Cek Kecepatan Website Anda Gratis!! Menggunakan 3 Tools Berikut

Kecepatan sebuah website menjadi sangat penting. Meskipun teknologi internet sekarang sudah semakin berkembang menjadi lebih cepat dan semakin cepat, namun untuk urusan website tetaplah ditargetkan untuk bisa berjalan dengan cepat. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cek kecepatan website.

Mengapa Kecepatan Website Penting?

Memang benar bahwa kecepatan teknologi internet sekarang ini sudah cepat dan akan semakin cepat kedepannya namun teknologi ini tidak semua bisa menikmatinya. Selain itu dari sisi pengguna juga tidak semua bisa mendapatkan hasil yang sama, karena perbedaan satu dan lain hal nya.

Maka dari itu sebelum membahas tentang tools cek website, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang mengapa kecepatan website penting, berikut beberapa alasannya :

Tidak Semua Orang Punya Internet Cepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa tidak semua orang punya internet yang cepat dan menikmatinya. Karena untuk menikmati browsing yang cepat butuh jaringan internet yang bagus dan perangkat yang bagus.

Namun tidak jarang persebaran jaringan internet yang tidak rata, ada beberapa daerah yang hanya mendapatkan jaringan yang lambat oleh sebab dari tidak meratanya persebaran jaringan internet.

Kemudian perangkat juga mempengaruhi, dengan perangkat yang lama memiliki kemungkinan lebih memiliki kecepatan akses internet yang lebih lambat juga, karena sudah tidak mendapatkan perbaruan dan mungkin sudah tidak cocok lagi dengan jaringan internet yang sekarang ini gunakan.

Cek Kecepatan Website
Cek Kecepatan Website, src: nestify.io

Pengguna Tidak Nyaman Dengan Yang Lambat

Kecepatan sebuah website pasti akan mempengaruhi perasaan dari orang yang mengunjunginya. Jika website tersebut cepat saat diakses maupun saat berjalan, maka pengguna pun akan senang dan betah saat manikmati konten yang disediakan pada website tersebut.

Lain halnya pada website yang lambat, maka pengguna tidak akan tahan karena konten yang diinginkan lambat untuk ditampilkan. Tentu pengguna tersebut tidak akan panjang pikir untuk meninggalkan website tersebut dan beralih dengan website lain.

Jika hal ini terus-terusan terjadi, maka pengguna yang sudah hafal pada website anda yang lambat akan menghindari ketika muncul pada halaman hasil mesin pencarian.

Cepat dan Lambat Mempengaruhi Rangking SEO

Bagi yang berprofesi sebagai marketing pasti tidak asing dengan yang namanya SEO. Merupakan singkatan dari Search Engine Optimizer dimana seo ini merupakan upaya untuk membuat sebuah website memiliki peringkat/rangking bagus pada hasil mesin pencarian.

Kecepatan sebuah website ternyata berpengaruh pada peringkat pada mesin pencarian. Karena itu jika website anda semakin cepat saat diloading atau di akses maka peringkat yang dimiliki pun akan semaking tinggi.

Baca juga : Cara untuk Mempercepat WordPress untuk Meningkatkan SEO

Tools Cek Kecepatan Website

Nah inilah pembahasan utama pada artikel kali ini yaitu alat atau tools untuk menge cek kecepatan sebuah website. Meskipun sebenarnya ada banyak sekali namun pada artikel ini hanya akan disediakan 3 terbaik saja dari tools yang lainnya. Yaitu Google PageSpeed Insight, GTMetrix dan Pingdom.

Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insights
Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insight merupakan tools cek kecepatan website buatan Google. Dengan tools yang pasti gratis ini anda bisa melihat kecepatan website dari dua sisi, yaitu dari sisi dekstop dan dari sisi mobile.

Dengan tools ini anda bisa melihat indikator utama hasil dari kecepatan website anda, dengan 0-49 merupakan nilai untuk website yang lambat, kemudian nilai 50-89 merupakan nilai untuk website dengan kecepatan rata-rata, kemudian 90-100 merupakan nilai untuk website cepat.

Selain itu anda bisa melihat Lab Data yang berisi detail penggunaan data dan seberapa cepat waktu untuk menampilkan halaman. Kemudian Ada Estimate Input Latency yang berisi lama waktu website merespon request yang dilakukan oleh pengguna. Kemudian ada Opportunity yang berisi apa saja yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan dari website.

GTMetrix

GTmetrix
GTmetrix

Tools selain Google PageSpeed Insight untuk cek kecepatan website adalah GTmetrix. Merupakan tools gratis yang layak untuk dicoba mengecek kecepatan website anda. Dengan hasil skor performa yang didapatkan dari Google PageSpeed dan YSlow serta menampilkan analisis yang lengkap.

Seperti pada bagian page detail yaitu. fully loaded time, total page size, dan jumlah request. Dan lebih lengkapnya lagi hasil analisis berdasarkan PageSpeed dan YSlow.

Pingdom

Pingdom Tools
Pingdom Tools

Tools gratis terakhir untuk cek kecepatan website yang akan dibahas adalah Pingdom. Merupakan salah satu tools monitoring website yang paling terkenal. Karena klien yang ditangani merupakan perusahaan yang sudah besar seperto facebook, twitter, spotify, dll.

Tidak hanya menyediakan versi yang gratis, tools ini juga memiliki versi yang berbayar. Namun hanya dengan versi yang gratis pun anda sudah bisa melakukan pengecekan kecepatan website dari 5 tempat di berbagai belahan dunia.

Hasil ketika anda memakai tools ini adalah mendapatkan performance grade, page size, load time dan jumlah request. Selain itu anda juga bisa melihat hasil analisis lainnya seperti rekomendasi improve performa halaman, respon kode, ukuran konten berdasarkan tipe konten dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga : Ketahui Faktor-Faktor Penyebab Kecepatan Website

Itu lah ulasan mengenai tools untuk cek kecepatan website. Meskipun masih banyak tools gratis yang lainnya, namun cukup 3 tools saja yang kami berikan untuk anda dan 3 tools tersebut merupakan tools terbaik dari yang lainnya.

Jangan sepelekan, dengan 3 tool tersebut anda bisa membandingkan hasil dari performa website anda dan analisis hasil tersebut untuk anda terapkan improve nya pada website anda. Karena pasti dari ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa anda dapatkan.

Demikian ulasan kami, semoga bermanfaat bagi anda, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf, sampai jumpa.

Leave a Comment