Website Murah Untuk UMKM? Sekarang Bisa Anda Dapatkan!

UMKM menjadi salah satu cara yang ditempuh oleh pengusaha muda dalam memulai usahanya. Meskipun baru berupa bisnis kecil, namun ada berbagai perangkat yang harus disediakan untuk perkembangan bisnis UMKM. Salah satunya adalah website murah untuk UMKM. Mengapa harus menggunakan website?

 Pengertian website adalah halaman digital yang memungkinkan orang di seluruh penjuru dunia membukanya. Halaman digital tersebut bisa dijadikan semacam toko, kantor atau galeri yang menyajikan berbagai sampel hasil karya Anda yang di susun dalam sebuah portofolio.

Penggunaan website seperti terkesan mahal dan menghamburkan uang. Namun Anda sebagai pelaku UMKM bisa jadi membutuhkannya. Benarkah demikian?

Website Murah
Website penting untuk UMKM. Sumber Unsplash

Mengapa UMKM Memerlukan Website?

Saat ini adalah saat dimana dunia sedang bergerak ke serba digital. Satiap orang saat ini mampu mengakses dunia luar hanya melalui perangkat yang ada di saku mereka. Kemajuan ini jika tidak diimbangi dengan penyediaan layanan digital untuk UMKM, maka UMKM tersebut akan semakin tertinggal.

Karena itu penting bagi UMKM untuk memiliki website guna memperlancar bisnis. Anda jika menggunakan website bisa lebih memiliki visibilitas disamping menggunakan media sosial dalam melakukan upaya marketing. Apalagi jika Anda menggunakan jasa SEO dalam mencapai peringkat SERP untuk website Anda.

Anda bisa memaksimalkan lokal SEO untuk bisnis Anda. Dengan menggunakan lokal SEO, maka bisnis Anda akan semakin fokus dalam menjangkau pangsa pasar yang terssedia, yakni pangsa pasar yang lokasinya tidak jauh dari bisnis Anda. Selain itu, dengan lokal SEO maka kompetitor di dunia maya Anda akan dilokalisir dalam satu kota atau area saja.

Website di Masa Pandemi

Keberadaan pandemi yang melanda dunia menjadikan aktifitas apapun yang menyebabkan kontak fisik selalu di batasi. Hal ini menjadikan semua bisnis yang memerlukan kontak fisik menjadi terkena imbasnya. Banyak usaha mulai gulung tikar karena wabah Covid 19.

Namun hal berbeda terjadi pada dunia digital. Berbagai layanan jarak jauh menjadi ramai. Mulai dari sekolah daring, pekerjaan yang dilakukan dari rumah dan bahkan melakukan aktifitas jual beli tanpa harus meninggalkan rumah.

Disinilah peran website di masa pandemi menjadi sangat berarti. Maka beruntunglah unit usaha yang telah memiliki website sebelum pandemi melanda. Mereka tinggal melakukan sedikit penyesuaian dan melanjutkan upaya penjualannya melalui website.

Di masa pandemi inilah SEO lokal juga bisa bekerja dengan baik. Para pengguna internet yang di batasi pergerakannya karena aturan pembatasan sosial yang ketat tentu lebih memilih bisinis terdekat untuk memenuhi kebutuhannya.

Selain SEO lokal, hal yang bermanfaat di masa pandemi adalah platform sosial media, marketplace dengan setelan lokal, Google My Business dan juga jasa ekspedisi untuk pengantaran barang.

Website Murah
Di masa pandemi, media sosial dan juga website banyak di akses karena adanya pembatasan sosial. Sumber Unsplash

Membangun Website Murah Untuk UMKM

Ada beberapa cara atau trik untuk membangun website murah UMKM. Sebenarnya Anda bisa menggunakan beragam cara, namun untuk kemudahannya setidaknya Anda harus melakukan hal berikut ketika membangun website murah.

 1. Menggunakan paket hosting murah

Ada banyak paket hosting yang bisa di ambil ketika membangun sebuah website. Paket tersebut berkaitan dengan kapasitas penyimpanan website yang nantinya Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan paket hosting dengan harga rendah terlebih dahulu. Namun meskipun menggunakan paket dengan harga murah, pastikan Anda mempercayakan hosting pada perusahaan yang bonafid.

Hosting adalah rumah dari konten website keseluruhan. Karena itu, menggunakan hosting dengan layanan terbaik adalah penting. Jika bisnis Anda mulai merangkak dan Anda akan membuka layanan yang lebih, maka Anda bisa merubah paketan hosting yang Anda gunakan sewaktu-waktu.

2. Membuat konten sendiri

Anda bisa membuat konten Anda sendiri ketika website Anda sudah siap. Konten pada website berupa foto, video, infografis, tulisan dan mungkin file suara. Semunya tergantung pada kebutuhan. Sebagian dari konten tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis di website persediaan stok foto atau klip gratis.

Namun untuk segi profesionalitas, sebaiknya Anda menggunakan gambar Anda sendiri. Anda bisa menggunakan kamera DSLR sewaan untuk mengambil gambar kantor Anda atau ruangan produksi Anda dengan sudut pandang yang tepat.

3. Menggunakan template bawaan

Cara lain untuk menghemat pembuatan website adalah dengan menggunakan template bawaan. Menggunakan template premium memang menjadikan tampilan website Anda menjadi lebih menarik. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli template premium.

CMS seperti WordPress memiliki beragam template gratis bawaan yang bisa Anda gunakan. Bisa juga dengan menggunakan website builder lainnya seperti Wix, Site123, dan layanan lainnya yang juga menyediakan paket template website bawaan gratis. Meskipun template yang digunakan gratisan, namun dengan penataan konten dan kualitas yang bagus, maka secara keseluruhan kualitas website akan baik.

4. Tukar Jasa

Bisnis apa yang Anda miliki? Jika memungkinkan terjalin kerjasama antara bisnis Anda dengan penyedia layanan website maka Anda bisa melakukan barter jasa untuk mendapatkan website murah dengan tanpa mengeluarkan banyak uang. Ide ini mungkin terlihat konyol, namun tidak masalah pada dunia bisnis.

Salah saatu layanan jasa yang mungkin diperlukan oleh penyedia jasa pembuatan website adalah jasa fotografi, jasa edit video, penulis naskah dan berbagai jasa lain. Dengan membuka hubungan baik dan memulai bekerjasama dengan berbagai pihak maka relasi akan terjalin dengan kuat.

Website Murah
Anda bisa menghemat dalam membangun website. Sumber Unsplash

Inilah Website Murah Untuk UMKM

Khaira Digital menyadari kebutuhan website untuk kalangan UMKM yang sedang berkembang. Karena itu, terdapat paket murah website yang di sediakan Khaira Digital untuk UMKM. Dengan penggunaan modal yang terbatas, tentu Anda akan berpikir dua kali lipat ketika harus membelanjakan modal Anda untuk sebuah website.

Namun Anda tidak harus mengeluarkan banyak modal untuk membangun sebuah website. Dengan menggunakan paket penyimpanan 2 giga, template yang bisa diakses menggunakan perangkat mobile dan fitur lainnya, biaya pembuatan hanya sebesar dua juta rupiah bisa menjadi pilihan Anda.

Semua hanya ada di Khaira Digital. Karena itu segera hubungi penyedia jasa pembuatan website Khaira Digital!

Leave a Comment