Apa Itu SEO Friendly Dan Bagaimana Cara Menerapkannya Pada Website

Sebelumnya sudah beberapa kali disinggung mengenai apa itu SEO, lalu apa bedanya dengan SEO Friendly? Mari kita ulas mengenai hal tersebut pada artikel kali ini.

Karena banyak sekali kita temui di berbagai website yang menyebutkan sesuatu yang memiliki spesifikasi SEO Friendly seperti tema website, tema blog, artikel, url dan masih banyak lagi yang memiliki spesifikasi tersebut.

Apa Itu SEO Friendly

“SEO” merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti Optimalisasi Mesin Pencari dengan maksud mengupayakan bagaimana caranya agar sebuah website bisa memiliki peringkat yang bagus pada mesin pencarian sepeti Googlr Search, Yahoo, Bing atau Baidu. Sedangkan “Friendly” artinya ramah, bersahabat atau mudah bergaul.

Jadi jika digabungkan menjadi SEO Friendly maka artinya adalah ramah seo atau mudah seo. Hal ini berarti merujuk pada sebuah website atau konten yang memiliki struktur konten yang sesuai atau mudah untuk dilakukan seo.

Karena tidak hanya sebuah website saja yang dituntut untuk sesuai dengan standar-standar seo, namun ada fakto penunjang lainnya yang mesti sesuai dengan standar-standar seo seperti melakukan update artikel secara rutin dengan isinya yang seo friendly.

Baca Juga : Manfaat SEO untuk Bisnis

SEO Friendly
SEO Friendly, src: searchenginejournal.com

Baca juga : Cara Kerja SEO secara Lengkap

Penerapan SEO Friendly

Berikut akan kami berikan tips mengenai website dan konten yang seo friendly, yang mungkin bisa anda terapkan pada website anda masing-masing/

Website SEO Friendly

Untuk menerapkan konsep seo, maka perlu lah diawali dari melakukan seo pada website itu terlebih dahulu. Karena jika base nya atau tempat utama nya sudah sesuai dengan seo, maka hal-hal yang mengikutinya juga akan lebih mudah untuk ditepakannya seo.

Dengan melakukan perbaikan website agar sesuai dengan seo, maka artikel atau konten yang didalamnya juga akan ikut terbantu dengan website yang sudah terlebih dahulu menerapkan seo.

Struktur Desain Website

Sebuah website pastinya dibangun dengan berbagai struktur. Namun karena orang yang membuat website berbeda-beda maka tidak mesti satu orang menggunakan struktur yang sama untuk membangun website.

Terkadang meski tampilan yang diharapkan sama, tapi bisa jadi strukturnya berbeda-beda. Struktur website ini berkaitan dengan tema atau desain website anda pakai, maka dari itu pilih-pilih lah dalam memakai tema.

Terlepas dari struktur yang berbeda-beda tersebut, anda mesti memastikan jika website anda sesuai dengan standar seo. Karena setiap mesin pencarian ada yang namanya robot, contohnya robot Google.

Nah robot ini lah yang akan memeriksa apakah website anda sudah sesuai dengan seo atau kah belum. Jika sesuai dan hasilnya baik, maka ada kemungkinan jika website anda ditampilkan di hasil pencarian dengan peringkat yang bagus.

Wesbite SEO Friendly
Wesbite SEO Friendly, src marketbitz.com

Kenyamanan Desain Website

Kayamanan disini maksudnya adalah memberikan kepuasan kepada pengguna terkait dari website yanga anda berika kepada pengguna. Contohnya adalah dengan menyajikan website dengan pemakaia yang tidak membingungkan dan tidak menyusahkan pengguna seperti navigasi website dan yang lainnya.

Di dalam desain ada yang namanya user experience artinya pengalaman pengguna. Maksudnya adalah bagaimana suatu desain tersebut bisa nyaman dan tidak membingungkan pengguna ketika memakai website tersebut. Hal ini menjadi sangat penting karena bisa memudahkan pengguna untuk menerima informasi yang anda berikan.

Baca juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Konten Website

Selain dari sisi internal website, konten yang disajikan juga mesti berkualitas. Artinya konten tersebut harus berisi informasi yang bagus dan berbeda/unik dibandingkan dengan informasi yang serupa pada website lainnya. Konten yang dimaksud disini tidak sebatas konten yang ada pada halaman utama, namun sama halnya pada artikel yang anda publish di website anda.

Karena jika konten tersebut dinilai indentik dengan konten website lainnya maka robot mesin pencari akan menganggap bahwa website anda melakukan spam dan berujung pada seo yang buruk. Selain itu masih ada beberapa poin lagi terkait pada konten ini, berikut ulasannya:

Memilih Keyword atau Kata Kunci

Untuk memiliki kemungkinan besar mendapatkan pengunjung, maka perlu dianalisis terlebih dahulu apa keingin dari pengunjung. Salah satu nya adalah analisis kata kunci. Dengan memilih kata kunci dengan jumlah pencariannya yang banyak maka kemungkinan pengunjung untuk mencari topik pada kata kunci tersebut juga akan banyak.

Banyak tools-tools gratis yang sudah disediakan oleh orang baik, anda bisa mencarinya di google untuk mendapatkannya. Dengan begitu anda akan tahu apa yang akan anda bahas berdasarkan topik yang anda temukan.

Penggunaan Keyword

Setelah menemukan kata kunci yang dibahas langkah selanjutnya adalah penggunaan kata kunci tersebut. Kata kunci sebaiknya muncul pada bagian-bagian berikut:

  • Judul Halaman
  • Sub Heading
  • Paragraf Pertama

Selain itu jumlah kata kunci yang anda tampilkan pada konten tersebut juga mesti diperhatikan, kami biasanya memunculkan kata kunci dalam sebuah artikel sebanyak 4. Namun jika kata kunci terlalu banyak muncul dalam sebuah artikel juga tidak bagus, karena bisa dianggap span oleh robot google. Oleh karena itu perhatikan dengan baik penggunaan kata kunci tersebut.

SEO Friendly
SEO Friendly, src: reachfirst.com

Promosi Website

Yang terakhir pada ulasan kali ini adalah melakukan promosi website anda. Karena jika konten yang anda buat dengan sebagus mungkin tapi tidak ada orang yang melihatnya, maka akan sia-sia artikel website yang anda buat.

Maka dari itulah promosikan website anda atau artikel anda pada website lain. Anda bisa menggunakan beberapa pilihan berikut :

  • Social Media
  • Forum
  • Komunitas

Dengan melakukan promosi membagikan website anda pada beberapa pilihan diatas, maka akan ada kemungkinan ada orang lain yang mendapati website anda pada pilihan tersebut.

Sekian dari kami tentang ulasan apa itu seo friendly, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment