9 Tips Bagaimana Cara Menulis Artikel SEO Friendly Yang Baik dan Benar

Setiap orang pasti senang jika artikel yang dipublish apalagi jika mendapatkan respon positif dari pembaca. Nah agar artikel memiliki banyak pembaca, anda perlu memperhatikan struktur SEO tersebut. Maka dari itu pada artikel ini akan membahas tentang cara menulis artikel SEO friendly yang baik dan benar.

Mengapa harus SEO Friendly? Karena SEO merupakan salah satu cara untuk membuat halaman website anda berada pada rangking yang bagus pada halaman pencarian. Dengan begitu halaman website anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sedang Friendly berarti ramah. Artinya kita akan membuat artikel yang ramah SEO, sehingga bot mesin pencari akan menilai bahwa halaman website atau artikel anda memiliki poin-poin untuk mendapatkan rangking yang bagus pada halaman mesin pencarian.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan banyak pengunjung maka penting sekali untuk mempelajari bagaimana cara menulis artikel seo friendly agar artikel anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan rangking bagus dari bot mesin pencari. Baca : Manfaat SEO (Search Engine Optimizer).

Cara Membuat Blog Sendiri
Artikel SEO Friendly, src: faisalanwar.co.uk

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Oke, tanpa berlama-lama lagi kita langsung jasa membahas mengenai bagai cara menis artikel seo friendly.

Baca juga : Bagaimana Cara Kerja SEO yang Sebenarnya

Gunakan Kata Kunci Banyak Dicari

Hal yang pertama kali harus anda tentukan adalah kata kunci atau dalam pelajaran bahasa indonesia disebut topik utama sebuah artikel. Hal ini memang sangat diperlukan jika akan menulis sesuatu terlebih lagi pada artikel.

Nah untuk mendapatkan hasil yang bagus, carilah kata kunci yang memiliki search volume yang banyak. Search volume merupakan jumlah dari banyaknya kata kunci tersebut dicari di search engine. Untuk mencarinya anda bisa memanfaatkan tools keyword research gratis yang bisa anda cari di google.

Dengan menggunakan kata kunci yang memiliki search volume yang banyak, maka peluang artikel anda dicari orang juga akan besar, sehingga bukan tidak mungkin artikel anda pun akan ikut terlihat di hasil pencarian. Jika dibandingkan dengan kata kunci yang serach volume yang kecil maka peluang artikel anda dibaca adalah kecil namun bukan berbarti peluang nya 0.

Jumlah Kata Kunci Yang Wajar

Ketika anda sudah memilih kata kunci untuk artikel yang anda buat, pastikan kata kunci tersebut tersebar pada artikel anda. Namun jumlahnya mesti anda hitung, baiknya sejumlah 3-5 kata kunci saja. Karena jika anda terlalu banyak menggunakan kata kunci, artikel anda bisa dianggap spam oleh mesin pencari, sehingga rangking yang terima akan kecil.

Maksilmalkan Panjang Judul

Judul artikel juga perlu anda perhatikan, karena bagian inilah yang paling awal seorang pengguna mesin pencari membuka halaman artikel anda. Untuk membuatnya anda perlu memasukan kata kunci yang anda targetkan. Selain itu anda juga pelu menambahkan bumbu penyedap berupa kata ajakan untuk membaca artikel anda. (Baca : Cara Membuat Headline)

Gunakan Sub Heading

Jangan anggap remeh kegunaan sub-heading ya, karena ini sangat berpengaruh pada bot mesin pencari maupun pada pembaca. Pada bot mesin pencari sub heading menjadi hal yang diperhitungkan pada sebuah konten, karena dengan sub heading tersebut akan mempermudah mengetahui isi bahasan dari sebuah konten.

Selain itu dari sisi pembaca pun sub heading akan berpengaruh, yaitu berguna untuk mengetahui bagian mana yang merupakan poin utama dan bagian mana yang merupakan poin pembahasan.

Menulis Artikel SEO Friendly
Menulis Artikel SEO Friendly , src: resultadosdigitais.com.br

Gunakan Link Internal Dan Extenal

Sebuah halaman website akan semakin bagus jika alamat website tersebut memiliki keterkaitan dengan artikel lain baik itu pada satu website atau website yang lain. Oleh karena itu manfaatkan link internal dan eksternal untuk meningkatkan peringkatnya.

Untuk link internal memang sudah pasti akan meningkatkan kualitas halaman website tersebut, karena halaman website yang saling berkaitan akan meningkatkan masing-masing halaman artikel website.

Berlaku juga untuk link eksternal, namun usahakan link eksternal yang anda pakai hanya untuk otoritatif saja karena untuk penjelasan lebih lengkap untuk pemiliknya, dan jangan memakai website yang sama-sama bersaing pada kata kunci tersebut.

Jumlah Kata

Jumlah kata juga perlu diperhatikan, meskipun tidak ada batas maksimal dan minimal pada sebuah artikel. Namun untuk menempatkan konten pembukaan dan penjelasan perlu jumlah kata yang sesuai. Dari tools yoast merekomendasikan jumlah kata yang baik adalah 300 kata.

Maksimalkan Atribut Gambar

Dalam sebuah halaman website gambar juga berpegaruh untuk meningkatkan SEO dan mempermudah pemahaman dari pembaca. Oleh karena itu pelu untuk menggunakan gambar pada artikel anda.

Untuk memaksimalkan penggunaan gambar anda perlu mengisi atribut gambar. Gambar juga memiliki atribut untuk menjelaskan tentang gambar tersebut. Atribut tersebut seperti title, caption, alt dan descripton. Isilah atribut tersebut sesuai dengan gambar dan selipkan kata kunci yang anda gunakan

Atribut Meta Tag

Sebuah halaman website juga memiliki tag deskripsi untuk menjelaskan tentang konten halaman tersebut. Tag ini juga akan berpengaruh pada peringkat kata kunci yang anda targetkan, jadi pastikan anda mengisi tag deskripsi ini dan selipkan kata kunci di dalamnya.

Artikel SEO Friendly
Artikel SEO Friendly, src: milesweb.in

URL Halaman yang Sesuai

Lalu ketika anda akan mempublish artikel, anda perlu memperhatikan url yang dipakai, hendaknya anda menggunakan kata kunci yang anda targetkan, sehingga akan sesuai dengan isi artikel yang anda buat.

Mungkin itu saja yang kami bagikan untuk anda tentang cara menulis artikel seo friendly, semoga bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Comment