Membuat Video YouTube untuk Konten Pemasaran Digital

YouTube adalah platform penyimpanan video yang dimiliki oleh raksasa mesin pencari yakni Google.  Karena itu membuat video YouTube kontenpemasaran digital untuk perkembangan bisnis anda adalah hal yag tepat. Karena itulah bagi anda yang saat ini mulai merambah ke periklanan digital, ada baiknya untuk memproduks iklan cideo yang bisa diunggah di YouTube.

Berbagai pelaku bisnis menggunakan jenis digita marketing ini untuk menjaring klien baru. Anda bisa menggunakan layanan iklan berbayar, membuat video menarik agar viral atau bisa dengan memanfaatkan adanya influencer.

Langkah Taktis Membuat Video YouTube

Membuat Video YouTube
Buat konten iklan yang menarik. Sumber Unsplash

Dalam membuat video YouTube untuk konten marketing, anda bisa menggunakan langkah taktis di bawah ini. Tujuannya adalah agar kualitas video yang anda buat terkesan profesional atau setidaknya menjadi lebih baik karena pembuatannya terencana dengan baik.

1. Tentukan Tema

Pernahkah anda mengamati iklan di televisi secara detail ? Jika di amati dengan seksama, dalam suatu iklan tlevisi akan ada tema yang dipilih berdasarkan barang yang diiklankan. Seperti contoh iklan rokok yang selalu menggambarkan keberanian, kejantanan atau petualangan. Memang rokok hanya diperuntukkan pada kaum lelaki dan seperti itulah tema yang cocok.

Anda harus pandai dalam memilih tema, sesuaikan dengan produk yang anda jual. Sebenarnya hal ini tidak begitu mengikat. Banyak iklan yang memiliki tema yang tidak ‘sinkron’ dengan barang yang dijual. Namun apapun tema yang dipilih, segera tulis skrip video yang nantinya akan anda produksi.

2. Memulai Produksi

Anda bisa memulai produksi video pemasaran setelah penulisan skrip selesai. Setidaknya anda harus memperhatikan hal berikut ini dalam produksi video.

  • Perangkat terbaik : anda bisa memakai perangkat terbaik untuk memproduksi video. Selain kamera, pada peranagkat audio juga harus yang berkualitas. Hal ii agar video dan audio yang dihasilkan lebih berkualitas.
  • Lokasi: Pilih lokasi yang sesuai dengan skrip cerita dengan gangguan minimal. Selain itu pilihlah lokasi yang memiliki pencahayaan alam yang baik sehingga anda tidak membutuhkan perangkat pencahayaan tambahan.
  • Pemain: pilih pemain yang memiliki kemamuan dalam melakukan hal ini. Selain mmmmmmmmmmencari pemain yang nantinya dijadikan bintang iklan, anda juga harus memperhatikan kostum yang nantinya dikenakan.
  • Tim yang solid: buat tim yang solid sehingga anda bisa dengan mudah mendelegasikan pekerjaan. Setiap anggota memiliki tanggungjawab sendiri.

2. Editing Video

Melakukan edit video tidaklah mudah. Selain anda harus memiliki perangkat aplikasi pengeditan yang handal, anda perlu juga memiliki kemampuan mengoerasikan aplkasi tersebut jika ingin pekerjaan ini murni ditangani oleh tim anda sendiri. Lakukan proses berikut untuk mengedit video.

a. Proses pengumpulan bahan

Kumpulkan beberapa potongan klip video dalam satu folder. Pilihlah yang sekiranya layak untu digunakan. Buanglah video yang rusak dan bisa dipastkan tidak terpakai. Selain itu anda harus mengumpulkan berbagai hal yang diperlukan sepert gambar, infografis, file suara latar belakang dan sebagainya.

b. Buat editan kasar.

Buat urutan rekaman untuk membuat versi draf pertama video. Untuk melakukannya, buka skrip, temukan klip terbaik untuk setiap adegan, dan letakkan di timeline program pengeditan dalam urutan yang benar. Pastikan anda mengambil klip video terbaik dan meletakkannya di timeline dengan urutan yang tepat.

c. Perbaikan

Putar ulang video beberapa kali dan lakukan perbaikan pada waktu pengeditan. Anda bisa memotong klip dan membuang video yang tidak digunakan sehingga menjadi lebih padat. Usaha ini membutuhkan ketekunan.

d. Tambahkan suara dan efek.

Anda bisa menambahkan hal yang perlu ditambahkan seperti musik, gambar, infografis, dan sebagainya. Posisikan beberapa elemen tambahan tersebut di frame yang tepat.

e. Evaluasi

Sebelum video diluncurkan anda bisa melakukan evaluasi hasil video yang telah dikerjakan. Lakukan perbaikan jika ada kesalahan yang ditimbulkan selama proses pengolahan. Diharapkan pada fase ini perubahan atau perbaikan yang dilakukan adalah perbaikan minor.

3. Menerbitkan di YouTube

YouTube bukan hanya platform berbagi video, tetapi juga mesin pencari terbesar kedua di dunia. YouTube dapat  menjangkau lebih banyak orang daripada situs video lainnya. Karena itu dalam melakukan penerbitan video d YouTube harus dilakukan dengan benar agar video yang di terbitkan di YouTube bisa tepat sasaran.

Untuk menerbitkan di YouTube dan mendapatkan banyak viewer anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

Membuat Video YouTube
Youtube menjadi lahan periklanan. Sumber Unsplash
  • Dengan iklan berbayar. Ada layanan iklan berbayar di YouTube. Iklan ini biasanya akan di tampilkan di vide yang memiliki viewer banyak. Ada banyak type iklan yang bisa anda pilih di YouTube. Ada type iklan yang tidak bisa di lewatkan sampai iklan tersebut tampil sepenuhnya. Ada pu;a iklan yang tempilannya bisa di skip.
  • Dengan bantuan influencer. Anda bisa meminta bantuan influencer untuk mengorbitkan video anda. YouTube bukan satu-satunya pilihan. Anda bisa memintanya untuk menerbitkan di media sosial lain seperti instagram. Untuk alokasi dana yang lebih banyak anda bisa menggunakan influencer itu sendiri sebagai bintang tamu di iklan anda.
  • Optimasi mandiri. Ini adalah hal yang sulit, namun jika anda mampu dan berhasil melakukannya, anda akan memiliki investasi yang bagus kedepannya. Langkah ini dengan membuat saluran YouTube sendiri dan mengoptimasinya. Kemas album di saluran anda dengan menarik dan rajin-rajinlah membagikan konten anda ke media sosial dan bisa juga disematka di website anda.

Leave a Comment