Mengenal Apa Itu Pengertian Digital Marketing Dan Kelebihannya

Bagi anda yang bekerja sebagai marketing pasti tidak asing dengan istilah digital marketing. Lantas apa itu pengertian digital marketing yang sebenarnya? Oke jangan khawatir karena kami akan berusaha memberikan penjelasan kepada anda mengenai hal ini.

Perkembangan ilmu teknologi informasi yang begitu pesat telah menyebabkan banyak pengaruh dan perubahan, termasuk pada bisnis yang yang ikut terpengaruh dengan kemajuan ini. Tentu teknologi yang sifatnya memudahkan dan meringankan pekerjaan akan berdampak sangat bagus bagi bisnis.

Banyak yang berubah dari bisnis sekarang ini, salah satunya adalah pada bagian marketing atau pemasarannya. Yang tidak hanya mengandalkan pemasaran konvensional namun juga menggunakan digital marketing atau pemasaran digital.

Pengertian digital marketing ini sangat penting bagi anda yang baru belajar tentang marketing maupun bagi anda yang sudah lama dalam melakukan marketing, sekedar untuk memperdalam dan mengetahui manfaat yang diperoleh.

Digital Marketing
Digital Marketing, src: elitemarketer.id

Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing adalah metode aktifitas atau kegiatan pemasaran dengan berbagai rangkaian cara dan teknik yang menggunakan media digital yang bertujuaan mendapatkan traffic, data, dan customer.

Dalam dunia bisnis, marketing memang sangat penting dan urgent. Karena selain untuk mendapatkan customer baru tentu ada hal lain yang di targetkan. Selain itu cara yang dipakai pun harus tepat karena akan berpengaruh pada kemajuan dari bisnis tersebut.

Nah karena sekarang ini sedang pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, maka banyak dari marketing bisnis memanfaatkan momen dan media ini untuk meningkatkan hal-hal dari target yang dicapai.

Biasanya marketing digital hanya berupa iklan di alat elektronik televisi atau radio saja. Namun sekarang tidak hanya itu saja, tetapi sudah merambah ke dunia internet. Yang mana jangkauannya lebih besar dan luas dengan pengguna yang lebih banyak.

Dengan kelebihan internet tersebut, sekarang tidak hanya digunakan untuk berbagi informasi saja. Sekarang sudah banyak dilirik oleh banyak pelaku marketing untuk memasarkan produk ataupun jasanya.

Dari beberapa media di internet berikut merupakan contoh tempat yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk melakukan digital markering Google Ads, Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi media iklan yang bisa anda pakai.

Baca juga : Apa Itu Niche Market Dan Bagaimana Cara Mencarinya

Kelebihan Digital Marketing

Lalu apa saja sih kelebihan dari digital marketing? Berikut akan kami jabarkan mengenai kelebihan digital marketing dibanding kan dengan marketing konvensional

Kacepatan Sebaran

Kecepatan merupakan hal yang penting, karena dari kecepatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk efisiensi waktu dan tugas, apalagi jika menyangkut masalah pekerjaan. Karena itu waktu menjadi hal yang perlu dibahas.

Saat anda menggunakan metode digital marketing waktu penyebarannya lebih cepat dibandingkan dengan marketing konvensional. Karena sekali publish saja semua orang bisa melihat apa yang anda iklankan. Contohnya seperti iklan di tv atau di internet. Tidak seperti makerting konvensional yang dilakukan dengan bertemu langsung atau dengan memasang pada billboard.

Market Lebih Luas

Dengan menggunakan digital marketing berarti anda menggunakan teknologi internet. Dengan internet orang yang satu bisa terhubung pada orang yang berbeda wilayah, hampir seluruh dunia bisa dijangkau dengan adanya internet.

Hal ini berarti digital marketing bisa menjangkau ke area yang lebih luas dibandingkan dengan marketing konvensional yang hanya pada wilayah tertentu saja.

Meningkatkan Penjualan
Meningkatkan Penjualan, src: networkingtimes.com

Meningkatkan Penjualan

Tidak dipungkiri bahwa semakin banyak orang yang ditarget dan di wilayah yang luas, tentu hasil penjualan pun akan meningkat dibandingkan yang sebelumnya yang hanya menargetkan untuk wilayah tertentu saja.

Karena dengan menggunakan digital marketing anda bisa menyebarkan promosi anda ke beberapa daerah hingga ke seluruh penjuru dunia, sehingga peluang anda mendapatkan pelanggan pun akan semakin tinggi dibandingkan yang sebelumnya.

Kemudahan Analisis Lapangan

Karena data yang didapat berupa data digital yang artinya dalam bentuk angka. Maka anda bisa melakukan analisis terhadap data tersebut untuk memperbaiki target anda berikutnya agar lebih tepat dan optimal.

Berbeda dengan marketing konvensional yang sulit mendapatkan data atau respon dari orang yang melihat iklan anda. Tentu anda tidak bisa melakukan apa-apa untuk meningkatkan agar penggunaanya lebih optimal.

Baca juga : Jenis-Jenis dari Digital Marketing

Hemat Biaya
Hemat Biaya, src: disruptiveadvertising.com

Menghemat Daya

Daya yang ada pada poin ini dari sisi tenaga, biaya dan waktu yang keluarkan. Dana yang dikeluarkan untuk melakukan digital terhitung lebih murah khususnya ketika menggunakan internet. Karena dengan menggunakan internet anda bisa memilih metode yang hemat seperti website sendiri atau menggunakan iklan berbayar.

Ketika anda menggunakan website atau sosial media, anda bisa menggunakannya dengan sedikit biaya atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Jadi dana yang dikeluarkan pun akan sedikit

Ketika anda menggunakan iklan berbayarpun masih sama, anda bisa mengatur sendiri waktu dan detail targetnya. Sehingga dengan pengaturan tersebut anda bisa memaksimalkan jalannya iklan dengan biaya yang sedikit.

Selain itu daya yang dikeluarkan pun akan sedikit, karena seperti yang disebutkan tadi bahwa untuk mempublish bisa dilakukan dengan dengan cepat dan tersebar dengan cepat. Sehingga waktu yang dibutuhkan akan sedikit. Setelah itu jika menggunakan website sendiri yang aktif 24jam, maka anda melakukan marketing selama 24 jam juga.

Baca juga : Manfaat Dari SEO untuk Bisnis

Sekian yang bisa kami bagikan untuk anda semoga isi artikel ini bermanfaat untuk anda dalam melakukan kegiatan berbisnis. Tetap semangat karena persaingan akan tetap ada meskipun jumlah targetnya lebih banyak dari sebelumnya. Jadi jangan cepat lelah untuk melakukan perbaruan teknik tan jangan cepat puas ketika mendapatkan hasil yang bagus.

Sampai jumpa pada artikel kami yang lainnya.

Leave a Comment