Tips Cara Membuat Blog Sendiri Untuk Pemula Tanpa Ribet

Pernahkah terpikir dari benak anda tentang bagaimana cara membuat blog sendiri? Simak penjelasannya berikut.

Apa Itu Blog

Blog merupakan salah satu dari jenis-jenis website. Sebuah blog biasanya berisi tulisan pengalaman pribadi, curhat, pengetahuan umum, tutorial, puisi, bisnis, toko online atau apa saja yang ditulis menggunakan editor blog kemudian di publikasi ke internet.

Sebenarnya tujuan utama pembuatan blog adalah berbagi pengetahuan ke khalayak umum melalui media internet tetapi saat ini sudah banyak yang bikin blog untuk mencari uang lewat internet, ber-bisnis bahkan ber-politik.

Dalam membuat blog, anda tidak perlu paham tentang coding pemrograman, karena anda bisa memilih platform yang bisa anda gunakan tanpa menggunakan coding, contohnya adalah blogger atau wordpress. Dengan begitu semua orang bisa membuat blog dengan mudah sekali.

Cara Membuat Blog Sendiri
Cara Membuat Blog Sendiri, src: faisalanwar.co.uk

Cara Membuat Blog Sendiri

Untuk membuat suatu blog, anda perlu mempersiapkan beberapa hal-hal berikut. Dengan begitu anda tidak akan kebingungan nantinya saat anda dihadapkan pada proses pembuatan blog. Dan bisa dengan baik saat melakukan perbaikan-perbaikan.

Memilih Tema Konten

Untuk membuat suatu blog anda perlu untuk menentukan tema konten apa yang akan anda bahas dalam blog. Mungkin ini hal yang sepele dan anda ingin membuat blog yang gado-gado atau isi nya campur aduk karena ingin membagikan semua yang anda ketahui dan bisa mendapatkan pengunjung dari berbagai sisi.

Namun hal in justru salah, sebab blog yang tanpa tahu tema dan arah akan membuat mesin pencari sulit untuk mengidetifikasi pembahasan pada blog tersebut. Yang mana mesinpencari tersebut merupakan sumber yang paling besar untuk mendapatkan pengunjung.

Memilih tema konten ternyata sangat penting, selain kekurangan yang disebutkan sebelumnya, dengan memilih konten maka pengunjung yang memiliki minat yang sama kemungkinan besar akan mencari topik pembahasan lain pada blog itu.

Cara mudah memilih tema konten blog adalah dari yang anda sukai. Karena dengan dasar anda suka dengan tema konten tersebut maka anda tidak bosan selama membahas terkait tema tersebut.

Tambahan lainnya adalah dengan memilih tema konten yang banyak diminati oleh pengguna. Hal ini bisa anda cari di berbagai tools analisis trend atau tools untuk menemukan kata kunci. Sebab dengan begitu anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Contoh Landing Page
Websiite Blog

Memilih Platform Blog

Selanjutnya adalah memilih platform blog. Sejauh ini platform blog yang banyak digunakan di Indonesia adalah blogger dan wordpress. Lalu wordpress sendiri juga ada yang hosted dan self-hosted.

Dari ketiga pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan juga pilihan yang hosted dengan yang self-hosted juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oke akan kami jelaskan sedikit. Perbedaan dari hosted dan self-hosted adalah pada tempat hostingnya. Hosted merupakan blog yang anda pakai di hostingkan pada penyedianya yang bisa anda pakai secara GRATIS. Dan untuk menikmati layanan yang lebih anda akan dimintai biaya tambahan.

Sedangkan Self-Hosted berarti anda membutuhkan hosting sendiri untuk menjalankan blog tersebut. Oleh karena itu anda akan mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting pada penyedia hosting yang anda percaya.

Memilih Web hosting

Jika anda memilih platform hosted maka anda bisa melewati langkah ini dan langsung ke langkah selanjutnya. Ketika anda memilih platform Self-Hosted maka anda mesti memiliki hosting sendiri untuk menjalankan blog anda.

Tips dari kami adalah pilihlah penyedia yang memiliki detail dan informasi yang jelas dan terpercaya. Dengan melihat banyaknya klien yang dilayani dan oleh penyedia hosting dan dengan melihat testomoni dari klien yang memakai. Setelah itu anda tinggal memilih salah satu jenis-jenis hosting yang cocok untuk blog anda.

Memilih Nama Domain

Memiloh nama domain juga perlu anda perhatikan. Karena deri nama domain ini orang bisa percaya anda dan mengetahui apa yang anda bahas. Selain itu jika artikel blog anda bagus, kemungkinan besar orang yang membacanya akan mengingat-ingat nama domain anda untuk kembali lagi mengunjungi website anda.

Tips dari kami adalah pilihlah domain blog anda sesuai dengan apa yang anda bahas. Misalkan anda membahas mengenai blog teknologi, anda bisa menambahkan kata-kata teknologi atau kata lain yang berhubungan dengan teknologi, contohnya adalah khairadigital.com yang membahas mengenai hal-hal tentang teknologi informasi dan website.

Mengaktifkan Website Blog

Setelah persiapan sebelumnya sudah anda selesaikan anda tinggal mengaktifkan atau mendaftarkan diri pada penyedia masing-masing. Lihat panduan dari penyedianya berikut :

Cara Membuat Blog Sendiri
Publish Konten, src: faisalanwar.co.uk

Publish Konten

Setelah website blog anda sudah aktif, teruslah melakukan posting artikel kalau bisa artikel seo friendly ataupun melakukan perbaikan-perbaikan untuk website anda dengan rutin. Dengan begitu akan ada kemungkinan lebih besar untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Lalu dengan tambahan-tambahan lainnya seperti memilih tema tampilan blog yang bagus dan juga melakuka seo untuk blog anda sedikit demi sedikit untuk kedepannya.

Begitulah prosesnya, mudah bukan? Tanpa menggunakan biaya pun sebenarnya anda sudah bisa membuat website. Hanya dengan modal kemampuan website tersebut bisa anda buat. Selanjutnya terserah anda ingin membuat blog yang seperti apa.

Demikian ulasan kami mengenai cara membuat blog sendiri dengan mudah. Mungkin masih banyak pembahasan yang belum kita jabarkan. Semoga lain waktu akan kami update artikel ini guna melengkapi hal-hal yang masih belum di bahas.

Sekian dari kami, jika ada yang kurang kami mohon maaf, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Comment