positif sosial media yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Intinya dengan kita menggunakan suatu hal seperti sosial media dengan baik dan benar maka akan datang juga hal-hal positif yang akan anda dapatkan. Karena yang baik akan datang pada hal yang baik juga, maka teruslah berbuat baik, hehe.

Mungkin itu saja, kurang lebihnya mohon maaf, sampai jumpa.

Leave a Comment