Simak! Apa Itu AMP Dan Manfaat Pengaruhnya pada Website Anda

Kita semua tahu bahwa kecepatan website sangat berpengaruh pada performa website. Dari sisi pengguna maupun dari sisi mesin pencarian saat melakukan proses crawling. Perlu anda ketahui bahwa ada teknik yang bisa mempercepat loading website khususnya pada perangkat mobile, namanya adalah AMP, yuk simak penjelasan tentang apa itu AMP.

AMP merupakan teknik baru yang mulai banyak digunakan oleh orang pada websitenya. Karena manfaatnya didapatkan besar dan atas rekomendasi dari google sang mesin pencari paling populer, maka banyak orang berusaha untuk mengikuti rekomendasi tersebut.

Memang banyak manfaat yang akan anda dapatkan, namu ada juga kekurangan yang menyertainya ketika anda menggunakan teknik amp untuk melakuka optimasi website. Apa sajakah kelebihan dan kelemahan dari AMP? Simak terus saja artikel ini, he he.

Apa Itu AMP, src: digitiz.fr
AMP, src: digitiz.fr

Apa Itu AMP

Kita akan membahas definisinya terlebih dahulu. AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages. Teknik ini diperkenalkan pada tahun 2016, yang merupakan sebuah program open-source dari Google yang dibuat dengan tujuan untuk membuat loading website menjadi lebih cepat dan lebih baik ketika diakses menggunakan perangkat mobile

Dengan begitu, pengunjung website tidak perlu menghabiskan banyak waktu saat menunggu website loading. Ketika loading website cepat, tentu pengunjung akan merasa labih nyaman untuk menikmati konten website anda

Selain itu tentu saja akan berpengaruh pada SEO website. Karena ketika loading website cepat atau lambat baounce rate, conversion rate dan trafik jumlah pengunjung juga nya juga akan ikut terpengaruh.

Baca juga : Manfaat SEO untuk Bisnis

Ketika menggunakan AMP, halaman website anda akan lebih cepat karena struktur html nya didesain agar lebih ringan. Untuk mendapatkan hasil seperti ini, beberapa tags html akan dihilangkan. Hal ini juga berpengaruh pada CSS yang akan mengalami pengurangan.

Namun berbeda dengan javascript, pada website amp, javascript tidak diperkenankan untuk dipakai, dengan kata lain akan dihapus fungsi-fungsinya. Hal ini semua memang dilakukan demi tercapainya loading yang cepat. Jika memang anda membutuhkan sekali javascript pada website anda, maka anda bisa menggunakan library javascript yang bisa digunakan di AMP.

Dari pengurangan-pengurangan tersebut membuat website anda menjadi seperti website statis. Hal ini memang cepat namun fungsi-fungsi berjalannya website akan terbatas. Namun akan cocok bila digunakan pada website yang hanya digunakan untuk sekedar membagikan informasi atau berita.

Perbedaan AMP
Perbedaan AMP, src: moz.com

Kelebihan dan Kekurangan AMP

Kelebihan AMP

Gratis

Karena produk ini open-source, maka sudah pasti gratis untuk dipakai ataupun untuk dikembangkan. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa mendapatkan banyak manfaat yang diterapkan di website anda.

Mempercepat Loading

Ini merupakan manfaat utama diciptakannya AMP, yaitu mempercepat loading website khususnya untuk pengguna perangkat ponsel. Dengan website yang cepat, tentu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan, mulai dari kenyamanan pengunjung website dan juga masih banyak yang lainnya.

Membantu SEO

Dengan kecepatan website yang lebih baik dari sebelumnya, tentu akan berdampak baik bagi website yang menerapkan SEO. Meskipun menggunakan AMP tidak termasuk pada poin meningkatkan SEO, namun AMP mampu mempercepat waktu loading mobile friendly. Sehingga secara tidak langsung AMP bisa meningkatkan SEO.

Baca juga : Cara Kerja SEO secara Lengkap

Meringankan Kinerja Server

Ketika menggunakan AMP, banyak tag html, css dan javascript yang dihilangkan untuk meningkatkan kecepatan. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja server untuk memproses data yang akan ditampikan kepada pengguna. Karena data yang ditampilkan tidak membutuhkan resource banyak, maka kinerja server pun akan ringan sehingga tidak mudah down.

Tampilan AMP di Mesin Pencarian
Tampilan AMP di Mesin Pencarian, src: builtvisible.com

Kekurangan AMP

Tampilan Apa Adanya

Namun karena adanya penghilangan tag html, css dan javascript, tampilan website pun akan berbeda dari sebelumnya. Yaitu berubah menjadi tampilan yang sangat sederhana. Karena penghilangan ini akan mengakibatkan banyak komponen dari website menjadi tidak berfungsi.

Banyak Plugin dan Widget Tidak Berfungsi

Karena penghilangan itu juga banyak plugin dan widget tidak berfungsi. Alasannya sama seperti sebelumnya yaitu karena ada penghilangan tag html, css dan pembatasan pada js. Karena kita tahu bahwa banyak plugin maupun widget menggunakan js untuk melakukan kerjanya.

Javascript Terbatas

Javascript merupakan sebuah kode program yang bekerja di depan maupun di balik sebuah program, bisa dibilang bahwa javascript sangat berguna untuk website. Namun karena javascript dianggap memperlambat loading website akhirnya javascript mengalami pembatasan penggunaan.

Akibatnya seperti tang telah disebutkan, baik tema website, plugin dan widget pun banyak yang tida berfungsi bahkan tidak bisa menampilkan apa-apa. Solusinya adalah anda bisa menggunakan plugin yang spesifikasinya mendukung dengan amp atau menggunakan library js sendiri yang mendukung penggunaan amp pada website.

Tidak Mendukung Semua Iklan

Bagi blogger, iklan merupakan sumber panghasilan yang paling besar. Meskipun sumber pengasilannya tidak hanya dari iklan saja. Namun ternyata AMP tidak mendukung semua iklan, kalau adsense sudah pasti muncul karena pembuat amp adalah google.

Namun bangaimana jika iklan dari penyedia yang lain? karena berbeda sumber perusahaannya bisa jadi ada ketidak serasian antara iklan dengan AMP. Akibatnya, iklan tersebut tidak akan muncul pada halaman website.

Mungkin itu saja yang bisa kami berikan untuk anda tentang apa itu amp. Tentu harapannya setelah membaca artikel ini bisa menentukan apakah menggunakan amp untuk website anda atau kah tidak. Karena kami sudah berusaha memberikan kelebihan dan kekurangan dari amp untuk anda.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment