Website Tidak Bisa Diakses (Penyebab dan Solusinya)

Bagaimana jadinya jika website tidak bisa diakses dan Anda tidak bisa melakukan penjualan produk Anda? Tentu hal ini bisa membuat frustasi. Perusahaan yang mendapatkan konversi dari keberadaan website, tentu menginginkan website tetap berjalan apapun yang terjadi. Kerberlangsungan website, bisa memastikan terjadinya keberlangsungan bisnis.

Namun tentu saja di dunia ini tidak ada yang bisa memastikan semua berkalan baik-baik saja. Pasti ada saja kendala yang di alami di perjalanannya. Namun Anda perlu bijak dan mempelajari hal hal yang menjadi penyebab timbulnya masalah.

Salah satunya ketika website tidak bisa diakses dan kegiatan bisnis Anda berhenti. Anda tentu harus berkepala dingin untuk mengatasinya. Pada artikel kali ini, Khaira Digital akan membahas mengenai website tidak bisa diakses dan bagaimana menanganinya.

Website Tidak Bisa Diakses
Website dibangun dengan bahasa pemrograman yang rumit. Sumber Pexels

Website Tidak Bisa Diakses Wifi

Terkadang Anda menemukan suatu website tidak bisa di buka ketika Anda menggunakan internet wifi di rumah atau kantor Anda. Untuk masalah ini, ada beberapa penyebab yang menjadikan website tidak bisa di akses. Masalah ada pada dua hal yakni perangkat wifi Anda sendiri atau memang website di blokir oleh provider.

Terkadang provider atas arahan dari pemerintah melakukan pemblokiran beberapa website tertentu. Basanya pemblokiran ini terkait dengan pornografi, kekerasan, kelompok ilegal, bisnis ilegal dan konten lain yang melanggar hukum di negara Indonesia.

Jika website memang ada dan pemerintah memblokir akses website tersebut, maka untuk bisa mengakses website yang di blokir tersebut adalah dengan menggunakan VPN atau virtual private network. Anda bisa mendapatkan fitur ini baik berbayar maupun gratis. Hanya saja ada pembatasan penggunaan untuk fitur gratisnya.

Jika website tidak di blokir, namun Anda tetap tidak bisa mengakses website tersebut maka bisa jadi masalah ada pada wifi Anda. Langkah awal penanganannya adalah, coba akses website tersebut menggunakan smarphone dan paket data ponsel Anda. Jika berhasil maka bisa jadi perangkat wifi Anda bermasalah. Anda bisa melakukan restrart router untuk menanganinya.

Website Tidak Bisa Diakses Komputer Sendiri

Yang cukup membingungkan adalah ketika website yang Anda akses mengalami kegagalan akses, namun website tersebut berhasil di akses menggunakan perangkat sejenis lainnya. Jika ini terjadi maka permasalahannya ada pada perangkat laptop atau komputer Anda sendiri. Ini berkaitan dengan kinerja browser yang bermasalah.

Browser atau peramban sendiri selalu menyipan akifitas yang di lakukannya untuk periode waktu tertentu. Penyimpanan ini memang berguna untuk mempercepat akses ke suatu website yang pernah Anda kinjungi. Namun jika terjadi crash, maka terkadang ada yang menjadikan suatu website tidak bisa diakses.

Cara mengatasinya adalah, Anda harus melakukan pebersihan memori simpanan browser, atau biasa disebut clear cache. Untuk melakukannya, Anda bisa menemukan fungsi clear cache di pengaturan browser yang Anda gunakan. Setiap browser mungkin berbeda lokasinya. Jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa melakukan pengaturan ulang browser Anda.

Penyebab Website Tidak Bisa Diakses Karena Faktor Websitenya Sendiri

Website Tidak Bisa Diakses
CMS WordPress untuk membangun website. Sumber Pixabay

Adakalanya website tidak bisa diakses karena memang websitenya sendiri memiliki masalah sehingga website tidak bisa diakses. Namun, ketika Anda merawat atau mempercayakan pengelolaan website kepada jasa maintenance website profesional akan kecil kemungkinannya terjadi hal seperti ini.

Inilah permasalahan yang terjadi pada website sehingga tidak bisa diakses :

1. Website dianggap tidak aman

Website yang tidak memiliki fitur kemanan yang memadahi biasanya akan menjadikan sistem browser menolak atau minimal memberi peringatan kepada user ketika mengakses website yang tidak aman.

Ketika membangun website, pastikan Anda membangun sistem keamanan, atau minimal memasang sertifikat SSL. Sertifikat inilah yang menjadikan alamat pada website memiliki awalan https. Penggunaan https menandakan kepada sistem bahwa website sudah terverifikasi aman, meskipun hanya kemanan tingkat dasar saja.

2. Terjadi konflik pada Internet Protocol

Setiap yang ada pada internet, selalu ada nomr identitas yang bernama IP atau internet protocol. Meskipun sistem ini memudahkan untuk identifikasi atau pencarian, terkadang malah menimbulkan konflik di jaringan. Untuk mengatasi IP conflict, lakukan langkah berikut ini :

  • Buka Command Prompt atau CMD pada komputer Anda
  • Ketikkan ipconfig/release untuk menghapus setingan jaringan.
  • Ketikkan ipconfig/all untuk menampilkan informasi alamat IP dan pengaturan DNS.
  • Ketik ipconfig/flush untuk menghapus cache DNS
  • Ketika ipconfig/renew untuk setting ulang pengaturan jaringan
  • Masukkan perintah netsh int ip reset lalu enter
  • Masukkan perintah netsh winsock reset lalu enter

Langkah diatas sudah selesai. Tutorial tersebut hanya untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

3. DNS bermasalah

Selain kasus IP yang bentrok, terkadang komputer mangalami masalah pada cache DNS. Untuk mengatasinya, setelah Anda membuka Command Prompt Anda bisa mengetikan : ipconfig /flushdns lalu kemudian klik enter. Langkah tersebut adalah untuk menghapus cache DNS.

Jika langkah diatas tidak bisa berhasil, maka Anda bisa melakukan langkah di bawah ini. Langkah ini adalah langkah untuk mengganti DNS.

  • Klik kanan ikon jaringan yang biasanya ada pada kanan bawah layar widows, lalu pilih Open the Network and Sharing Center
  • Pilih Change Adapter Settings
  • Klik kanan pada koneksi yang ingin Anda ubah DNS servernya, lalu klik Properties
  • Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) pada tab properties, lalu klik Properties.
  • Pada opsi Use the Following DNS Server Addresses masukkan IP DNS Google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  • Klik OK untuk menyimpan pengaturan

Jika website Anda mengalami masalah pada DNS, tentu ketika langkah di atas sudah Anda lakukan, website bisa kembali normal. Jika belum bisa diakses, mungkin ada masalah lain selain DNS.

4. Website terkena hack

Website yang terkena hack dan dikendalikan oleh orang lain menyebabkan website tidak bisa diakses. Penyebab website yang terkena hack juga terkadang karena kelalaian dari pengelola atau pemilik website itu sendiri.

Perangkat website yang tidak up to date bisa menjadikan website tidak aman. Fungsi update pada perangkat website, baik tema, plugin maupun versi CMS bertujuan untuk penggunaan fitur yang terbaru, termasuk keamanannya. Sehingga peluang orang lain untuk menjebol sistem keamanan website menjadi kecil.

5. Error pada CMS

Sebagian besar website di internet di bangun menggunakan CMS WordPress. Selain karena mudah dalam pengelolaannya, WordPress juga ramah SEO, dukungan komunitas yang luas, dan lebih fleksibel dalam menambah fitur menggunakan plugin.

Hanya saja, ketika website tidak di rawat dengan baik, akan sering terjadi error pada beberapa fiturnya. Karena itu, ketika menggunakan WordPress sebagai CMS, Anda perlu secara berkala melakukan pembaruan pada versi WordPressnya, pada plugin nya dan melakukan pengecekkan bagian bagiannya.

6. Domain kadaluarsa

Website terdiri dari dua bagian yakni domain dan hosting. Ketika membangun website, biasanya akan memesan paket yang terdiri atas hosting dan domain. Jika domian Anda sudah habis masa sewanya, maka website secara otomatis tidak bisa diakses. Untuk mengatasinya tentu Anda harus menghubungi penyedia layanan yang Anda gunakan.

Jika domain tidak segera Anda perpanjang, maka bianya perpanjang nantinya akan membengkak karena domain di masa hampir dihapus. Karena itu untuk mengatasi hal ini Anda bisa membayar masa sewa domain untuk jangka waktu lama.

7. Masalah hosting

Menggunakan layanan hosting yang abal-abal terkadang juga menyebalkan. Jika terjadi error di internal sistem mereka, website Anda menjadi tidak bisa diakses. Namun terkadang ada juga penyebab yang sifatnya force majeur seperti yang belum lama terjadi di Gedung Cyber Jakarta, yakni kebakaran.

Agar tidak terjadi hal yang serupa, Anda bisa menggunakan penyedia layanan hosting yanng berpengalaman. Selain itu, saat ini telah bermunculan layanan hosting yang menjanjikan error sistem yang minim dengan merubah atau memodifikasi penyimpanannya.

8. Website down

Website yang down karena terlalu banyak traffic yang masuk juga menjadikan website tidak bisa diakses. Banyak orang yang mengakses suatu website secara bersamaan, padahal bandwith yang digunakan pada website tersebut terbatas, maka website akan down dan tidak bisa diakses lagi.

Website Tidak Bisa Diakses
Maintenance website berguna untuk mengatasi error. Sumber Pexel @cytonn

Banyaknya traffic bisa terjadi karena peristiwa alamiah, seperti mungkin banyak orang yang mengakses website pengumuman CPNS, website untuk pendaftaran online atau informasi penting lainnya. Namun bisa juga karena serangan hacker yang menggunakan metode DdoS untuk membanjiri website dengan data sehingga website menjadi down.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai website tidak bisa diakses. Jika Anda memiliki website yang bermasalah dan tidak bisa diakses, bisa jadi karena Anda menggunakan jasa layanan pembuatan website yang abal-abal. Pastikan Anda menggunakan layanan yang profesional.

Khaira Digital hadir sebagai penyedia jasa layanan pembuatan website beserta jasa maintenance website yang telah berpengalaman mengerjakan klien dengan bidang usaha berbagai macam jenis. Kami senantiasa bersenang hati untuk membersamai bisnis Anda dalam bertmbuh dan berkembang. Kami tunggu kehadiran Anda untuk bekerjasama dengan Khaira Digital!

Tinggalkan komentar