Manfaat SEO (Search Engine Optimizer) Untuk Bisnis Wajib Diketahui

Pada artikel sebelumnya sudah disinggung berkaitan dengan SEO atau Search Engine Optimizer. Namun manfaat seo yang dibahas masihlah pada hal yang umum yaitu mengenai meningkatkan peringkat website pada hasil pesin pencarian.

Apa kah sampai di situ saja? Apa ada keuntungan pada bisnis yang memiliki kemungkinan untuk menghasilkan pemasukan? Tentu saja ada. Dengan website yang memiliki rangking bagus pasti akan dengan mudah tampil pada hasil pencarian.

Hal ini bisa anda manfaatkan untuk berbagai keuntungan bisnis yang tentu saja bisa mendatangkan penghasilan. Karena SEO itu sama saja dengan istilah marketing atau pemasaran. Jadi tidak akan mustahil jika seo masih berkaitan dengan bisnis.

Manfaat SEO Brand Awarenes
Manfaat SEO Brand Awarenes, src: pixabay.com

Namun berbeda dengan marketing yang biasanya, di dalam SEO yang berpencar untuk menemukan klien atau calon pelanggan adalah website itu melalui sebuah mesin pencarian. Nah dengan begitu tinggal tugas pengelola website nya saja yang harus mengoptimasi seo agar bisa menuju pada target yang tepat.

Artikel ini cocok sekali dengan anda yang masih bingung tentang pilihan menggunakan seo atau kah menggunakan jasa iklan untuk melakukan promosi website anda untuk bisnis. Dengan artikel inilah anda bisa menilai ternyata banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan SEO.

Baca perbedaan SEO dan SEM pada digital marketing. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas dengan lengkap pada paragraf berikutnya.

Manfaat SEO Untuk Bisnis

Berikut adalah pembahasan mengenai manfaat seo untuk bisnis yang perlu anda ketahui. Lansung anda cek saja pada paragraf berikut.

Marketing Tanpa Biaya

Saat anda mengguna seo untuk melakukan promosi atau marketing. Anda tidak akan mengeluarkan biaya sedikit pun alias gratis. Anda hanya perlu melakukan seo dengan usaha yang tekun dan dengan banyak update informasi mengenai pembaruan sistem mesin pencarian.

Berbeda dengan beriklan di mesin pencarian, seo bisa diusahakan untuk bisa tampil pada halaman mesin pencarian tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan ini anda akan mendapatkan pengunjung organik, artinya pengunjung yang secara sendiri mengunjungi website dengan berdasarkan rekomendasi hasil mesin pencarian.

Dan dari situ anda bisa mengetahui performa website anda untuk menarik pengguna untuk mengakses website anda. Berbeda dengan beriklan, yang hasil kunjungan website nya dari hasil membayar pada pihak mesin pencari, tentu hasilnya tidak bisa diterka mana yang benar-benar keinginan sendiri atau terpaksa karena tidak tahu adanya iklan.

Baca juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Manfaat SEO
Manfaat SEO, src: artforlife.ru

Marketing 24 Jam

Marketing secara langsung mengunjungi kustomer pasti akan terbatas pada jam-jam tertentu yang terbatas pada jam kerja biasa. Namun hal ini akan berbeda dengan seo. Karena menggunakan website untuk melakukan promosi, maka selama website tersebut aktif selama itu lah anda melakukan promosi online bisa dikatakan marketing selama 24jam.

Waktu marketing ini juga akan membedakan dengan website yang beriklan. Karena website yang beriklan akan membatasi waktu tayangnya untuk mengurangi pengeluaran biaya yang tidak diperlukan dan jika budget yang disediakan sudah habis maka promosi pun akan dihentikan. Sedangkan menggunakan SEO anda tidak mengeluarkan biaya.

Akan tetapi meskipun anda melakukan marketing 24jam, anda tidak harus merespon pelanggan yang melakukan kontak anda disaat bukan jam kerja. Anda bisa meresponnya ketika anda sudah berada pada jam kerja.

Brand Awareness

Ketika anda menerapkan SEO, maka website anda akan memiliki rangking yang bagus yang akan mengakibatkan website anda tampil pada halaman pertama mesin pencarian. Jika hal ini terus-terusan dilihat oleh calon pelanggan, maka akan meningkatkan awareness pelanggan kepada brand atau website anda.

Karena menurut studi pengunjung akan melakukan riset atau mengetahui lebih dalam pada suatu produk pada website sebelum benar-benar akan membelinya. Hal ini akan menguntungkan anda karena website anda akan lebih sering tampil pada halaman pencarian.

Manfaat SEO Pada Peningkatan Bisnis
Manfaat SEO Pada Peningkatan Bisnis, src: semrush.com

Meningkatkan Penjualan

Semakin banyak anda melakukan promosi menawarkan produk bisnis anda kepada calon pelanggan, maka akan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan palanggan. Sama halnya jika dengan melakukan seo, semakin sering anda melakukan optimasi website anda dan hasilnya bagus, maka akan meningkatkan pelanggan yang akan melakukan transaksi penjualan kepada anda.

Data Klien Gratis

Transaksi penjualan yang dilakukan berdasarkan dari website, maka secara tidak langsung anda ingin calon pelanggan melakukan interaksi dengan anda terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan anda mendapatkan data dari klien, dan lebih untung nya lagi anda bisa tanpa menggunakan biaya.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan data pengunjung yang mengunjungi website anda dengan menggunakan tools-tools analisis seperti Google Analytics untuk mengetahui rekomendasi meningkatkan performa website anda.

Baca juga : Apa itu SEO Lokal, dan Bagaimana Manfaatnya pada Trafik

Pengunjung Tertarget

Poin ini adalah tindak lanjut dari poin sebelumnya. Dengan memanfaatkan data pengunjung, anda bisa mengetahui poin mana saja yang bisa anda targetkan untuk meningkatkan penjualan. Tentunya dengan menggunakan tools analisis seperti Google Analytic

Sehinga anda bisa mengoptimalkan seo atau melakukan retargeting untuk bisnis anda. Karena tidak semua target yang anda perkirakan akan sesuai dengan apa yang terjadi pada lapangan. Contoh mudahnya adalah toko bunga yang ditargetkan untuk perempuan, malahan pada kenyataannya lebih banyak laki-laki yang melakukan kunjungan pada toko tersebut.

Demikian ulasan mengenai manfaat seo yang bisa kami jelaskan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat-maanfaat seo yang lainnya yang perlu anda ketahui, namun untuk anda yang masih pemula maka artikel ini sudah cukup untuk bekal anda menyakinkan diri memakai seo untuk meningkatkan bisnis anda.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, semoga menambah wawasan anda, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment