Inilah Jenis Digital Marketing Yang Perlu Anda Kenal Untuk Bisnis

Perkembangan teknologi infomasi sekarang ini banyak sekali memberikan banyak keuntungan di berbagai sisi. Bisnis merupakan salah satunya yang mendapatkan pengaruh dari dari perkembangannya. Sekarang banyak hal pada bisnis yang menyangkut tentang teknologi termasuk pada media pemasarannya. Oleh karena itu mari kita sama-sama bahas tentang jenis digital marketing.

Yang pada teknik yang sebelumnya, marketing dilakukan dengan cara bertemu langsung pada calon pelanggan. Namun dengan adanya teknologi internet yang bisa membuat orang berjauhan terhubung maka kegiatan marketing pun berubah. Yaitu melakukan marketing menggunakan internet untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan marketing biasa.

Baca juga : Pengertian digital marketing dan manfaatnya

Sehingga baik perusahaan maupun bagian marketing pun akan sama-sama mendapatkan kemudahan dalam menjalankan pekerjaanya ketika menggunakan teknik digital marketing ini.

Namun teknik ini belum sepenuhnya menggantikan marketing konvensional, karena sekarang ini di indonesia masih tahap transisi dari konvensional menuju digital marketing. Sehingga ketika anda menggunakan teknik ini jangan meninggalkan dulu marketing konvensional yang biasa anda pakai.

Jenis Digital Marketing
Jenis Digital Marketing, src: curatebee.com

Jenis Digital Marketing

Selanjut ini akan dijelaskan tentang macam-macam jenis digital marketing. Karena tidak hanya satu jenis saja, ada beberapa macam digital marketing saat ini. Anda bisa menggunakan satu macam atau lebih dari jenis-jenis tersebut namun anda perlu mengetahuinya agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Berikut ulasannya :

SEO (Search Engine Optimizer)

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimizer, yang artinya melakukan upaya untuk meningkatkan rangking website pada halaman mesin pencari. Pada SEO anda akan melakukan digital marketing menggunakan website yang sudah di optimalisasi.

Ketika anda berhasil menggunakan SEO dengan baik, maka website anda akan berada pada posisi yang bagus pada halaman mesin pencarian. Dengan begitu anda akan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah meningkatkan brand awareness dari pelanggan.

Mengapa? Karena website yang memiliki rangking yang bagus menandakan bahwa website anda dianggap paling relevan dari hasil algoritma mesin pencarian. Sehingga selain berada pada posisi yang bagus, pelanggan akan mempercayai website anda.

Selain itu ketika anda menggunakan SEO anda tidak dipungut biaya, karena langkah-langkah untuk melakukan SEO bisa dilakukan sendiri, dan setelahnya hanya perlu waktu dan keuletan usaha anda untuk mencapai hasil yang bagus.

Perbedaan SEO dan SEM
SEO dan SEM, src: idwebhost.com

SEM (Search Engine Marketing)

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing yang artinya melakukan promosi bisnis menggunakan website pada halaman mesin pencarian. Lantas apa bedanya dengan SEO? Perbedaanya adalah pada langkah-langkah yang ditempuh dan hasil yang didapatkan ketika menggunakan teknik tersebut.

Baca juga : Apa Itu SEM dan Sejarahnya

Meskipun pada awal kemunculannya SEO merupakan bagian dari SEM, tapi sekarang ini sudah diperjelas oleh para marketing bahwa kedua hal tersebut berbeda. Pada SEM, anda akan melakukan iklan website pada halaman pencarian. Jadi anda akan membayar pada pihak mesin pencari agar meletakkan website anda pada bagian iklan di halaman mesin pencarian.

Sehingga website anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk berada pada halaman awal di hasil pencarian. Dan anda akan memiliki peluang lebih besar dan lebih cepat dibandingkan dari SEO. Karena untuk mendapatkan hasil yang bagus SEO membutuhkan waktu yang tidak bisa ditentukan sedangkan pada SEM anda bisa mendapatkan posisi yang bagus pada waktu yang lebih cepat.

Baca juga : Ketahui Inilah Perbedaan SEO dan SEM

Sosial Media

Jenis digital marketing yang selanjutnya adalah sosial media. Selain sebagai website untuk berbagi informasi dan saling menghubungkan antara penggunanya sosial media yang sekarang sudah berkembang menjadi tempat untuk berjualan.

Dengan keunggulan sosial media yang bisa menghubungkan langsung dengan orang per orang, maka banyak yang memanfaatkan sosial media untuk melakukan bisnis. Dari sisi penyedia sosial media tersebut pun juga tidak kalah dalam mengembangkan websitenya.

Penyedia sosial media sekarang ini seperti Facebook, Instagram, Twitter memberikan layanan iklan yang akan memberikan banyak keuntungan seperti bisa menargetkan ke segmen tertentu atau pun di waktu tertentu.

Video Marketing
Video Marketing, src: ideatick.com

Video Marketing

Belakangan ini video menjadi bentuk media yang mulai digemari. Mulai dari penyedia streaming youtube yang penggunanya mulai meningkat, serta pada sosial media yang mulai banyak menggunakan video sebagai bahan untuk dibagikan.

Oleh karena itu video marketing juga bisa anda gunakan untuk digunakan sebagai digital marketing. Tentu banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan video sebagai media promosi.

Dalam bentuk video tentu punya banyak kelebihan, diantaranya adalah ditampilkan dengan cara menarik dengan tambahan gambar bergerak dan suara pengiringnya, tentu memiliki kesan yang berbeda dari media iklan yang lainnya.

Meskipun sebelumnya sudah biasa anda lihat di televisi, namun di masa sekarang ini tingkat peminatnya menjadi lebih banyak dibandingkan dari penyebaran iklan yang sebelumnya.

Email Marketing

Selanjutnya adalah merketing menggunakan media email atau biasa disebut sebagai email marketing. Seperti namanya promosi ini dikirimkan menggunakan email kepada para pelanggannya.

Namun meski penyebaran promosi menggunakan email cenderung lebih mudah, terkadang email yang dikirim tersebut sering dianggap sebagai pengganggu atau spam, sehingga promosi yang diberikan sering tidak tersampaikan.

Namun ada tipsnya untuk mengurangi masalah ini, yaitu dengan mengirimkan email berupa informasi yang bermanfaat atau tips yang menarik untuk disimpan, nah di dalam nya bisa anda selipkan tentang promosi yang anda berikan.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan kepada anda tentang jenis digital marketing, semoga bermanfaat untuk anda, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment