Simak Apa Itu Onpage SEO dan Bagaimana Caranya Untuk Optimal

SEO memiliki banyak hal yang mesti diperhatikan dan dilakukan. Karena untuk mendapatkan rangking yang bagus tentu perlu melakukan usaha yang maksimal juga. Pada SEO ada yang namanya Onpage SEO dan SEO Offpage yang perlu anda ketahui. Namun untuk artikel ini kita akan membahas tentang apa itu SEO Onpage.

Onpage SEO
Onpage SEO, src: efriends.info

Apa Itu Onpage SEO

Secara umum, penjelasan SEO di berbagai artikel adalah merujuk pada Onpage SEO, yaitu melakukan optimalisasi website yang dilakukan dengan meningkatkan kualitas konten dari halaman website tersebut.

Optimalisasi ini dimaksudkan untuk memudahkan sebuah mesin pencari untuk memahami isi konten yang dimuat agar nantinya bisa sesuai dengan kata lunci yang ditargetkan oleh pemilik website.

Sekilas akan mirip dengan postingan cara menulis artikel seo friendly, namun memiliki perbedaan, yaitu pada isi kontennya. Pada Onpage yang dibahas masih umum, bisa terkait penjualan, penawaran, atau hanya untuk mengenalkan sebuah perusahaan. Berbeda dengan artikel yang isinya memuat tentang apa yang mesti dibahas untuk dibagikan kepada pengguna.

Cara SEO Onpage

Nah selanjutnya adalah bagaimana cara untuk melakukan seo onpage. caranya hampir mirip dengan artikel seo friendly. Berikut adalah poin-poin cara SEO Onpage yang mesti anda lakukan.

Maksimalkan Judul Halaman

Karena SEO bertujuan untuk tampil di halaman pencarian, maka kita juga harus ikut dengan aturan mesin pencari tersebut, seperti jumlah karakter yang akan ditampilkan pada halaman pencarian. Jumlah karakter yang ditampilkan adalah 60-an.

Selain itu, buatlah judul yang menarik yang bisa membuat orang yang membaca judul tersebut penasaran dan ingin melihat isi kontennya. Seperti manmabah kata ajakan atau angka penjelas pada halaman anda.

Buat URL Sederhana

URL juga berpengaruh pada SEO, walaupun kami tidak tahu seberapa besar pengaruhnya. Sebuah halaman website pasti memiliki url untuk mengidentifikasikan halaman tersebut agar berbeda dengan halaman yang lainnya. Maka buatlah url halamannya menyesuaikan dengan kata kunci yang anda targetkan. Agar nantinya url tersebut mempermudah mesin pencari mengetahui isi halaman anda.

Contohnya adalah :

  • domain.com/jual-laptop
  • domain.com/laptop-gaming

Perhatikan Sub Heading

Kemudian adalah sub heading, ini sangat penting untuk anda gunakan. Karena dengan sub heading anda bisa mempermudah mesin pencari untuk mengetahui bagian mana pembahasan halaman dan bagian mana yang merupakan isi halaman.

Selain itu, sub heading juga mempermudah pengunjung website untuk mengetahui bagian mana yang masih pada satu pembahasan dan bagian mana poin-poin pentingnya. Karena dari ukuran hurufnya pasti akan berbeda dan mudah terlihat.

Baca juga : Bagaman Cara Kerja SEO?

Perhatikan Sebaran Kata Kunci

Sebuah halaman website perlu sebuah kata kunci untuk memudahkan pembahasan pada halaman tersebut. namun anda juga perlu perhatikan sebarannya. Kalau tidak, maka halaman tersebut bisa memiliki rangking yang buruk bahkan bisa dianggap spam.

Kata kunci baiknya disebarkan secara merata dan alami di seluruh halaman, serta jumlahnya tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Dengan jumlah 3-6 saja sudah bagus untuk sebuah halaman website.

Buat Konten Yang Menarik

Konten yang menarik akan membuat pengunjung betah dalam membaca atau mempelajari halaman website anda. Hal ini ternyata berpengaruh pada bagus dan tidaknya pembaca. Karena sebuah website akan mencatat berapa lama seorang mengunjungi website tersebut. Data ini juga mempengaruhi proses SEO.

Menulis Artikel SEO Friendly
Menulis Artikel SEO Friendly , src: resultadosdigitais.com.br

Maksimalkan Internal Link

Halaman yang bagus adalah halaman yang saling terkait dengan halaman lainnya. Denga begitu halaman website anda akan memiliki poin lebih dibandingkan halaman yang tidak menggunakan link internal.

Maka dengan memaksimalkan penggunaan internal link merupakan cara yang cukup ampuh. Akan lebih bagus lagi jika link tersebut merupakan hal yang berhubungan dengan pembahasan yang ada di halaman tersebut.

Gunakan Inbound Link

Tidak hanya link internal, link eksternal juga berpengaruh untuk mengingkat nilai SEO. Karena dengan menggunakan link eksternal mesin pencari akan menganggap bahwa halaman website anda memiliki sumber yang kredible atau otoritatif.

Maka pastikan link eksternal yang anda pakai bukan website asal-asalan dan harus memiliki reputasi yang baik. Labih bagus lagi jika website rujukan tersebut memiliki nilai SEO yang bagus agar sama-sama meningkatkan rangking website anda.

Baca juga : Apa Itu SEO Friendly dan Bagaimana Cara Penerapannya

Optimalisasi Gambar
Optimalisasi Gambar, src: milesweb.in

Optimalisasi Gambar

Gambar yang digunakan dalam website juga musti anda perhatikan. Gambar memang sudah dianggap mesim pencari sebagai aset yang berguna. Baik untuk pencarian maupun untuk melakukan penilaian pada website.

Oleh karena itu gambar menjadi penting untuk meningkatkan SEO halaman website. Namun untuk mempercepat proses SEO untuk sebuah halaman website, gambar tersebut perlu untuk dioptimalisasi. Caranya adalah dengan melengkapi atribut dari gambar tersebut.

Gambar memiliki beberapa atribut, diantaranya adalah title, alt, descripton dan caption. Untuk meningkatkan SEO halaman, anda mesti mengisi atribut tersebut sesuai dengan gambar dan diselipkan dengan kata kunci yang anda targetkan.

Perhatikan Panjang Konten

Panjang konten juga memiliki pegaruh teersendiri, semakin banyak isi kontennya, maka semakin bagus pula halaman tersebut. Namun yang perlu diperhatika adalah jumlah minimal kontennya.

Untuk mendapatkan hasil SEO yang bagus, maka konten yang anda buat mesti lebih dari 300, karena di jumlah tersebut dianggap sudah memiliki nilai seo yang bagus.

Namun ada hal lain yang perlu anda perhatikan pasa panjang konten ini. Seperti website yang memiliki pembahasan yang serupa dengan anda. Jika ingin mendapatkan rangking yang bagus dari pesaing anda, maka anda perlu menambahkan lebih banyak kata dibandingkan dengan pesain anda.

Mungkin itu saja yang bisa kami bahas tentang onpage seo. Kurang lebihnya kami mohon maaf, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment