Ketahui Perbedaan SEO dan SEM Untuk Digital Marketing Bisnis Anda

SEO dan SEM sering diartikan sama oleh kebanyakan orang. Padahal kedua singkatan tersebut memiliki arti dan penggunaan yang berbeda. Untuk mengetahuinya simak terus artikel tentang perbedaan seo dan sem ini agar lebi jelas.

Pada artikel apa itu sem sudah dijelaskan bahwa sebenarnya SEO awalnya bagian dari SEM. Namun karena sekarang ini para marketer mengungkapkan bahwa kedua hal tersebut berbeda.

Namun secara fungsi keduanya sama yaitu bertujuan meningkatkan trafik sebuah website dengan cara meningkatkan visibilitas atau muncul nya website tersebut dengan rangking atau peringkat yang baik pasa halaman hasil mesin pencarian.

Namun cara, waktu dan hasil yang didapatkan untuk mencapai tujuan tersebut sangat berbeda. Bagi anda yang masih bingung antara perbedaanya tidak perlu khawatir, akan kami jelaskan untuk anda.

Perbedaan SEO dan SEM
Perbedaan SEO dan SEM, src: idwebhost.com

Perbedaan SEO dan SEM

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan SEO dan SEM simak ulasan berikut ini.

Pengertian

Kita awali pembahasan perbedaan ini dari pengertiannya terlebih dahulu. Karena jika dari pengertiannya saja sudah keliru maka ujungnya juga bakalan keliru.

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimizer, yang artinya upaya melakukan optimasi komponen website untuk meningkatkan peringkat pada halaman hasil mesin pencarian.

Komponen website bisa seo on-page dan off-page. On-page tersebut meliputi dari konten yang berkualitas, link yang saling berkaitan, gambar disertai atribut, tag meta dan lain sebagainya. Dan Off-page meliputi backlink dari website yang tersebar di website yang lainnya.

SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, yang artinya SEM ini merupakan salah satu bentuk dari internet marketing, yang melibatkan kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas atau muncul nya di halaman hasil mecin pencarian seperti Google, Bing atau Baidu dengan menggunakan iklan berbayar.

Biaya yang Dikeluarkan

Perbedaan tersebut juga dari biaya yang dikeluarkan, berikut penjelasannya.

SEO

Ketika menggunakan teknik SEO, anda bisa melakukannya tanpa mengeluarkkan biaya sedikit pun. Karena yang anda lakukan hanya melakukan optimasi komponen website sehingga dinilai baik onleh bot mesin pencari sehingga rangking website anda akan bagus.

Dengan SEO anda hanya perlu keuletan untuk bisa mendapatkan hasil yang baik. Serta harus selalu memperbarui informasi tentang perubahan algoritma yang mesin pencari terapkan, dengan begitu anda bisa meningkatkan rangking website anda.

Baca juga : Manfaat SEO pada Bisnis

SEM

Bebeda dengan SEO, untuk melakukan teknik SEM anda memerlukan biaya untuk menjalankannya. Karena instilah mudah dari SEM adalah melakukan iklan ke mesin pencarian, sehingga website anda akan muncul pada bagian iklan di halaman hasil mesin pencarian.

Meski begitu biaya yang anda keluarkan bisa anda atur sendiri, artinya anda bisa mengatur waktu dan target yang pas agar biaya yang dikeluarkan tidak banyak namun memenuhi sesuai dengan target anda.

Cek Kecepatan Website
Waktu Diperlukan, src: nestify.io

Waktu yang Diperlukan

Perbedaan tersebut juga terjadi di sisi waktu tempuh untuk mencapai target trafik yang bagus. Berikut penjelasannya :

SEO

Pada SEO anda perlu ulet dalam melakukannya. Karena waktu yang diperlukan untuk mendapatkan trafik yang tinggi tidak bisa ditentukan, tergantung pada persaingan dan jumlah search volume atau jumlah pencari pada kata kunci yang anda targetkan.

Jika jumlah persaingan sedikit maka peluang anda mendapatkan rangking yang bagus akan cepat dibandingkan dengan jumlah persaingan yang tinggi. Kemudian jika search volume kata kunci yang anda terapkan banyak, bisa jadi anda akan cepat naik dibandingkan dengan search volume yang sedikit.

Selain itu, proses indexing sebuah website pada sebuah mesin pencarian juga memerlukan waktu, sehingga tidak akan cepat selesai karena banyak hal yang perlu anda lakukan. Belum lagi jika anda menggunakan backlink yang akan membantu proses naiknya peringkat pada mesin pencarian

SEM

Sedangkan pada SEM, anda akan melakukan iklan pada mesin pencarian. Makan proses yang dibutuhkan agar muncul di halaman mesin pencarian tersebut tidak akan lama, mungkin sekitar 1 hari jam kerja. Setelah itu anda sudah bisa lansung melihat hasil nya.

Mungkin pada saat pertama kalinya tidak pada posisi halaman pertama, namun jangan khawatir, jika anda melakukan optimasi lagi atau menggunakan teknik SEO terhadap website anda, maka posisi tersebut bisa jadi berubah.

Contoh dari SEM
Contoh dari SEM, src: vhost.web.id

Hasil di Mesin Pencarian

Hasil mencarian yang dilakukan oleh mesin pencari saat ini sudah dibagi-bagi, ada bagian khusus untuk iklan dan bagian khusus untuk hasil pencarian berdasarkan hasil dari algoritma.

SEO

Dengan menggunakan teknik SEO hasil yang ditampilkan berupa tampilan biasa yang sering kita lihat, yaitu berupa judul halaman, url halaman, dan deskripsi dari halaman tersebut.

Hasil ini memang tampak biasa saja namun untuk orang yang sudah tahu bagian mana hasil dari algoritma dan mana hasil dari iklan, maka orang tersebut akan lebih percaya pada hasil dari algoritma. Hal ini merupakan kelebihan SEO dibandingkan dengan SEM yaitu meningkatkan brand awareness.

SEM

SEM atau iklan pada mesin pencarian bisa dibedakan dengan adanya huruf atau tanda “Ad” pada bagian url halaman tersebut. Terkadang hal ini bisa mengurangi brand awareness dari pengguna. Namun tidak ada pengaruh untuk orang yang tidak tahu.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil adalah dari kedua teknik untuk meningkatkan trafik pada website yaitu SEO dan SEM masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu untuk memilihnya perlu disesuaikan dengan kondisi anda.

Pada SEO anda bisa berhemat biaya pengeluaran karena untuk menggunakan teknik ini tidak memerlukan biaya namun bisa memakan waktu dan tenaga lebih banyak untuk mendapatkan trafik yang bagus.

Sedangkan pada SEM anda bisa menghemat waktu dan tenaga namun memerlukan biaya untuk memakai teknik ini, tetapi anda bisa mengatur sendiri biaya yang akan dikeluarkan sehingga memerlukan strategi untuk mendapatkan secara maksimal.

Namun menurut para ahli, anda bisa memakai kedua teknik tersebut secara bersamaan. Karena SEM tanpa SEO akan kalah saing dengan pengguna SEM yang lainnya. Sedangkan SEO akan terbantu dengan adanya trafik dari iklan berbayar.

Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Comment