Apa Itu Backlink dan Bagaimana Cara Mencari Backlink Berkualitas

Jika anda masih awal-awal dalam dunia website, mungkin anda kurang familiar dengan adanya istilah backlink. Karena pada saat awal memperdalam hal-hal awal tentang website mungking masih pengenalan tentang bagian-bagian website. Sedangkan backlink sendiri merupakan pengetahuan tentang website di tingkat selanjutnya. Apakah penting? Simak saja dahulu tentang apa itu backlink.

Istilah backlink biasanya akan muncul pada penggunaan website untuk keperluan marketing. Karena backlink adalah salah satu unsur penting untuk SEO (Search Engine Optimizer) website. Dengan adanya backlink, peringkat sebuah website akan terbantu naik sesuai dengan kualitas backlink tersebut.

Mungkin pertanyaan anda selanjutnya adalah Apakah perlu untuk menerapkan backlink pada website atau blog anda? Pertanyaan tersebut akan terjawad ketika anda menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Baca juga : Perbedaan SEO dan SEM Pada Digital Marketing

Apa Itu Backlink
Backlinks, src: otimize.me

Apa Itu Backlink

Backlink merupakan istilah untuk menyebutkan link pada website lain yang mengarah pada website anda. Istilah lainnya yaitu eksternal link atau inbound link. Dan proses pembangunan backlink ini disebut sebagai link building.

Jadi proses pembuatan backlink adalah dengan meletakkan link website anda pada website lain. Cukup mudah dimengerti bukan? Meskipun mudah untuk dimengerti, backlink memegang peran yang penti untuk menguatkan sebuah link agar memiliki peringkat yang bagus pada mesin pencarian.

Backlink ini bisa dalam bentuk link untuk rujukan sebuah penjelasan atau memang digunakan untuk keperluan optimasi yaitu membuat link dengan memakai kata kunci sebagai teks link nya.

Dari segi kualitasnya backlink memiliki 2 jenis yaitu dofollow dan nofollow. Kedua jenis ini tidak bisa dilihat dengan kasat mata karena kedua jenis tersebut memiliki tampilan yang sama. Untuk bisa melihat perbedaanya adalah dengan melihat artribut html link tersebut.

Perbedaan kedua backlink tersebut terletak pada kualitasnya. Yakni jika backlink dofollow memiliki kualitas yang tinggi pada mesin pencarian, karena atribut dofollow merupakan indikasi untuk website mengikuti/follow link website yang ditautkan. Sedang backlink nofollow memiliki kualitas yang rendah pada mesin pencarian. Meski begitu backlink no follow tetap berguna untuk SEO.

Baca juga : Manfaat SEO untuk Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Cara Mencari Backlink Berkualitas

Berikut adalah bagaimana cara untuk mencari backlink yang berkualitas.

Gunakan Tools Backlink

Ketikan anda masih awal-awal dalam mempelajari backlink, maka untuk memudahkan anda dalam mengerjakannya adalah dengan menggunaka tools terlebih dahulu. Karena dengan tools anda bisa sambil belajar dan menyelesaikan tugas.

Backlink Checker by Ahrefs
Backlink Checker by Ahrefs

Anda bisa menggunakan tools Ahref untuk mencari backlink berkualitas, karena ahref merupakan website yang memiliki tools yang bermanfaat untuk SEO dan kemampuannya tidak perlu anda ragukan lagi. Salah satu toolsnya adalah backlink checker yang bisa anda gunakan secara gratis. Anda bisa membukanya di link berikut.

Backlink Checker by Majestic.com
Backlink Checker by Majestic.com

Tools yang lainnya yaitu Majestic. Meskipun berbeda dengan Ahref, namun dengan menggunakan majestic anda bisa memiliki perbadingan hasil. Dari perbandingan tersebut anda bisa melakukan analisa lebih mendalam terkait backlink yang anda buat. Anda bisa membukanya di link berikut.

Gunakan Content Sharing Platform

Selain penting untuk membuat konten di sosial media, anda juga perlu untuk membuat konten menggunakan content sharing platform backlink SEO. Karena berbeda dengan sosial media, content sharing platform merupakan sebuah platform untuk membagikan konten.

Konten disini seperti layaknya artikel yang lengkap dengan gambar dan link yang utuh, tidak seperti sosial media yang memiliki keterbatasan, dari sisi panjang konten maupun dari link yang dibuat.

Dengan menggunakan content sharing platform ini, anda bisa membuat konten artikel yang sesuai dengan website anda dan menyisipkan website anda sebagai rujukan artikel tersebut. Dengan begitu anda sudah mendapatkan backlink dari content sharing platform.

Mekipun terkadang link yang diberikan bersifat nofollow namun metode ini masih layak untuk membuat backlink dan ikut mempromosikan konten website anda.

Contoh website dari content sharing platform adalah Medium, Kaskus, Kompasiana, Hipwee, Viva Blog dan masih banyak yang lainnya.

Gunakan Guest Blogging

Selain membuat artikel di content sharing platform anda juga bisa membuat artikel di website guest blogging. Guest Blogging merupkan website yang menyediakan tempat untuk menulis di website tersebut.

Nantinya artikel yang anda tulis akan di publish di website tersebut. Biasanya anda bisa menulis artikel sesuai dengan isi websitenya atau bebas, lalu anda bisa menyisipkan link website anda sebagai rujukan artikel nya.

Namun ketika menggunakan guest blogging ada beberapa hal yang perlu anda perhatika yaitu trafik website tersebut dan aturan penulisannya.

Pilihlah website yang memiliki trafik tinggi karena anda bisa memiliki peluang yag tinggi juga untuk mendapatkan pengunjung dari artikel yang anda tulis dengan begitu backlink anda bisa membantu SEO website anda.

Selain itu adalah aturan yang diterapkan pada website tersebut, karena terkadang ada website yang tidak memperbolehkan artikel untuk memiliki link ke luar website. Tips untuk mengatasinya adalah membiarkan website tersebut sampai di publish, setelah dipublish anda bisa menambahkan link website anda.

Baca juga : Bagaimanakah Cara Kerja SEO

Artikel SEO Friendly
SEO Backlink, src: milesweb.in

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah backlink merupakan bagian penting dari teknik SEO. Karena selain melakukan optimalisasi website anda, link yang merujuk ke website anda juga perlu diperhatikan. Karena semakin banyak backlink maka akan semakin bagus website anda.

Namun ada hal lain juga yang perlu anda perhatikan ketika membuat backlink, yaitu usahakan jumlah backlink yang anda buat merupakan hasil dari backlink yang berkualitas. Karena jika dari website yang berpotensi spam, maka akan memperburuk hasil SEO yang anda kerjakan.

Sekian dari kami mengenai apa itu backlink dan cara mencarinya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Leave a Comment