Apa itu Landing Page dan Kelebihannya Untuk Keperluan Bisnis

Website toko online anda tidak meningkatkan pemasukan Anda? Mungkin ada yang tidak benar dengan website anda, dan salah satunya karena anda belum memiliki landing page di website anda. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa itu landing page oleh karena itu mari kita bahas sedikit tentangnya.

Contoh Header Dari Landing Page
Contoh Header Dari Landing Page, src: elegantthemes.com

Apa itu Landing Page

Landing page adalah halaman website yang di buat khusus untuk melakukan kegiatan marketing. Halaman inilah yang ditampilkan kepada pengguna tentang tawaran-tawaran produk atau jasa.

Landing page ini di desain khusus dengan menggunakan strategi marketing. Yang mana pada landing page ini penggunjung akan diarahkan baik dengan cara halus maupun dengan cara kasar untuk membeli atau mendaftarkan diri pada bisnis yang sedang di tawarkan.

Perbedaan Landing Page dan Home Page

Lantas apa perbedaan landing page dengan home page atau pun dengan halaman website yang lainnya? Perbedaanya adalah pada tujuan dari isi halaman tersebut.

Home page merupakan halaman utama website yang isinya lebih membahas terkait hal-hal yang umum yang website itu miliki. Sedangkan landing page lebih membahas satu layanan atau satu produk tertentu yang ada pada website. Akan lebih jelas lagi pada perbandingan berikut.

Home Page

  • Membahas hal umum yang terdapat pada website.
  • Mengarahkan pengguna untuk mengunjungi halaman lainnya seperti penjelasan lebih lanjut terkait hal yang dibahas.

Landing Page :

  • Membahas perihal lebih spesifik terkait produk atau layanan yang ditawarkan
  • Mengarahkan pengguna untuk melakukan transaksi terkait produk atau layanan yang ditawarkan

Baca juga : Tips Cara Membuat Landing Page

Jenis – Jenis Landing Page

Menurut fungsinya, landing page memiliki 2 jenis yaitu lead generation landing pages dan click-through landing pages.

Lead generation landing pages, merupakan landing page yang memiliki isi singkat, menarik, padat dan jelas terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuan utama nya adalah mengumpulkan lead atau data caon pelanggan secara langsung yang biasanya berupa nama dan email melalui form ataupun CTA (Call To Action). Nah dengan lead inilah owner website bisa memberikan promosi berupa diskon atau pun kode promo yang diberikan melalui email tersebut.

Click-through landing pages, merupakan landing page yang memiliki isi penjelasan lengkap dari produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuan utama nya adalah melakukan transaksi terhadap apa yang dijelaskan melalui tombok CTA ataupun keranjang yang biasanya bertuliskan “Pesan Sekarang”, “Pilih Sekarang” atau “Beli Sekarang”.

Contoh CTA Landing Page
Contoh CTA Landing Page, src: elegantthemes.com

Kelebihan Landing Page

Nah berikut ini adalah kelebihan dari pada Landing Page yang perlu anda ketahui.

Mudah Di Pahami

Dikarenakan isi pada landing page hanya membahas satu produk atau satu layanan saja, maka pengunjung akan dimudahkan dalam memahami nya dibandingkan dengan melihat isi dari home page. Dan dengan menambahkan desain yang baik dan bagus untuk landing page tersebut tentu akan lebih memudahkan lagi bagi pengunjung tentang penjelasan dan apa yang harus dilakukannya setelah membaca penjelasan tersebut.

Meyakinkan Konsumen

Dengan landing page yang dibuat menggunakan strategi marketing, maka pada kesempatan inilah anda menggunakan kata-kata persuasif atau kata ajakan dan kata-kata untuk menyakinkan pengunjung untuk melakukan transaksi dari apa yang ditawarkan. Karena dengan kata persuasif tersebut bisa langsung di tujukan untuk menekan tombol CTA.

Promosi lebih mudah

Tidak seperti pada marketplace, memiliki landing page pada website sendiri membebaskan anda untuk mengatur apa saja yang ada pada website anda, termasuk pada konten promosi. Anda bisa dengan bebas melakukan promosi tanpa ada yang mengatur. Hal ini bisa menguntungkan anda untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Contoh Landing Page
Contoh Landing Page, src: unbounce.com

Lansung Tepat sasaran

Jika pada home page atau pun pada halaman lainnya memiliki banyak hal yang bisa mengganggu konsentrasi dari pengguna seperti link atau url, postingan lain, atau komentar. Maka pada landing page hanya berisi penjelasan dan tombol CTA saja, yang bisa langsung difilter pengguna mana saja yang tertarik pada produknya.

Mudah Mendapatkan Data Pengunjung

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu fungsi dari landing page anda untuk mengarahkan pengguna untuk melakukan pembelian ataupun melakukan pendaftaran. Nah data pengguna yang sudah mendaftar atau pun yang sudah membeli bisa anda dapatkan tanpa harus bersusah-susah payah.

Meningkatkan Efektifitas Iklan Berbayar

Dalam melakukan iklan berbayar atau paid promotion misalkan pada Google Ads, maka anda perlu mengarahkan pengunjung untuk melihat produk atau jasa yang anda tawarkan. Nah akan pas sekali jika iklan berbayar tersebut diarahkan pada landing page website anda. Dengan begitu pengunjung akan tahu penjelasan dan akan langsung diarahkan untuk melakukan transaksi. (Baca : Apa itu SEM dan Pentingnya untuk Bisnis)

Trafik Pengunjung untuk Retargeting

Dengan banyaknya pengguna yang mengunjungi halaman landing page website anda. Anda akan mendapatkan semua data trafik dari pengunjung. Data ini akan berguna jika anda menggunakan jasa iklan berbayar, karena anda bisa melakukan retargeting atau menargetkan ulang iklan berbayar anda kepada pengguna yang lebih cocok dan berpotensi lebih besar melakukan transaksi.

Itu lah ulasan kami tentang apa itu landing page dan kelebihannya. Meskipun landing page memiliki fungsi tersendiri dibandingkan dengan halaman website yang lainnya namun tidak menutup kemungkinan jika landing page diletakkan pada home page website. Yang artinya tidak ada bedanya antara home page dengan landing page.

Meskipun begitu tujuan utamanya tetaplah tidak berubah yaitu untuk lebih mengarahkan pengunjung website untuk melakukan transaksi entah itu mendaftarkan diri ataupun membeli produk tertentu yang ditawarkan.

Leave a Comment