Cara Membuat Sitemap Website dan Submit ke Google Search Console

Pada artikel sebelumnya dijelaskan tentang apa itu sitemap, maka di artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat sitemap. Karena meskipun anda sdah mengetahui betapa pentingnya sitemap untuk SEO namun jikan anda tidak tahu bagaimana cara membuat sitemap maka akan percuma saja ilmunya tidak dipraktekkan.

Di Indonesia membuat website lebih populer dengan menggunakan wordpress dan blogger atau blogspot. Maka pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat sitemap sebatas pada yang populer tersebut wordpress dan blogger saja. Karena meskipun ada yang membuat website dengan yang lain jumlahnya tidak sebanya kedua media tersebut.

Cara Membuat Sitemap

Oke langsung saja jita bahas tentang bagaimana cara membuat sitemap.

WordPress

WordPress adalah cms yang paling banyak dipakai didunia bahkan di Indonesia. Selain dari kemudahannya, kemampuannya pun terbilang cukup lengkap dibanding dengan cms lain, dan masih banyak lagi kelebihannya.

Tanpa Plugin

Sebenarnya tanpa menggunakan plugin website dari wordpress sudah memiliki fungsi untuk membuat sitemap sendiri, caranya adalah dengan menambahkan /wp-sitemap.xml di alamat website anda. Contohnya seerti berikut :

https://domainanda.com/wp-sitemap.xml

Tapi di file sitemap ini akan menampilkan semua halaman website anda, mulai dari yang penting sampai halaman yang kurang penting. Maka dari itu jika anda menggunakan sitemap ini untuk SEO mungkin akan kurang efektif apalagi jika dimasukkan/disubmit ke Google Search Console.

Alasannya adalah karena akan banyak sekali halaman yang kurang penting yang bisa menghambat atau mengurangi peringkat website. Dan tentunya kita tahu jika crawler mesin pencarian mempunyai jadwal sendiri untuk melakukan tugasnya, dan jika terlalu banyak halaman yang kurang penting dimasukkan makan halaman website yang penting bisa jadi akan terlewatkan.

Sarannya adalah anda menggunakan plugin tambahan untuk mengatur halaman mana saja yang akan diampilkan di file sitemap yang nantinya akan diperiksa oleh crawler mesin pencarian, jadi halaman website di sitemap adalah halaman yang penting yang bisa meningkatkan peringkat SEO website anda.

Menggunaakan Plugin Yoast SEO

Yang selanjutnya adalah anda menggunakan plugin Yoast SEO. Plugin ini sangat populer dan banyak dipakai oleh pengguna wordpress untuk mengoptimalkan SEO website. Jika anda belum memasangnya anda tinggal cari plugin ini di menu plugin karena plugin ini gratis untuk dipakai. Jika sudah memasangnya maka kita akan lanjut ke langkah selanjutnya.

Masuk ke halaman admin di menu General Yoast SEO, masuk ke tab Features, kemudian pastikan anda mengaktifkan XML sitemaps dalam keadaan ON

Cara Membuat Sitemap 01
Mengaktifkan SItemap

Setelah anda mengaktifkan XML sitemaps ini, maka url sitemap anda akan berubah di /sitemap_index.xml. Contohnya sebagai berikut :

https://domainanda.com/sitemap_index.xml

Kemudan anda bisa mengatur halaman mana saja yang anda tampilkan di file sitemap di menu Search Appearance Yoast SEO dan mengaktifkannya seperti gambar berikut :

Cara Membuat Sitemap 01
Mengatur Halaman Tampil Di Sitemap

Seperti itu lah cara melakukan pengaturan sitemap pada plugin Yoast yang memiliki kelebihan untuk mengatur url halaman mana saja yang anda anggap lebih penting untuk dimasukkan di file sitemap.

Blogger

Blogger merupakan platform membuat blog gratis yang paling populer. Blogger ini merupakaan buatan google untuk memediasi penggunanya membuat blog secara mudah dan gratis. Dan jika dilihat dari fungsinya dibandingkan dari penyedia bloge gratis lainnya, maka blogger memiliki fungsi yang cukup lengkap, salah satunya adalah fungsi membuat sitemap.

Jadi di blogger sudah mempunyai fungsi untuk membuat sitemap. Nah untuk melihatnya anda bisa menambahkan /sitemap.xml atau /atom.xml. Contohnya seperti berikut :

https://domain.blospot.com/sitemap.xml

https://domain.blospot.com/atom.xml

Keduanya sama-sama sitemap website namun memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

  • /sitemap.xml menampilkan sedikit informasi halaman blog, hanya seputar url halaman dan waktu terakhir diubah.
  • /atom.xml menampilkan lebih banyak informasi website seperti url halaman, waktu terkahir diubah, konten halaman dan bahkan url gambar pada halaman website.

Anda bisa memilih salah satu dari sitemap web blogspot tersebut karena masing-masing mampu menampilkan halaman website, jadi yang mana saja bisa anda gunakan karena hanya berbeda kelengkapannya saja.

Cara Submit ke Google Search Console

Google Search Console merupakan tools gratis yang disediakan Google untuk memantau dan menganalisa apa saja yang terjadi kepada website saat berada di hasil pencarian. Bisa dibilan tools ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan SEO website, salah satunya adalah bisa mempercepat terindexnya halaman website di hasil pencarian dengan menambahkan alamat sitemap website kita di tools ini.

Sebelum menambahkan file sitemap pastikan anda sudah melakukan verifikasi kepemilikan website anda di tools ini. Bisa dengan menambahkan baris kode verifikasi atau menanakan file verifiksi pada website anda, untuk lebih lengkapnya mungkin akan kami jelaskan pada artikel yang berbeda.

Setelah website anda terverifikasi maka anda bisa masuk ke menu Sitemaps dan masukkan alamat url file sitemap website anda seperti yang sudah kami beri tahu contohnya di atas.

Cara Membuat Sitemap
Memasukkan Link Sitemaps

Setelah melakukan submit, maka akan muncul alamat file sitemap pada daftar di baahnya. Dan anda bisa menambahkan lagi beberapa link sitemap karena bisa jadi anda memiliki banyak sekali halaman pada website anda.

Cara Membuat Sitemap 01
Hasil Setelah Sitemap Disubmit

Setelah melakukan submit sitemap pada google search console maka website anda bisa memiliki potensi lebih besar untuk lebih cepat terindex pada halaman hasil pencarian google dibanding website lain yang tidak melakukan submit file sitemap.

Demikian artikel tentang cara membuat sitemap pada wordpress dan blogger serta bagaimana cara submit file sitemap pada google search console. Semoga membantu anda menambah wawasan. Sampai jumpa di artikel khaira digital yang lainnya.

Leave a Comment