Ketahui Apa Itu Domain Dan Penjelasan Bagian-Bagiannya

Pada artikel-artikel sebelumnya sudah beberapa kali menyinggung tentang domain. Lalu apakan anda sudah mengetahuinya dengan benar? Tentu saja pada artikel kali ini kita akan membahas banyak mengenai apa itu domain dan juga penjelasan bagian-bagiannya.

Perkembangan domain saat ini sudah sangat meningkat dari tahun ke tahun. Pada awalnya, domain mulai digunakan pada tahun 1985 oleh perusahaan komputer asal Massachusetts, Amerika Serikat bernama Symbolics.com. Di akhir tahun 1985 hanya ada enam domain yang terdaftar. Namun, saat ini ada ratusan juta domain yang teregistrasi di seluruh dunia, meskipun menurut Slashdot, sekitar 50 ribu di antaranya sudah tidak aktif.

Domain
Domain, src: searchenginejournal.com

Apa Itu Domain

Dalam dunia internet domain merupakan komponen penting untuk sebuah website. Karena pada dasarnya domain adalah alamat yang akan mengarahkan kita ke sebuah website. Domain ini merupakan bentuk sederhana dari ip address atau alamat ip. Dimana kita tahu alamat ip terdiri dari susunan angka yang tidak mudah untuk mengingatnya seperti contoh berikut 192.168.1.1.

Semakin banyaknya website yang dibuat semakin banyak pula ip address beredar. Maka dari itu untuk menghhafal ip address untuk satu website dengan website lainnya pasti akan sangat sulit. Maka dari itulah dengan menggunakan nama domain bisa memudahkakn anda untuk mengingatnya.

Contoh domain yang perlu anda kertahui adalah khairadigital.com. “khairadigital” merupakan nama domain untuk website anda, “.com” merupakan ekstenti yang domain yang dipilih.

Dilihat dari bentuknya, coba anda bandingkan antara domain dengan ip address diatas. Pasti anda akan lebih memilih bentuk dari domain bukan. Karena disamping bentuknya yang lebih simple, bentuk dari domain juga mudah diingat dan bisa dijadikan brand yang keren.

Nama domain harus lah unik, maksudnya adalah nama domain harus berbeda-beda antara satu domain dengan domain yang lainnya. Karena merupakan sebuat alamat untuk mengarahkan ke website anda maka haruslah berbeda.

Baca juga : Apa Itu Hosting, Penjelasan dan Fungsinya

Domain Name
Domain Name, src: sifuwen.com

Bagian-Bagian Domain

Perlu anda ketahui bahwa domain memiliki bagian-bagiannya tersendiri. Ada 3 bagian yang perlu anda ketahui yang paling sering digunakan. Yaitu top level domain, second level domain, dan third level domain.

Top Leve Domain (TLD)

Merupakan istilah untuk ekstensi dari sebuah domain. TLD ini ada pada bagian belakang nama domain. Contohnya adalah “.com”. Namun TLD ini tidak bisa anda buat sendiri, anda hanya bisa memilihnya pada daftar yang tersedia. untuk lebih lengkapnya anda bisa mengeceknya sendiri pada halaman IANA (Internet Assigned Numbers Authority).

Pada TLD ini terbagi lagi menjadi 2 macam yaitu gTLD dan ccTLD :

gTLD (Global Top Level Domain)

Merupakan TLD yang umum digunakan oleh banyak website. Contohnya adalah “.com” pada “khairadigital.com”. Contoh lainnya seperti .gov, .edu yang masing-masing memiliki tujuan yang berbeda-beda. Seperti .com untuk website komersial, .gov untuk website pemerintahan, .edu untuk website edukasi

ccTLD (Country Code Level Domain)

Merupakan TLD yang digunakan untuk website lokal pada negara tertentu. Contohnya seperti .id untuk website negara Indonesia, .jp untuk website negara Jepang, dan .cn untuk website negara China. Selain itu juga mempengaruhi domain umum lainnya seperti .co.id, .go.id, .ac.id dan masih banyak contoh yang lainnya.

Second Level Domain (SLD)

Merupakan bagian dari domain anda yang unik yang berbeda dengan website lainnya. Contoh adalah “khairadigital” pada “khairadigital.com”. Pada bagian ini anda bisa membuatnya seunik mungkin dan berbeda dengan website yang lainnya.

Third Level Domain

Third Level Domain atau biasa disebut dengan sub domain. Bagian ini terletak pada bagian sebelum nama domain. Contoh “blog.khairadigital.com”, third level domain nya adalah “blog”.

Biasanya sub domain ini digunakan untuk membuat bagian sebuah website yang memiliki teknologi atau tampilan berbeda dengan domain utama. Contohnya seperti untuk website blog, website mail, halaman akun, atau halaman yang khusus untuk negara tertentu.

Baca juga : Apa itu CloudFlare untuk Keamanan Domain

Domain Nama
Domain Nama, src: fastcomet.com

Istilah Lain Pada Domain

Selain penjelasan di atas ada istilah-istilah lain yang berkaitan dengan domain yang perlu anda ketahui jika ingin membuat domain.

Addon domain

Addon domain adalah domain yang ditambahkan pada server website anda. Berbeda dengan sub domain yang memiliki keterkaitan dengan domain utama. Addon domain akan independen atau berdiri sendiri jika dibuat sebuah website.

Nantinya domain yang ditambahkan pada server anda akan diletakkan pada folder public_html sama seperti tempat sub domain berada. Meski begitu addon domain tidak akan mempengaruhi domain utama. Addon domain hanya akan numpang pada server yang sama.Dan hal ini tidak akan diketahui oleh pengunjung saat mengunjungi website tersebut karena memang akan berdiri sendiri-sendiri.

Baca Juga : Apa Itu Hosting, Fungsi dan Istilahnya

Hal ini dilakukan orang untuk menghemat biaya pengeluaran untuk menyewa sebuah hosting, karena dengan memakai addon anda hanya akan membeli domain saja tanpa adanya hosting. Yang nantinya akan ditempatkan pada hosting yang sudah anda miliki.

Parking domain

Mungkin istilah ini sering terdengar oleh anda namun kebanyakan tidak mengetahui apa maksudnya istilah tersebut. Parking domain adalah istilah adalah sebuah domain yang akan mengarahkan anda kepada domain utama anda.

Misalkan domain utama anda adalah “khairadigital.com” kemudian anda membeli lagi domain “infowebsite.com”. Namun ketika orang membuka website infowebsite.com yang terbuka adalah website khairadigital.com.

Contoh nyata adalah Facebook. Domain utama website Facebook adalah facebook.com, Namun anda bisa membuka website tersebut dengan alamat domain fb.com.

Biasa nya hal ini dilakukan untuk meningkatkan target orang yang dituju atau untuk mempermudah orang saat meng akses website tersebut tanpa mengetikkan banyak huruf pada address bar.

Mungki itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai apa itu website dan bagian-bagiannya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

Leave a Comment