Apa Itu SEO Lokal Dan Bagaimana Manfaatnya Untuk Trafik Website

Persaingan pada SEO, beragam bentuk, ada yang mudah dan ada yang sulit untuk di capai. Jika Anda masih baru bergabung di SEO dan mendapati persaingan yang sulit, maka cobalah untuk melakukan seo lokal. Apa itu Sebenarnya? Untuk lebih jelasnya simak pembahasan pada artikel ini.

Persaingan yang mudah dan sulit biasanya terjadi ketika sebuah kata kunci memiliki jumlah pesaing yang banyak dan jumlahnya terus bertambah. Hal ini bisa saja terjadi karena kata kunci tersebut memiliki nilai bisnis. Tentu banyak yang mengincarnya untuk memperoleh penghasilan.

Namun bagi yang baru saja melakukan optimasi akan susah untuk ikut dalam persaingan tersebut. Karena bisa jadi karena websitenya masih baru dan jumlah backlink yang dimiliki masih sedikit.

Oleh karena itu, anda mungkin lebih baik untuk melakukan seo ini terlebih dahulu. Karena dengan jangkauan wilayah kata kunci yang ditarget tidak terlalu luas seperti kata kunci yang umum yang biasanya di target.

Contoh SEO kata kunci umum adalah “Jasa Backlink” sedangkan untuk SEO lokal kata kunci lokal nya adalah “Jasa Backlink Jakarta”. Dengan adanya tambahan weilayah tersebut, maka jumlah pesaingnya juga akan berkurang, sehingga lebih mudah untuk di kerjakan.

Baca juga : Pengertian Digital Marketing

Local SEO
Local SEO, src:spotonwifi.com

SEO Lokal

SEO Lokal merupakan jenis SEO yang mengoptimalisasi mesin pencarin berdasarkan wilayah tertentu. Dengan ini anda bisa mendapatkan banyak trafik dari wilayah yang ditentukan. Dengan jumlah pesaing yang jumlahnya tidak banyak.

Selain menampilkan website hasil optimasi yang anda kerjakan di halaman pencarian, anda juga bisa memanfaatkan Lokal SEO untuk menampilkan lokasi google maps yang bisa anda daftarkan di Google Bisnis ku.

Tentu website menjadi hal yang paling utama yang ditargetkan untuk mendapatkan rangking yang bagus pada halaman mesin pencarian. Tidak terkecuali jika anda menggunakan SEO lokal. Perbedaanya hanya pada kata kunci yang ditargetkan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Namun perbedaan lainnya yang paling mencolok adalah munculnya lokasi google maps pada halaman hasil pencarian. Tentu menjadi hal yang tidak biasa jika dibandingkan ketika saat melakukan pencarian yang umum.

Jenis optimasi ini cocok sekali digunakan untuk website yang menjalankan bisnis lokal. Misalkan sewa barang atau kendaraan, katering, paket wisata, dan masih banyak lagi yang bisnis tersebut tidak bisa digunakan atau melayani di luar daerah. Kecuali jika bisnis tersebut memiliki cabang da luar daerah sehingga bisa di hadle penangannya.

Baca : Jenis Digital Marketing

Local SEO
Local SEO, src: brightone.online

Manfaat SEO Lokal

Mengapa hal ini perlu anda lakukan? Tentu banyak manfaat dari jenis SEO yang akan anda dapatkan.

Banyak Trafik Lokal

Perlu anda ketahui bahwa “35% Pencarian di Google adalah pencarian lokal”. Berarti jika anda menggunakan SEO lokal, maka website anda akan lebih kuat di daerah yang anda targetkan dibandingkan dengan website lain yang tidak menggunakan jenis SEO ini.

Ketika website anda lebih kuat maka trafik pengunjung lokal akan meningkat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa SEO lokal cocok digunakan untuk bisnis lokal. Dengan banyaknya pengunjung website lokal maka peluang menjadi pelanggan pun semakin bisar.

Lebih Mudah

SEO lokal lebih mudah dibandingkan dengan SEO yang umum. Karena dari jumlah pesaingnya pasti akan sangat berbeda. Jika umum maka pesaingnya bisa mencapai satu negara, sedangkan jika SEO lokal maka pesaingnya hanya satu wilayah tertentu saja.

Selain itu dengan pernyataan google bahwa “35% Pencarian di Google adalah pencarian lokal” menandakan apa yang anda kerjakan sejalan dengan apa yang google jalankan, oleh karena itu untuk mengerjakan SEO lokal tentu lebih mudah.

Cocok Untuk Bisnis Lokal

Bisnis lokal merupakan bisnis yang tidak bisa digunakan atau melayani pelanggan di wilayan=h berbeda dengan tempat bisnis itu menetap. Oleh karena itu mencari pelanggan pun tidak perlu jauh-jauh seluruh negeri, cukup fokus ditargetkan untuk mencari pelanggan pada daerah tertentu saja.

Karena meskipun anda mencari pelanggan di luar daerah, maka ujung-ujungnya anda tidak bisa melayaninya. Maka akan lebih baik jika menggunakan SEO lokal untuk bisnis lokal yang sudah kami sebutkan diatas.

SEO Lokal - Google Maps
SEO Lokal – Google Maps

Mengenalkan Kantor

Lalu, untuk lebih menguatkan website anda, perlu untuk membuat lokasi bisnis di Google Bisnisku. Hal ini bisa digunakan untuk menguatkan sekaligus untuk menampilkan lokasi kantor bisnis anda. Karena pada pencarian lokal, yang ditampilkan pada mesin pencarian tidak hanya website saja, namun lokasi google maps juga turut ditampilkan.

Mengapa perlu? Karena selain untuk salin menguatkan SEO website dan google maps, anda bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan adanya lokasi kantor.

Karena tidak sedikit orang yang mempertimbangkan ada atau tidaknya kantor bisnis tersebut karena berada di wilayah yang sama. Dengan begitu jika terjadi sesuatu dengan produk atau layanan yang dipesan, bisa dipertanggung jawabkan atau dipastikan dengan mendatangi kantor tersebut.

Baca juga : Inilah Manfaat dari SEO untuk Bisnis

Sekian dulu pembahasan tentang SEO lokal dari kami. Pada akhirnya jenis SEO lokal memang perlu dipilih oleh orang yang mempunyai bisnis lokal, karena target pasarnya juga hanya berada di wilayah itu saja.

Namun tidak menutup kemungkinan jika bisnis lokal menargetkan kata kunci yang umum, karena bisa jadi bisnis tersebut memiliki cabang yang ada di luar daerah sehingga jika ada kustomer dari daerah lain ada yang menanganinya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jika ada salahnya kami mohon maaf, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment