TikTok Marketing untuk Mendongkrak Penjualan

Setiap waktu tren dalam penggunaan media sosial terkadang mengalami perubahan atau pergeseran. Sebuah aplikasi pendatang baru yang populer saat ini adalah TikTok. Konon TikTok dinobatkan sebagai platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat, menjadikannya sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh saat ini. Karena itu artikel ini akan membahas mengenai peluang menggunakan TikTok marketing untuk bisnis.

Sebenarnya tidak hanya TikTok saja. Aplikasi video pendek mengalami pertumbuhan pesat selama pandemi COVID-19, karena banyak pengguna memiliki banyak waktu untuk menjelajahi platform pendatang baru. Selain itu karena adanya pembatasan sosial, maka banyak orang mulai melakukan hubungan atau bersosial dengan menggunakan cara lain yakni dengan aplikasi.

Peluang Menggunakan TikTok Marketing

TikTok Marketing
Tik Tok menjadi salah satu aplikasi yang banyak diunduh di Asia. Sumber Unsplash

Diperkirakan TikTok memiliki 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dan itu bisa jadi akan terus bertambah. Instagram membutuhkan waktu sekitar enam tahun sejak diluncurkan untuk mendapatkan jumlah pengguna aktif bulanan yang sama dengan yang berhasil dicapai TikTok. TikTok hanya memerlukan waktu kurang dari tiga tahun.

Pemasar tertarik pada TikTok karena mencerminkan tren media sosial untuk kreativitas dan kolaborasi di antara audiens muda. Sifatnya yang serba cepat menjadikan pengguna lebih lama menggunakan aplikasi. Rata-rata pengguna menghabiskan waktu 52 menit. 90 persen dari semua pengguna TikTok mengakses aplikasi setiap hari.

Tidak hanya itu, mereka sangat aktif di aplikasi. Globalwebindex pada 2019 mengamati perilaku pengguna TikTok dalam kurun waktu satu bulan menunjukkan bahwa 68 persen pengguna TikTok menonton video orang lain dan 55 persen mengunggah video mereka sendiri.

Dengan kenyataan seperti itum maka TikTok bisa menjadi lahan baru untuk memasarkan produk atau jasa yang potensial. Berbagai platform media sosial dari Facebook dan juga Instagram melakukan hal serupa. Mereka menjaring pengguna dalam jumlah besar kemudian.

Mengenal Platform TikTok

TikTok dikenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk mengolah video pendek. Pengguna dapat membuat dan mengupload video dengan maksimaldurasi 15 detik, menggabungkan musik dengan filter dan efek pengeditan, atau lipsinc dan menari mengikuti lagu .

Format videonya yang memiliki durasi pendek ternyata memberikan tantangan tersendiri bagi penggunanya dalam mengolah video sekreatif mungkin. Pembuat TikTok menggunakan platform ini untuk mengkampanyekan perubahan dan memberikan peluang pada pengguna untuk menyebarkan konten yang lebih bermanfaat tidak hanya kontnen tidak berguna.

Seperti Taylor Price yang menawarkan saran keuangan kepada lebih dari 830 ribu pengikut. Banyak juga orang lain yang menyebarkan hal baik seperti petuah agama, tips atau trik, tutorial dan sebagainya meskipun sebagian yang lain mendapatkan dampak negatif media sosial dengan keberadaan konten sampah, tidak mendidik bahkan yang merusak moral generasi muda.

Langkah TikTok Marketing

TikTok Marketing
Ekspresi pengguna menjadi salah satu hal yang menarik pada aplikasi media sosial. Sumber Unsplash

1. Memahami Pengguna TikTok

TikTok paling populer di kalangan remaja di seluruh dunia, yang umumnya merupakan pengguna awal platform media sosial baru. Mereka mengetahui sejak awal tentang cara menggunakan dan menyesuaikan platform dengan selera dan kebutuhan mereka, dan banyak yang telah mengumpulkan ribuan pengikut selama beberapa tahun terakhir.

Meskipun TikTok sangat menarik bagi generasi muda, namun tampaknya TikTok mempertahankan penggunanya seiring bertambahnya usia. TikTok tersedia di 154 negara. Statistik Indeks Web Global dari 2019 menunjukkan bahwa persebaran penggunaan TikTok tertinggi berada di kawasan Asia.

Para pemasar menyadari peluang ini. Dengan sebagian besar penggunanya adalah usia muda, maka banyak brand yang lebih suka menggandeng influencer untuk melakukan upaya pemasarannya melalui TikTok. Biasanya memang pengguna usia muda lebih suka mengamati apapun yang di unggah oleh influencer idola mereka.

Berbagai merk dunia seperti Nike, Skittles, Fenty Beauty, Pepsi, Calvin Klein, Sony, dan FIFA menggunakan peran influencer untuk memasarkan produk atau jasa mereka, atau paling tidak melakukan upaya branding di kalanga pengguna TikTok.

2. Mengetahui Influencer TikTok

Para TikTokers merupakan bintang sebenarnya. Biasanya nama mereka kurang dikenal di dunia media yang lebih luas tetapi akrab bagi sebagian besar anak berusia 14 tahun. Karena itu banyak dari bintang berpengaruh berbondong-bondong menggunakan TikTok dan memperoleh banyak pengikut. Mereka sebelumnya juga menggunakan media sosial lain seperti YouTube dan Instagram.

Influencer ini berpengalaman dalam memahami fungsi TikTok, dan dapat membuat konten yang kreatif dan mengikuti tren terbaru. Pada Desember 2019 , influencer TikTok berusia 16 tahun, Charlie D’Amelio mampu mengumpulkan lebih dari 100 juta pengikut.

Dia secara teratur berkolaborasi dengan merek dan merilis produk kecantikan Morphe. Ia juga mempromosikan pesan dengan UNICEF. Langkah TikTok marketing dengan menggunakan influencer memang sangat efektif untuk pengguna TikTok.

3. Mengetahui Cara kerja TikTok

Pengguna TikTok dapat menemukan video melalui penggunaan tagar. Saat masuk ke aplikasi, setiap pengguna melihat sajian beranda yang merupakan kumpulan konten unggulan. Beranda merupakan tempat terbaik untuk menemukan konten baru dan diikuti pengguna. TikTok menempatkan konten yang dianggap menarik di beranda berdasarkan algoritma mereka.

Algoritme TikTok bekerja pada faktor-faktor berikut :

  • Pengaturan individu Anda seperti pengaturan negara, bahasa, dan perangkat.
  • Informasi video seperti penggunaan tagar, teks, suara dan juga genre.
  • Interaksi pengguna seperti jenis video yang anda gunakan untuk berinteraksi, akun yang anda ikuti, dan dengan siapa anda berinteraksi.

Platform TikTok memilih konten yang dianggap menarik untuk setiap pengguna unik dan menempatkan konten itu di dalam halaman beranda. Inilah sebabnya mengapa tantangan, lelucon, dan menari menjadi sering ditemukan di aplikasi ini. Hal ini karena tagar populer sering digunakan.

4. Menggunakan TikTok Marketing

Jika anda sudah mengetahui hal-hal yang diperlukan sebelum melakukan pemasaran di TikTok maka tentu anda harusnya mengambil langkah untuk melakukan pemasaran di TikTok. Ada empat cara agar pemasar dapat mulai menggunakan TikTok sebagai sarana marketing :

Saluran bermerek

Anda bisa membangun laman bermerek dan memulai bereksperimen dengan beragam jenis konten. Konten dapat dibuat relatif cepat dan bahkan tanpa anggaran. Hal terbaik yamg harus dilakukan adalah mengikuti hashtag yang sedang tren dan terlibat dengan meme terbaru dan menerapkannya ke merek anda.

Memanfaatkan filter, efek, soundbites, dan alat pengeditan bawaan aplikasi untuk membuat dan berbagi konten otentik. Jangkauan organik di TikTok sangat besar, tetapi keterlibatan yang berdampak hanya diperoleh jika konten anda benar-benar disukai dan sejalan dengan audiens anda dan mengikuti aturan platform.

Berkolaborasi dengan influencer

Cara cerdas untuk memanfaatkan TikTok adalah dengan memanfaatkan influencer. Influencer yang aktif menggunakan TikTok telah mampu membangun pengikut yang sangat besar dan mereka terlibat melalui posting konten berkualitas.

Mereka memahami TikTok dan tahu cara menggunakan alat, fitur, dan trennya untuk keuntungan mereka. Anda dapat berkolaborasi dalam kampanye yang menggunakan keterampilan dan pengetahuan influencer.

Menggunakan hashtag

Anda bisa menggunakan hastag yang tepat. Tantangan hastag dengan performa terbaik menarik jutaan pengguna untuk membuat video kampanye tersebut. Contoh yang bagus adalah kampanye kosmetik Elf dengan menggunakan tagar #eyeslipsface yang dilihat lebih dari 4 miliar penayangan dan 5 juta kontribusi video. Iklan tersebut dinyatakan sebagai kampanye pemasaran TikTok paling sukses oleh AdWeek.

Jalankan iklan TikTok

TikTok Marketing
TikTok memberi peluang untuk menjadikan aplikasi tersebut sebagai lahan marketing. Sumber Unsplash

TikTok adalah salah satu saluran periklanan baru yang paling menarik karena memiliki skala platform lain seperti Instagram. Dengan menggunakan iklan TikTok dapat lebih terjangkau untuk menghasilkan tayangan dan klik. Pemasar dapat menjalankan iklan in-feed, tantangan hashtag bersponsor, dan iklan banner di dalam beranda aplikasi.

Selain menargetkan usia, lokasi, dan demografi, pengiklan dapat menargetkan orang-orang yang telah melihat konten yang serupa dengan mereka. Pengiklan dapat mendaftar ke TikTok for Business untuk menjalankan kampanye iklan.

Penutup

TikTok yang semakin berkembang pesat tentu sangat dsayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk pemasaran. Dengan langkah TikTok marketing yang handal, maka produk anda dapat di pasarkan dengan menjangkau audiens yang tepat. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda. Terima kasih.

Leave a Comment