Apa Itu Mobile Friendly Website? Simak Pembahasan & Alasannya

Mobile Friendly
Mobile Friendly, src: evolve-systems.com

Sekarang webiste tidak hanyak bisa diakses dengan menggunakan perangkat pc saja, banyak perangkat yang sudah bisa digunakan untuk melihat website. Contohnya adalah perangkat mobile yang sekarang ini jumlah penggunanya sudah banyak sekali, oleh karena itu website anda harus mobile friendly, apa itu mobile friendly? Baca terus artikelnya.

Tidak hanya website saja yang sudah merambah ke banyak perangkat, internet sekarang sudah digunakan lebih dari apa yang anda pikirkan. Selain bisa diakses menggunakan perangkat pc dan mobile sekarang juga bisa menggunakan jam tangan.

Lalu internet juga digunakan untuk mengontrol alat-alat rumah tangga atau sekarang dikenal dengan istilah IoT atau Internet of Things. Sehingga dengan menggunakan internet anda bisa mengatur lampu rumah, kunci pintu, alat-alat masak dan masih banyak lagi.

Namun fokus kita saat ini hanya akan membahas tentang apa itu mobile friendly dan mafaatnya yang bisa didapatkan dari penggunaan mobile friendly.

Baca juga : Apa Itu AMP dan Pengaruhnya untuk Website

Apa Itu Mobile Friendly

Website mobile friendly merupakan sebuah website yang disetting agar bisa dengan mudah beroperasi di perangkat mobile yang memiliki layar kecil. Dan sebenarnya tidak hanya di perangkat mobile saja tapi juga di perangkat tablet yang memiliki ukuran layar sedang.

Istilah ini mucul karena adanya perkembangan teknologi yang begitu besar pada perangkat mobile khsusnya pada smartphone yang terintegrasi internet dengan baik. Karena hal inilah kemudian banyak orang yang kemudian lebih memilih mengakses website lewat perangkat mobile karena dirasa lebih nyaman dan mudah.

Karena sekarang ini jumlah penggunanya sangat banyak bahkan lebih banyak dibandingkan dengan PC, maka google pun mengembangkan algoritmanya untuk memperhitungkan dampak penggunaan mobile untuk memaksimalkan hasil pencarian

Konsep mobile friendly hampir sama dengan konsep reponsive, yang mana sama-sama membuat sebuah website agar bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkatnya.

Perbedaanya adalah pada khusus dan umum saja. Reponsive website lebih umu yaitu memungkinkan agar website bisa beradaptasi dengan perangkat apapun, mulai dari pc yang lebar layarnya berbeda-beda sampai pada layar mobile. Sedangkan mobile friendly adalah fokus pada perangkat mobile entah itu mobile phone atau tabs.

Cara Cek Website Mobile Friendly

Apakah website anda sudah mobile friendly? Coba deh cek terlebih dahulu website anda, karena jika sudah mobile friendly maka anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut. Berikut caranya :

Cek Menggunakan Perangkat Mobile

Cara yang pertama adalah cara yang paling mudah, yaitu menggunakan perangkat mobile anda. Caranya, anda buka website anda menggunakan perangkay mobile anda, kemudian lihat tampilannya apakah tampilannya menyesuaikan dengan perangkat mobile anda ataukah tidak.

Cara ini dianggap lebih cepat, karena langkah-langkah yang diperlukan cukup sedikit dan mudah untuk dilakukan. Namun kekurangannya adalah tidak semua perangkat mobile memiliki ukuran layar yang sama dan menggunakan teknologi yang sama, jadi anda harus menggunakan cara yang kedua.

Menggunakan Tools Online

Cara ini adalah dengan menggunakan tools online. Banyak sekali website-website yang menyediakan tools untuk menyecek mobile friendly anda bisa mencarinya di mesin pencarian. Namun pada artikel ini kami akan menggunakan tools dari google, yaitu Google Mobile Friendly Test.

Google Mobile Friendly Test
Google Mobile Friendly Test

Caranya cukup mudah, buka website nya kemudian masukkan url website anda, kemudian tekan tombol Test URL. Tunggu beberapa saat dan anda sudah bisa melihat hasilnya apakah website anda mobile friendly ataukah tidak.

Baca juga : Tips Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan Harus Mobile Friendly

Selanjutnya kami akan menjelaskan alasan mengapa website anda harus mobile friendly.

Banyak Pengguna Beralih ke Mobile

Menurut data hasil dari penenlitian yang dilakukan oleh Hootsuite, pengguna internet yang menggunakan internet sangat banyak tercatat sebanyak 66% dari total pengguna memakai mobile untuk mengakses internet mengalahkan pengguna PC yang hanya sebesar 59%.

Data Hootsuite
Data Hootsuite

Hal ini berarti bahwa pengguna mobile lebih banyak dibandingkan dengan pengguna PC. Maka jika anda ingin mendapatkan banyak pengunjung website maka anda patut mengubah website anda agar bisa mobile friendly.

Perangkat Mobile Menentukan Keputusan

Menurut dari penelitian yang google lakukan, bahwa pengguna lebih banyak menentukan keputusannya dalam penggunaan internet dengan memakai perangkat mobile. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat mobile lebih dipercaya oleh pengguna dibandingkan dengan PC.

Hal ini akan berpengaruh bagi anda yang mempunyai bisnis yang dipromosikan melalui website. Karena pengguna lebih suka menentukan keputusan dengan perangkat mobile, maka anda perlu mengubah website anda agar bisa mobile friendly. Sehingga penawaran yang anda lakukan memiliki peluang lebih besar diterima dengan pengguna mobile.

Baca juga : SEO Friendly dan Cara Menerapkannya

Google Lebih Memperhitungkan Mobile

Pada beberapa waktu yang lalu, dunia website di gegerkan dengan adanya update dari google. Orang-orang menyebutnya dengan peristiwa mobilegeddon atau kiamat untuk website yang belum bisa mobile-friendly. Karena pada update tersebut google lebih memprioritaskan website mobile friendly untuk memiliki rangking bagus di halaman pencarian.

Tentu hal ini membuat website yang belum mobile friendly mendapatkan dampak yang buruk yaitu turunnya perikat di hasil pencarian. Tentu anda tidak mau hal ini terjadi pada website anda bukan. Maka dari itu penting sekali untuk membuat website anda mobile friendly. Salah-salah website bisa tidak muncul sama sekali di halaman pencarian.

Karena hal ini juga, mobile friendly berpengaruh pada SEO website, yaitu membantu meningkatkan peringkatnya dengan adanya website mobile friendly.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada anda, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment