Teknologi AI dalam Kehidupan Manusia

Semakin majunya peradaban manusia, maka semakin berkembang pula teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang saat ini sedang dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia adalah teknologi AI atau artificial intelligence.

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan saat ini mulai diterapkan di berbagai perangkat elektronik seperti komputer, elektronik rumah tangga dan juga smartphone. Dengan demikian perangkat tersebut bisa melakukan tugas tertentu tanpa harus dikendalikan secara manual oleh manusia.

Teknologi AI
Algoritma adalah kunci kinerja AI. Sumber Unsplash

Apa itu Teknologi AI (Artificial Intelligence)

Istilah ini muncul dan dikenal di tengah masyarakat awam sejak kemunculannya pada perangkat smartphone, yakni kamera AI. Kamera dengan teknologi AI disinyalir menjadi salah satu kamera yang tercanggih pada smartphone saat ini. Lalu sebenarnya teknologi AI itu seperti apa?

Pengertian Teknologi AI

Yang dimaksud teknologi AI atau Artificial Intelligence menurut Mc Leod dan Schell merupakan aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia. Karena kecerdasan tersebut adalah buatan, maka faktor keberadaan manusia adalah mutlak.

Teknologi AI tersebut adalah hasil perkembangan dari teknologi yang diciptakan manusia. Dengan demikian, seperti halnya teori evolusi, kecerdasan buatan diciptakan manusia yang sebelumnya melalui fase perkembangan teknologi yang mendukung terbentuknya kecerdasan buatan.

Tujuan dari diciptakan kecerdasan buatan adalah untuk membantu manusia dalam pekerjaannya. Dimana sebelumnya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan manusia harus ikut campur, namun berkat adanya kecerdasan buatan maka campur tangan manusia sudah tidak ada. Artinya dalam proses penyelesaian pekerjaan tersebut, semua sudah di handle oleh sistem komputasi.

Berbagai macam teknologi AI

Ada berbagai jenis teknologi AI yang digunakan pada perangkat yang diproduksi manusia, inilah tingkatan dari teknologi kecerdasan buatan saat ini !

Artificial Narrow Intelligence (ANI)

Jenis teknologi kecerdasan buatan ini memiliki keterbatasan, yakni hanya memiliki satu kemampuan saja. Karena hanya memiliki satu kemampuan saja maka bisa dipastikan hasil yang dicapai lebih bagus dari kinerja teknologi ANI.

Artificial General Intelligence (AGI)

Jenis teknologi kecerdasan buatan ini adalah suatu sistem yang bisa bekerja dengan level kognitif setara manusia. Sistem ini mencakup pemrosesan bahasa, pemrosesan gambar, hingga fungsi pengambilan keputusan.

Artificial Super Intelligence (ASI)

Teknologi kecerdasan buatan ini dapat mengambil keputusan, berpikir rasional, hingga menciptakan temuan. Jenis teknologi ini merupakan konsep kasar dan masih dalam tahap perkembangan.

Cara Kerja Artificial Intelligence

Seperti cara kerja dari mesin pencarian, teknologi kecerdasan buatan ini merupakan teknologi yang dihasilkan dari pengolahan data yang sudah masuk. Dengan menggunakan algoritma tertentu, maka data tersebut akan memiliki pola tertentu pula.

Ketika algoritma tersebut memproses data maka sistem akan menguji sekaligus mengukur performanya secara mandiri. Hasil dari proses pengukuran tersebut maka akan dihasilkan kemampuan baru dari sistem. Kemampuan baru tersebut maka akan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada, begitu seterusnya.

Teknologi AI
Teknologi Ai bekerja dengan basis data. Sumber Unsplash

Karena teknologi kecerdasan buatan adalah sebuah mesin algoritma, selama perangkat pendukung tidak ada kesalahan atau kerusakan maka kinerjanya akan bisa terus berjalan. Berbeda dengan manusia yang memerlukan jam istirahat, teknologi ini mampu berjalan dan bekerja secara kontinyu.

Selain itu, teknologi ini mampu menyelesaikan permasalahan apapun yang sebelumnya telah diajarkan dalam sebuah algoritma. Oleh karena itu, kedepannya kemampuan ini benar-benar akan menggantikan pekerjaan manusia utuk penyelesaian masalah tertentu.

Teknologi ini harus didukung oleh sistem dan komponen yang sangat kompleks dan bukan hanya sistem komputerisasi saja agar bisa bekerja. Tujuan di masa depan memang meniru perilaku manusia secara keseluruhan, mulai dari tindakan hingga kemampuan berpikir.

Kehebatan teknologi AI bisa dilihat dari kemampuan sistem yang bisa melakukan hal berikut ini :

  • Bertindak selayaknya manusia (Acting humanly)
  • Berpikir seperti manusia (Thinking humanly)
  • Memiliki dan berpikir rasional (Think rationally)
  • Bertindak rasional (Act rationally)

Contoh Artificial Intelligence

Ada berbagai macam contoh penggunaan artificial intelligence pada kehidupan sehari hari. Inilah diantaranya :

Penggunaan pada aplikasi marketplace

Aplikasi marketplace untuk memudahkan para penggunanya maka pengebang aplikasi menerapkan penggunaan teknologi AI pada apliaskasi.

Rekomendasi produk

Jika Anda pernah membeli suatu produk, atau memilih suatu produk pada aplikasi marketplace, maka pada homepage marketplace Anda akan muncul penawaran produk serupa dari produk yang di masa lalu pernah Anda beli. Dengan teknologi ini tentunya pengguna aplikasi akan terbantu dengan mudah mendapatkan produk yang diinginkan.

Pesan pengingat

Adakalanya ketika Anda jarang berbelanja atau jarang membuka aplikasi marketplace yang ada pada smartphone Anda, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui jalur komunikasi lain seperti WhatsApp. Pemberitahuan ini sebagai pengingat bahwa Anda sudah lama tidak mengunjungi dan berbelanja di aplikasi.

Penggunaan pada smartphone

Selain aplikasi yang ada pada smartphone, Anda akan mendapati teknologi ini digunakan pada perangkat smartphone sendiri. hal ini 

Buka kunci dengan fitur face ID

Beberapa merk smartphone untuk membuka kunci dari mode siaga tidak perlu menggunakan angka pin atau tombol berpola. Anda hanya perlu menunjukkan wajah Anda melalui  dan secara otomatis smartphone akan terbuka dengan sendirinya. Teknologi AI memungkinkan smartphone bisa mengenali wajah pemilik perangkat karena sebelumnya telah di set terlebih dahulu. 

Kamera AI

Pada smartphone tidak hanya ada pada pengenalan wajah saja. Namun saat ini kamera yang ada pada smartphone mampu melakukan banyak hal. Salah satunya adalah mengambil gambar secara otomatis ketika objek yang ditembak kamera sedang tersenyum. Selain itu fitur bokeh pada kamera adalah produk teknologi ini. 

Penggunaan pada Media Sosial

Ternyata penggunaan teknologi AI tidak hanya sebatas pada perangkat dan aplikasi marketplace saja. Namun aplikasi ataupun website media sosial saat ini juga menggunakan teknologi AI.

Teknologi AI
Untuk memudahkan pengguna, saat ini media sosial menggunakan teknologi AI. Sumber Unsplash

Tag otomatis

Jika Anda menggunakan Facebook Anda tentu pernah ditandai melalui sebuah foto. Facebook memiliki kemampuan untuk menandai secara otomatis foto yang akan diunggah melalui jejaring sosialnya. Sistem dari Facebook mampu mengidentifikasi foto yang ada pada Facebook dan melacak identitas pemilik foto.

Melacak penggunaan perangkat

Selain itu, beberapa aplikasi dari media sosial memiliki kemampuan pelacakan perangkat yang digunakan oleh penggunanya. Dengan demikian, media sosial bisa memberikan pelayanan berupa rekomendasi aplikasi yang sesuai dengan perangkat yang digunakan. Hal ini untuk menghindari perangkat yang tidak kompatibel ketika diinstall aplikasi.

Itulah ulasan mengenai teknologi AI yang bisa kami sampaikan. Dengan menggunakan teknologi AI tentunya pekerjaan manusia menjadi lebih terbantu. Selain itu kemungkinan teknologi inilah yang nantinya bisa menyaring beragam konten yang ada di internet. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar