Tingkatkan Security WordPress dengan Melakukan Hal-Hal Berikut

Sekarang ini banyak website yang dibuat dengan wordpress, karena selain kemudahan dalam pemasangan dan penggunaan, wordpress juga mengklaim dirinya memiliki keamanan tinggi. Namun Apakah benar? Mari kita bahas tentang security wordpress.

Menurut kami wordpress memang memiliki keamanan yang tinggi di sisi koding programnya. Karena untuk merombaknya memerlukan pengetahuan yang lebih dibanding biasanya. Namun menurut kami wordpress masih memiliki celah untuk diretas.

Misalnya pada plugin atau tema yang mudah sekali diselipi kode program peretasan karena kebanyakan plugin dan tema yang dimuat dalam wordpress dibuat oleh pihak ke tiga, yang tentunya masih ada kemungkinan untuk dibobol.

Untuk itu anda perlu melakukan tips-tips berikut ini untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan pada website anda dengan meningkatkan keamanan wordpress.

Security WordPress

Berikut hal-hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan security wordpress.

Menggunakan Hosting Terpercaya

Hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah dengan memilih penyedia hosting terpercaya. Hal ini akan berpengaruh pada berjalannya website. Karena penyedia hosting terpercaya akan memberikan layanan yang bagus ketika anda sedang berkonsultasi ataupun ketika terjadi masalah pada serve.

Karena ketika berjalannya sebuah server nantinya pasti akan ada kemungkinan untuk terjadinya masalah, entah saat proses perbaikan atau pada saat terjadinya error. Biasanya penyedia hosting yang terpercaya akan memberikan saran dan arahan yang baik sampai masalah tersebut terselesaikan.

Berbeda dengan penyedia hosting yang tidak bagus. Cenderung mengabaikan masalah dan menyalahkan pengguna ketika terjadinya masalah, bukan malah membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu layanan yang disediakan pada penyedia hosting tersebut juga perlu diperhatikan, karena bisa jadi ada layanan yang bisa anda gunakan untuk menambah keamanan dari website anda.

PHP Versi Terbaru
PHP Versi Terbaru, src: code-epicenter.com

PHP Versi Terbaru

Sudah pasti, perangkat yang baru akan lebih bagus ketimbang dengan perangkat yang lama, karena biasanya yang baru memiliki perbaikan-perbaikan yang terjadi di versi sebelumnya. Dan hal ini terjadi pada bahasa pemrograman yan dipakai wordpress yaitu php.

Dikatakan bahwa pada php versi 7 memiliki performa yang lebih bagus dibandingkan dengan versi sebelumnya, lalu di sisi keamanan juga ditingkatkan dari versi sebelumnya, lalu yang paling terasa adalah kecepatan jalannya programan juga meningkat, dan masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan dari php versi terbaru.

WordPress Versi Terbaru

Tidak berbeda dengan versi bahasa pemrograman, versi wordpress juga akan mempengaruhi keamanan dari website anda. Apalagi versi wordpress yang terbaru sudah menggunakan php versi terbaru, maka keamanan website akan bertambah.

Gunakan Theme & Plugin Resmi

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa meskipun wordpress mengklaim bahwa memilikki keamanan tinggi, namun masih ada celah seperti tema dan plugin yang kebanyakan dibuat oleh pihak ke tiga. Hal yang perlu kita lakukan adalah menggunakan plugin resmi yang bisa didapatkan dari website wordpress maupun dari website pembuat plugin tersebut.

Memangnya ada yang dibagikan secara bebas? Ada, bahkan bukan hanya plugin yang gratis saja yang sebar, ada plugin yang berbayar juga turut dibagikan dan di unduh dengan gratis di internet yang luas ini. Dan ini berlaku juga pada tema wordpress.

Bahaya yang akan timbul adalah adanya kemungkinan penyisipan file-file berbahaya yang bisa merugikan kita saat memakai plugin atau tema tersebut.

Menggunakan Plugin Keamanan

Plugin juga bisa memiliki peran untuk mengamankan website. Contohnya sepeti jetpack yang bisa mencegah terjadinya brute force pada website anda. Selain itu masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh jetpack. Dan juga masih banyak plugin-plugin yang bisa anda pakai untuk mengamankan website. (Baca : Penting untuk Intall Plugin Wajib WordPress)

SSL Gratis
Memakai SSL pada Domain

Menggunakan SSL

Pada artikel sebelumnya disebutkan bahwa ssl bisa menambah keamanan dari website. Hal ini dikarenakan pada saat adanya pengiriman data dari pengguna ke penyimpanan website akan dienkripsi terlebih dahulu, sehingga data yang dikirim tidak berbentuk data asli namun barubah menjadi data kode unik.

Dengan ini seorang hacker akan kesulitan karena data tersebut tidak bisa dibaca secara langsung dan perlu tools lagi agar bisa menerjemahkan data yang sudah dienkripsi. Hal ini tentu akan meminimalisir terjadinya kebocoran data.

Baca : Cara Mendapatkan SSL Gratis

Username & Password Unik

Biasanya ketika anda membuat akun untuk login pada website wordpress anda akan memilih username yang mudah untuk diingat seperti “admin”, dan username ini dipakai terus menerus tanpa adanya proses pergantian.

Penggunaan username mudah ini bisa bahaya, karena jika terjadi brute force website bisa saja terbobol. Karena brute force bisa saja menggunakan algoritma tertentu untuk mencocokan karakter-karakter username dan password untuk bisa login.

Security WordPress Two-Factor Auth
Two-Factor Auth, src: wordpress.com

Two-Factor Authentication

Biasanya hacker akan menyerang dari halaman login agar bisa masuk dan memiliki hak akses di website tersebut. Untuk menangkalnya anda juga bisa memakai plugin two-factor authentication. Plugin ini akan memberikan notifikasi pada handphone anda atau email bahwa ada aktifitas login dan akan dikirimkan juga kode verifikasi untuk melanjutkan login.

Backup Rutin

Backup juga menjadi salah satu upaya untuk mengamankan website anda. Karena bisa jadi ketika anda sudah melakukan hal-halyang disebutkan diatas tapi masih saja terkena hack maka anda bisa menyiapkan backup secara rutin agar bisa memulihkan website anda dengan cepat.

Sekian ulasan yang bisa kami berikan mengenai cara meningkatkan security wordpress website anda. Paling tidak kita berupaya untuk melakukan hal-hal yang bisa kita usahakan untuk mengamankan website. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment