Mencari Backlink Terbaik Untuk Website Anda

Backlink adalah suatu hal yang harus dikerjakan ketika anda membangun website dengan teknik SEO. Selain menggunakan metode pembuatan backlink terbaik, ada banyak faktor yang mempengaruhi peringkat SEO, namun keberadaan backlink adalah hal yang utama selain konten berkualitas. Anda tidak bisa meninggalkan metode dengan backlink ketika menginginkan peringkt SEO.

Sebenarnya ada banyak layanan backlink otomatis yang bisa digunakan. Istilah yang sering digunakan dari layanan ini adalah backlink generator atau backlink submitter. Dengan cara ini anda akan mendapatkan backlink dengan mudah dan tempo yang singkat. Namun anda tidak akan mendapatkan backlink terbaik, atau bisa jadi anda malah akan mendapatkan backlink berkualitas buruk yang nantinya akan menjadikan peringkat website anda di mesin pencari menjadi terancam.

Inilah beberapa ciri backlink terbaik untuk website anda.

Backlink Terbaik
Cari backlink kualitas bagus untuk SEO anda. SUmber Unsplash

1. Berasal Dari Situs Otoritas Tinggi

Jenis backlink terbaik yang bisa anda dapatkan adalah backlink yang berasal dari situs web berkualitas. Backllink dari situs yang dikenal sebagai situs otoritatif teratas akan mengirimkan lebih banyak sinyal positif ke mesin telusur daripada tautan dari situs berkualitas rendah yang kurang dikenal.

Bahkan berlaku sebaliknya, jika situs website anda menggunakan backlink yang ada di situs berkualitas buruk, bahkan situs yang ada pada ‘daftar hitam’ seperti situs prostitusi, judi online dan situs lain yang sejenis akan memberikan dampak buruk bagi SEO anda.

Untuk memahami secara sederhana situs seperti apa yang memiliki kualitas tinggi adalah situs yang sudah dikenal luas di dunia internet. Wikipedia menjadi sala satu situs yang memiliki otoritatif tinggi. Jika anda melacak apapun di mesin pencari, sering kali wikipedia muncul memberikan jawaban atas apa yang anda cari di mesin pencarian.

Untuk menentukan otoritas situs ada banyak parameter yang digunakan. Namun untuk mengetahui seberapa besar nilai otoritatif suatu situs website, bisa di lacak di beberapa website yang menyediakan tools ini. Domain Authority menggambarkan seberapa besar nilai otoritatif suatu website secara keseluruhan,sedangkan page authority menggambarkan nilai dari tiap halaman yang diperiksa.

2. Status Backlink Adalah Do Follow

Ketika anda menanamkan link anda di website lain maka akan ada opsi apakah backlink yang anda tanam nantinya akan berstatus do-follow atau no-follow. Pemilik situs kadang bisa menyetel situs mereka untuk secara otomatis merubah tautan menjadi no-follow bagi siapa saja yang menanam tautan di situs.

Biasanya situs yang mudah ditanami tautan, seperti situs media sosial akan menerapkan aturan backlink no-follow bagi siapa saja yang menanamkan tautan. Tautan do-follow memberi tahu mesin telusur untuk memperhatikan dan memberikan nilai SEO pada tautan tersebut. Sedangkan tautan no-follow memberi tahu mesin pencari untuk mengabaikan tautan dan memberi mereka nilai SEO yang lebih sedikit.

Karena tautan do-follow mengirimkan sinyal yang lebih baik ke mesin telusur, tautan itu lebih berharga daripada tautan no-follow. Untuk membangun backlink terbaik bagi situs anda sebaiknya menggunakan tautan do-folow. Namun, anda tidak serta merta melupakan tautan no-follow. Tautan no-follow mampu memberikan trafik bagi situs anda.

Selain itu, ada beberapa pendapat dari pakar SEO bahwa backlink no-follow akan menjadikan website terlihat natural. Untuk mengetahui apakah sebuah tautan adalah do-follow atau no-follow ketika anda menananm sebuah tautan pada sebuah situs, anda dapat menggunakan ekstensi Simple Chrome NoFollow untuk memeriksa kode tautan dengan mudah.

3. Lokasi Backlink Tepat

Situs web diatur dalam beberapa bagian, dan seberapa berharganya tautan dapat dipengaruhi oleh bagian kemunculannya. Karena itulah untuk menanamkan backlink di suatu situs website, pastikan anda meletakkannya di tempat yang tepat.

Tautan backlink terbaik ditempatkan di dalam konten yang merupakan isi dari sebuah situs. Tautan backlink yang ada di header, footer, atau sidebar halaman memilki nilai yang rendah daripada yang ada di konten utama. Ini adalah faktor penting untuk diingat saat anda berusaha membangun backlink berkualitas tinggi. Pastikan saat membangun tautan dimasukkan dalam konten tubuh utama situs.

4. Tautan Yang Relevan

Backlink Terbaik
Backlink adalah hal terpenting dalam SEO. Sumber Unsplash

Backlink yang anda tanam di sebuah seitus website harus berada di dalam konten dengan anchor teks yang benar-benar relevan. Jangan menanam backlink seperti pekerjaan para pegiat SEO black hat. Dengan aturan seperti ini setiap orang tidak akan meletakan backlink di sembarang artikel atau konten.

Itulah beberapa tempat dan cara untuk mendapatkan backlink terbaik bagi website anda. Dengan cara seperti itu dan dengan metode yang dibenarkan oleh ketentuan Google Webmaster, anda akan memperoleh peringkat di mesin pencari sesuai dengan harapan. Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang SEO lokal. Terima kasih

Leave a Comment