Bagaimanakah Cara Kerja SEO yang Sebenarnya Dengan Lengkap

Cara Kerja SEO
Cara Kerja SEO, src: digitalcruise.in

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas tentang seo, namun hanya membahas mengenai tentang penjelasan seo dan cara melakukan optimasi nya saja. Lalu bagaimana dengan cara kerja seo? Pasti ada beberapa dari kalian yang penasaran tentang bagaimana caraya seo meningkatkan peringkat suatu website.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana manfaat seo. Yang ternyata memiliki banyak manfaat, dari sisi website itu sendiri maupun dari sisi penggunaan website seperti digunakan untuk keperluan bisnis. Dan salah satunya adalah meningkatkan penjualan untuk bisnis dari banyaknya pengunjung website.

Namun perlu anda ketahui bahwa seiring berkembangnya teknologi informasi, maka algoritma yang digunakan oleh sebuah mesin pencari juga semakin berkembang. Hal ini tidak hanya berlaku pada satu mesin pencari saja, namun berlaku bagi semua mesin pencarian contohnya Google, Bing, Yahoo, Baidu dll.

Bagi anda yang akan terjun pada dunia seo, maka topik pada artikel kali ini merupakan topik yang sangat penting. Karena dengan mengetahui dari dasar maka seseorang akan bisa mengetahui apa dan bagaimana hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan.

Baca juga : Apa Itu SEO Friendly?

Oke, tanpa berlama-lama langsung saja kita bahas tentang cara kerja seo yang sebenarya bagi website.

Cara Kerja SEO

Saat anda menggunakan website mesin pencarian, yang dilakukan adalah mengetikkan kata kunci kemudian hasilnya akan keluar dengan cepat. Namun cara kerja mesin pencari tidaklah sesederhana seperti itu. Bahkan mesin pencari akan bekerja sebelum anda mengetikkan kata kunci tersebut pada form pencarian.

Kok bisa? Bagaimana? Nah untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai hal tersebut akan kami bahas pada penjelasan di bawah ini

Crawling

Crawling atau perayapan adalah proses dimana sebuah mesin pencari melakukan suatu proses pengambilan data dari website yang terhubung atau terindex pada mesin pencari tersebut. Tugas ini akan dilakukan oleh software yang biasanya disebut sebagai crawler/spider atau pada Google disebut sebagai GoogleBot.

Proses ini terjadi paling awal ketika sebuah mesin pencari ingin mendapatkan hasil untuk kata kunci tertentu. Dengan proses ini mesin pencari akan mendapatkan semua informasi dari halaman per halaman dan juga dari link-link yan terhubung di halaman website tersebut.

Cara Kerja SEO
Cara Kerja SEO, src: kleberlopes.com

Indexing

Selanjutnya adalah indexing, maksudnya adalah pembuatan index dari data-data yang sudah dikumpulkan dari halaman-halaman website. Banyak bagian dari halaman website yang akan dikumpulkan, mulai dari isi dari halaman sampai pada meta halaman tersebut.

Dari data-data yang terkumpul tersebut nantinya akan akan diidentifikasi terlebih dahulu terkait dengan kata kunci yang terkandung pada halaman website tersebut dan ketika sudah selesai akan disimpan pada satu kesatuan di big database. Nah data dalam database besar ini nanti nya akan digunakan kembali jika ada kata kunci yang berkaitan dengan data tersebut.

Processing

Selanjutnya adalah preprocessing, yang mana proses ini merupakan proses dimana sebuah mesin pencarin menerima request atau permintaan tentang pencarian pada sebuah kata kunci oleh pengguna. Kemudian mesin pencarian tersebut akan membandingkan data-data dalam database terkait dengan kata kunci yang diminta.

Cara Kerja SEO
Cara Kerja SEO, src: namtech.com.au

Calculating Relevancy

Setelah mendapatkan data dari database besar terkait dengan kata kunci tersebut, mesin pencari kemudian menghitung relevansi perhalaman website mana yang memiliki isi dan konten yang lebik baik dibandingkan dengan yang lainnya.

Karena bisa jadi sebuah halaman web memiliki isi bahasan yang banyak topik atau kata kunci yang banyak. Dan oleh karena itu mesin pencari memilih isi konten yang paling sesuai dengan kata kunci. Dihitung juga dari isi dari link-link yang terkait pada halaman tersebut.

Retrieving Result

Langkah yang terakhir adalah sebuah mesin pencari akan memilih dan mengurutkan halaman website mana yang palink relevan dengan kata kunci yang dicari. Tentu pemilihan ini sistemnya tidak bisa diketahui karena berdasarkan langkah sebelumnya yaitu Calculating yang setiap saat selalu update.

Tapi yang sejelas adalah mengetahui bahwa di tahap ini halaman website akan diurutkan. Lalu ketika ada yang request sebuah kata kunci, maka hasil urutan inilah yang akan ditampilkan kepada pengguna.

Kira-kira seperti itulah gambaran bagaimana cara kerja seo untuk meningkatkan sebuah halaman website hingga memiliki rangking yang bagus. Dengan cara mengetahui bagaimana sebuah mesin pencari memproses sebuah data dari seluruh website yang ada.

Namun seperti sebelumya kami menyampaikan bahwa mesin pencari selalu mengalami update, berevolusi dan berubah setiap saat hal ini dikarenakan untuk pengoptimalan kinerjanya.

Dengan begitu tingkat kompetisi perebutan rangking terataspun akan senantiasa terjadi. Terkadang dengan adanya update tersebut sebuah halaman bisa nail, namun ada juga yang lain didorong turun dari peringkatnya. Begitulah cara kerja SEO yang selama ini selalu terjadi.

Untuk pemula yang akan bergabung pada dunia seo, ya seperti inilah persaingannya. Harus selalu update dengan informasi maupun dengan teknik yang baru untuk mrningkatkan sebuah halaman website.

Baca juga : Tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Dan penjelasan artikel ini juga menjelaskan bagaimana pentingnya sebuah konten atau isi halaman website pada sebuah mesin pencari untuk menentukan relevan atau tidaknya sebuah halaman dengan kata kunci.

Dan juga bagaimana sebuah konten tersebut memiliki atribut yang lengkap seperti meta atau atribut pada elemen yang lainnya. Karena akan memudahkan robot mesin pencari bahwa halaman tersebut relevan dengan kata kunci.

Sekian dari kami mengenai cara kerja seo, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment