Apa Itu Cloudflare dan Apa Fungsinya Diterapkan Pada Website

Apa Itu Cloudflare
Apa Itu Cloudflare, src:hosting.review

Ketika anda mempelajari tentang SSL atau keamanan pada website pasti ada yang membahas tentang cloudflare. Namun apa itu sebenarnya cloudflare dan penjelasan lengkap tentangnya beserta kelebihan dan kelemahannya.

Keamanan dan kecepatan merupakan hal yang penting bagi website. Karena dari kedua hal tersebut anda bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan baik bagi anda maupun bagi pengguna website anda. Anda akan merasa aman karena website anda terlindung dengan baik. Lalu pengguna juga akan nyaman karena data yang dikirimkan akan aman.

Oleh karena itu anda musti memberikan perhatian lebih pada dua hal ini agar website anda berjalan dengan semestinya. Cara mudah untuk melihat apakah website tersebut aman atau tidak adalah dengan menggunakan SSL atau Secure Sockets Layer.

Hal yang paling mudah untuk melihat ssl ini adalah dengan melihat domain website tersebut. Pada domainnya akan menggunakan https yang merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Hal ini menandakan bahwa website tersebut memiliki keamanan dalam proses transfer nya. Lalu apa hubungannya dengan cloudflare? Simak penjelasan artikel ini sampai selesai.

Baca juga : Cara Mempercepat WordPress

Apa Itu Cloudflare

CloudFlare merupakan sebuah layanan CDN atau Content Delivery Network yang gratis. Namun berbeda dengan yang lainnya, cloudflare memberikan fitur yang lebih baik dari standars CDN yang ada. Sehingga membuat cloudflare menjadi layanan CDN yang paling populer.

Sebagai layanan CDN, cloudflare bertugas sebagai jembatan antara pengunjung dengan server website. Selain itu CDN memiliki beberapa tempat data center yang tersebar ke beberapa negara.

Cara kerja sederhananya adalah data website yang ada diserver di simpan di data center milik CDN, kemudian ketika ada pengunjung yang mengakses website tersebut maka data yang diambil adalah data dari CDN tersebut. Dan pengambilan datanya dari lokasi terdekat dengan pengunjung.

Hal ini membuat orang tertarik untuk menggunakan cloudflare untuk CDN website. Karena cloudflare bisa membuat website menjadi lebih cepat ketika diakses oleh pengunjung.

Selain itu CloudFlare juga memberikan keamanan pada website berupa SSL yang gratis, bisa diibaratkan bahwa cloudflare seperti layaknya pagar yang akan menghalangi website dari aktivitas berbahaya yang dilakukan oleh pengunjung website.

Fungsi CloudFlare

Apa saja fungsi dari cloudflare? Berikut fungsi-fungsi yang bisa cloudflare lakukan untuk website anda.

CDN CloudFlare
CDN CloudFlare, src: ctfassets.net

Pengunjung Diarahkan Pada Koneksi Tercepat

Ketita pengunjung mengakses website, data yang diterima adalah data yang tersimpan pada data center milik cloudflare yang lokasinya paling dekat dengan lokasi pengunjung berada.

Hal ini wajar karena tugas CDN memang untuk memberikan akses cepat dari data center yang tersebar ke beberapa daerah. Dengan jarak server yang berdekatang dengan lokasi pengunjung, maka kecepatan akses website juga akan meningkat. hal ini lah yang dikatakan sebagai pengunjung diarahkan pada koneksi tercepat.

Baca juga : Apa Itu Cache dan Manfaatnya

Kinerja Website Cepat

Ketika pengunjung hanya mendapatkan data website dari data center CDN, maka kinerja server website akan lebih ringan. Hal ini akan membuat kinerja nya menjadi lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan cdn.

Mendeteksi Traffic Berbahaya

Karena pengunjung hanya akan berhubungan dengan cloudflare, maka CloudFlare bisa memonitor aktivitas dari pengunjung. Salah satu kemampuan dari monitor pengunjung ini adalah dengan mendeteksi trafik berbahaya.

Tentu karena hal ini website anda tidak akan menerima dampak yang terlalu banyak, karena semua trafik tersebut difilter oleh cloudflare agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai Berkas Statis

Karena CloudFlare adalah CDN, maka data yang disimpan pada data center hanyalah berkas statis saja. Hal ini akan menguntungkan pengunjung karena kecepatan loading website menjadi lebih meningkat karena datanya bersifat statis.

Karena sebenarnya pengunjung memang hanya menginginkan informasi dari website tanpa ingin melakukan hal yang lebih banyak dari website. Tidak seperti fungsi-fungsi tertentu yang dilakukan oleh admin website.

Baca juga : Perbedaan Web Statis dengan Dinamis

Tetap Online Meski Server Down

Server down tidak hanya terjadi ketika jumlah pengunjung yang banyak pada website tersebut. Tetapi down juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pada sistem hosting nya ketika mendapatkan ganguan atau kesalahan saat update.

Namun hal ini tidak akan berpengaruh pada website yang menggunakan CDN. Website tersebut akan tetap bisa diakses oleh pengunjung dengan mengambil data yang tersimpan pada data center miliki CDN. Sehingga anda bisa melakukan perbaikan tanpa mengganggu pengujung website.

Laporan Pengunjung

Sudah dijelaskan di atas bahwa cloudflare juga memiliki layanan untuk memonitoring pengunjung. Hasil laporan tersebut bisa anda lihat pada data website di cloudflare. Selain itu cloudflare juga akan menampilkan jenis pengunjungnya baik pengunjung merupakan robot, manusia, ancaman.

Pengamanan CloudFlare
Pengamanan CloudFlare, src: digitalfloats.com

Meminimalisir spam pada website

Dengan memanfaatkan data dari pihak ke tiga, cloudflare akan melindungi website anda dari serangan komentar spam. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi akan adanya komentar spam yang mengganggu website anda.

Peringatan Adanya Infeksi Virus

Jika komputer pengunjung terdeteksi terinfeksi oleh virus. Maka cloudflare akan menyarankan kepada pengunjung untuk membersihkan virus tersebut sebelum mengakses website anda. Dan ketika sudah selesai membersihkan pengunjung akan diminta mengisi CAPTCHA untuk bisa mengakses website.

Mungkin itu dulu yang bisa kami berikan tentang apa itu cloudflare dan apa fungsinya pada website. Dari kami cloudflare memang sangat berguna. Sangan direkomendasikan bagi anda yang memiliki website agar beroperasi lebih cepat dan lebih aman.

Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment