Apa itu SEM, Sejarah & Pentingnya Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Ketika anda sedang mendalami seo, pasti anda menemukan istilah baru yaitu sem, lalu apa itu SEM sebenarnya? Oke jangan khawatir, kali ini akan kami jelaskan mengenai SEM dan pentinya untuk marketing bisnis anda.

Istilah ini sering di samakan dengan seo, padahal ada beberapa perbedaan pada penerapannya. Namun pada artikel kali ini hanya akan membahas tentang pengertian SEM dan pentinya pada bisnis terlebih dahulu sebelum membandingkan dengan seo.

Namun keduanya ada pada tempat yang sama yaitu pada halaman hasil mesin pencarian. Namun karena banyaknya bisnis yang ada dan semakin banyak bisnis baru terus berdatangan untuk sebuat merket. Akhirnya mereka saling bersaing untuk mempertahankan diri tetap ada berada diatas dan berusaha untuk meningkatkannya lagi.

Market yang sama di incar oleh banyak orang maka diperlukan adanya teknik yang lebih baik dan harus selalu update dengan kondisi yang ada. Nah SEM ini lah salah satu cara untuk mempertahankan dan meningkatkan keberlangsungan bisnis anda. Maka penting sekali untuk memperlajari SEM dan mengetahui seberapa pentingnya SEM ini.

Apa Itu SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, yang artinya SEM ini merupakan salah satu bentuk dari internet marketing, yang melibatkan kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas atau muncul nya di halaman hasil mecin pencarian seperti Google, Bing atau Baidu dengan menggunakan iklan berbayar. Untuk lebih jelasnya anda bisa membuka Wikipedia.

Sebelumnya Search Engine Marketing (SEM) merujuk pada istilah yang umum tentang teknik-teknik pemasaran dengan menggunakan mesin pencarian seperti SEO dan yang lainnya. Namun pada akhirnya para marketer atau orang yang berprofesi sebagai marketing membuat perbedaan seo dan sem.

Maka dari itu, sekarang istilah SEM dikhususkan pada iklan berbayar pada mesin pencarian. Seperti contoh di bawah ini :

Contoh dari SEM
Contoh dari SEM, src: vhost.web.id

Karena semakin banyaknya persaingan yang terjadi khususnya pada mesin pencarian, SEM menjadi strategi penting untuk meningkatkan target perusahaan. Karen dengan SEM, website anda akan muncul pada bagian iklan di halaman mesin pencarian dengan kata kunci tertentu.

Hal ini menjadikan website yang anda punya memiliki posisi yang strategis untuk mendapatkan trafik pengunjung yang nantinya bisa digunakan untuk menawarkan bisnis anda.

Sejarah SEM

Pada pertengahan sampai akhir tahun 1990 jumlag situs web meningkat, disamping itu mesin pencari juga mulai muncul untuk membantu orang untuk menemukan informasi dengan cepat dan tepat. Kemudian mesin pencari mengembangkan model bisnis pada mesin pencarian untuk membiayai layanan mereka, seperti program pay per click yang ditawarkan oleh Open Text tahun 1966 dan Goto.com pada tahun 1998 yang nantinya akan dibeli oleh Yahoo di tahun 2003.

Google juga mulai menawarkan iklan pada halaman mesin pencariannya pada tahun 2000 dengan nama Google Adwords. Pada tahun 2007 program pay per click ini terbukti menjadi penghasilan utama untuk mesin pencari.

Kemudian konsultan optimasi mesin pencari atau SEO memperluas penawaran mereka dan membantu bisnis orang-orang dengan cara mempelajari dan menggunakan peluang dari iklan mesin pencari. Lalu agensi-agensi yang berfokus untuk pemasaran dan periklanan melalui mesin pencari pun mulai bermunculan.

Kemudian istilah SEM (Search Engine Marketing) pun mulain dipopulerkan oleh Danny Sullivan yang mencakup sesuatu kegiatan yang mencakup SEO, iklan pada mesin pencari, request indexing website, dan pengembangan strategi pemasaran online.

Baca juga : Bagaimana Cara Kerja SEO

Search Engine, src: ericrodrigues.io
Search Engine, src: ericrodrigues.io

Pentingnya SEM Untuk Bisnis

Seberapa pentingkah SEM untuk sebuah bisnis? Simak penjelasan berikut :

Hasil yang Cepat

Ketika menggunakan SEO, langkah-langkah yang dipakai untuk mendapatkan hasil yang bagus pada mesin pencarian relatif panjang. Dan untuk menghasilkan trafik juga memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Karena itu, dengan menggunakan iklan, secara instan website anda akan berada pada halaman mesin pencarian. Dan ketika iklan yang anda pasang sudah tampil, maka anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil trafik dari pengunjung.

Target tepat Sasaran

Berbeda dengan SEO yang hanya menargetkan pada sasaran tertentu saja. Ketika anda memasangkan iklan, anda bisa mengatur sendiri sasaran dengan sangat spesifik. Anda bisa menentukan target berdasarkan jenis kelamin, usia, ketertarikan, lokasi dan masih banyak lagi sasaran yang bisa anda tentukan.

Biaya Fleksible

Tidak perlu takut ketika anda tida memiliki banyak biaya yang digunakan untuk melakukan iklan pada mesin pencari, karena anda bisa mengatur sendiri berapa banyak biaya yang diperlukan untuk beriklan. Anda bisa memulainya dengan biaya ratusan ribu saja untuk mecobanya. Dan ketika disara sudah memahami target pasar dengan jelas anda bisa menaikkannya hingga puluhan juta rupiah.

Berfokus pada Konversi

Berbisnis itu tidak selalu mencari sebuah penghasilan semata. Mengumpulkan jenis konversi yang lainnya juga perlu diperhatikan. Beberapa contoh konversi disini adalah seperti jumlah audien, subscriber baru, data klien dan masih banyak konversi yang lainnya.

Karena biasanya SEO bertujuan untuk mengarahkan pengguna mesin pencarian pada halaman utama sebuah website untuk meningkatkan brand awareness. Sedangkan SEM bertujuan untuk mengarahkan pengguna pada landing page. (Baca : Apa itu Landing Page).

Apa Itu SEM
Apa Itu SEM, src: paulipu.com

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan tentang apa itu sem, sejarah dan pentingnya untuk bisnis anda. Pada akhirnya untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman mesin pencarian memiliki banyak teknik dan strategi.

Anda bisa memilih salah satunya atau bisa dengan menggabungkannya secara bersamaan. Tentu yang dihasilkan pun akan berbeda-beda tergantung pada pengoptimalan dari masing-masing teknik yang digunakan.

Sekian dari kami, jika ada salah dan kurang kami mohon maaf, sampai jumpa pada artikel kami yang lainnya.

Leave a Comment