7 Tips Memaksimalkan Twitter Marketing

Twitter menjadi salah satu media sosial yang unik dan memiliki ciri khas yang berbeda dengan media sosial lainnya. Dengan platform yang menyediakan karakter yang terbatas, maka pengguna Twitter harus panda dalam mengolah kata untuk melakukan postingan panjang. Jika demikian apakah memungkinkan melakukan Twitter marketing di tengah pembatasan yang di lakukan oleh platform ?

Tips Twitter Marketing

Twitter rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk meraup pelanggan seperti halnya media sosial lainnya semisal Facebook, Instagram atau TikTok. Namun untuk melakukan pemasaran di Twitter diperlukan trik khusus yang mungkin bisa berbeda dengan media sosial lainnya. Inilah beberapa tips Twitter marketing :

Twitter Marketing
Twitter, salah satu platformmedia sosial populer dan tertua yang masih bertahan. Sumber Unsplash

1. Optimalkan profil Twitter

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pengerjaan profil Twitter. Logo merek anda harus berupa gambar profil akun Twitter. Unggah gambar sampul yang menggambarkan nilai merek anda. Jangan lupa untuk menulis deskripsi singkat yang fokus pada proposisi penjualan produk atau jasa anda.

Anda juga dapat menyertakan hashtag di deskripsi profil agar merek anda muncul di hasil pencarian saat seseorang mencari hashtag yang anda pasang. Jika merek anda telah bermitra dengan beberapa pihak yang terkenal, sebutkan nama pengguna mereka di deskripsi profil. Tambahkan tautan ke situs web anda di profil.

Jika merek anda memiliki nama pengguna yang pendek, ada kemungkinan brand anda akan diberi tag / disebutkan lebih sering oleh pengguna, influencer, dan merek lain. Karena itu pastikan nama pengguna anda pendek. Tambahkan kota anda sebagai lokasi jika pelanggan anda berasal dari kota yang sama atau kota sekitarnya.

2. Tentukan siapa yang Anda ikuti

Anda tentunya harus memiliki lebih banyak pengikut daripada akun yang diikuti. Ini seperti bukti sosial bahwa merek yang anda miliki sudah dikenal. Namun bukan berarti anda tidak mengikuti akun manapun. Sebagai sebuah merek di Twitter, anda harus mengikuti siapa saja yang memberi pengaruh utama di ceruk pasar anda, anggota tim anda, mitra dan kolaborator anda, dan lainnya.

Ketika seseorang mengikuti akun merek anda, lihat profil mereka untuk melihat apakah mereka relevan untuk diikuti. Ikuti kembali akun yang relevan. Gunakan alat untuk berhenti mengikuti akun yang berhenti mengikuti anda setelah anda mengikutinya.

Sebutkan merek, influencer, dan pemangku kepentingan lainnya di tweet anda sehingga mereka terlibat dengan tweet. Dengan cara ini anda dapat memanfaatkan audiens mereka. Trik ini sangat berguna untuk meningkatkan pengikut anda ketika anda baru saja mulai membangun profil di Twitter. Pastikan anda tidak mengikuti banyak akun dalam satu hari, karena Twitter akan melakukan penangguhan akun anda.

2. Konten Twitter

Saat anda baru saja mulai membangun reputasi di Twitter, anda tidak perlu menge-tweet beberapa kali sehari. Sekali atau dua kali sehari sudah cukup. Namun pastikan anda membuat tweet yang berkualitas. Twitter mengizinkan 280 karakter per tweet. Buat konten yang berkualitas, tandai akun yang relevan, sertakan gambar dan tautan.

Untuk meningkatkan jangkauan tweet anda, tandai akun yang relevan, dan gunakan hashtag yang relevan di tweet anda. Gunakan 1-2 hashtag per tweet. Tweet dengan 1-2 hashtag mendapatkan 21% lebih banyak interaksi dibandingkan dengan tiga atau lebih hashtag. Temukan hashtag terpenting anda dengan menggunakan Twitter Analytics dan lihat tweet teratas untuk itu. Pelajari karakteristik kunci dari tweet teratas ini.

Twitter Marketing
Pastikan konten anda bagus untuk diikuti pengikut. Sumber Unsplash

3. Hastag, gambar dan video

Temukan hastag yang tepat untuk tweet anda sebelum menge-tweet. Gunakan hashtag yang cukup populer dan memiliki relevansi dengan bisnis anda. Tweet dengan gambar mendapatkan 89% lebih banyak suka. Pastikan untuk menggunakan gambar yang relevan. Gambar mengungguli teks, tetapi video mengungguli gambar.

Video 6 kali lebih mungkin di-retweet daripada foto dan 3 kali lebih mungkin untuk di-retweet daripada GIF. Dengan video, anda dapat memberi tweet anda umur yang lebih panjang. Anda juga bisa siaran langsung di Twitter. Streaming langsung secara otomatis diposting sebagai tweet ketika streaming berakhir.

Buat polling dan Fleets di Twitter anda karena kedua fitur tersebut bisa dimanfaatkan. Fleets sendiri merupakan story mirip Instagram yang menghilang setelah 24 jam. Setelah mendapatkan beberapa pengikut kisaran 50 sampai 100, tingkatkan frekuensi tweet anda perharinya. Unsur-unsur iklan sepertinya tidak terlalu di patuhi di Twitter.

4. Tweet selama jam sibuk

Tweet yang diposting pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu memiliki CTR yang lebih tinggi daripada yang diposting selama hari-hari lain dalam seminggu. Waktu posting terbaik anda tergantung pada siapa saja audiens anda. Uji bagaimana tweet anda bekerja pada waktu dan hari yang berbeda.

Gunakan alat seperti Buffer atau Hootsuite untuk menjadwalkan tweet anda. Penjadwalan membuat pengerjaan lebih mudah di Twitter meskipun hanya sebuah tweet saja. Penjadwalan akan bermanfaat terutama jika anda harus memposting konten yang sama berulang kali selama beberapa minggu ke depan.

Buat utas tweet untuk membuat audiens mengetahui tweet anda sebelumnya yang terkait dengan suatu topik. Untuk membuat utas, cukup klik atau tekan tombol komentar pada tweet anda sebelumnya yang relevan dan posting konten anda.

5. Terlibat dengan konten orang lain

Sebuah merek harus terlibat secara strategis dengan tweet yang diposting oleh influencer industri, pelanggan, dan merek lain. Artinya anda harus terlibat dengan mereka. Perkuat ikatan anda dengan orang-orang yang anda ikuti dengan me-retweet tweet mereka. Tentu saja retweet yang anda lakukan hanya tweet yang relevan saja. Jangan lupa untuk menambahkan kutipan anda saat me-retweet.

Komentari tweet relevan yang diposting oleh akun yang berpengaruh yang menampilkan keahlian, jasa atau layanan anda. Pastikan untuk berkomentar segera setelah tweet diposting untuk mendapatkan pengaruh yang maksimal. Metode ini akan mendukung Twitter marketing anda.

Adakalanya tweet menjadi viral dan dilihat banyak orang karena adanya hal konyol. Jadilah lucu dengan tweet anda. Strategi lain dapat berupa terlibat dengan tweet terbaru dan teratas di tagar yang relevan. Tujuan anda harus memberikan nilai.

Jangan melakukan klik suka, komentari, atau retweet banyak tweet sekaligus. Jangan menggunakan bot dan layanan otomasi lainnya untuk menyukai, mengomentari, dan me-retweet agar akun anda selamat dari suspend.

6. Sematkan Twitter

Twitter dapat disematkan di situs web atau blog anda. Dengan menggunakan Twitter Publish, anda dapat membuat kode HTML untuk menyematkan tweet yang anda posting, satu tweet, profil dengan tombol ikuti, momen, tweet yang anda sukai, tweet dalam tagar, dan banyak lagi. Sangat umum bagi website merek untuk menyematkan tweet mereka di situs web dan blog mereka.

7. Menggunakan Twitter Cards

Jika anda menemukan tweet berisikan link dam akan muncul pilihan lain yaitu View Summary atau Lihat Ringkasan dan jika diklik akan muncul informasi lebih lanjut mengenai link tersebut lengkap dengan gambarnya, kalau ada video pun bisa diputar, maka itu adalah Twitter Cards. Jadi tweet tersebut bisa dikatakan melewati batasan 140 karakter Twitter jika menggunakan Twitter Cards.

Dengan menggunakan fitur ini anda bisa membuat tweet menjadi lebih informatif, akan lebih menarik perhatian dan tentunya dalam Twitter marketing sangat dibutuhkan. Anda akan mendapatkan link atribusi ke username Twitter anda, ringkasan singkat mengenai artikel yang dishare di Twitter dan gambar yang ada di artikel tersebut.

Dengan menggunakan fitur ini tentu akan meningkatkan popularitas akun Twitter anda dan bisa menambahkan followernya dengan mudah. Kunjungi halaman Twitter Cards di Developer Twitter, login dengan akun Twitter anda dan validasi salah satu artikel anda. Twitter Cards memiliki kode markup sendiri dan harus ditambahkan disetiap halaman di website atau blog anda.

Twitter Marketing
Twitter marketing menggunakan trik tersendiri. Sumber Unsplash

Penutup

Dengan adanya pembatasan karakter, Twitter menjadikan dirinya sebagai platform media sosial yang anti mainstream. Karena itulah sampai detik ini, dengan masih menggunakan cara tradisionalnya, Twitter sanggup mempertahankan jutaan pengguna di seluruh dunia. Dan tentu saja sangat disayangkan jika tidak di dimaksimalkan melalui program Twitter marketing.

Itulah beberapa tips mengenai Twitter marketing. Dengan membuat akun Twitter dan menghidupkannya, maka merek atau perusahaan anda akan terlihat profesional dan memudahkan pelanggan untuk terhubung dengan anda melalui pesan di Twitter. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment