Beginilah Cara Membuat Headline Copywriting Yang Baik Dan Menarik

Anda pasti sering sekali melihat sebuah judul koran atau majalah yang dibuat sangat besar dan mencolok? Ternyata judul yang dibuat besar, tebal dan mencolok tersebut bertujuan untuk membuat orang yang melihatnya penasarana lho. Itu lah yang namanya headline, peasaran? yuk simak cara membuat headline berikut.

Selain pada koran dan majalah anda juga bisa melihat ini di judul buku atau poster ataupun di media elektronik. Tidak terkecuali mempengaruhi copywriting atau pembuatan artikel pada suatu website blog. Baca : Cara Menulis Artikel SEO Friendly.

Banyak orang biasanya akan tersihir dengan pembuatan headline ini, terkadang meskipun orang tersebut tidak mengetahui apa isi konten yang disajikan (entah itu dibutuh kana ataukah tidak) dari headline tersebut akan dengan sendirinya penasaran dan menekan linknya.

Itulah kehebatan dari teknik membuat headline yang bagus. Yaitu mampu memainkan dan menggugah rasa ingin tahu dari seseorang. Dengan dorongan ini akhirnya banyak orang yang mengunjungi sebuah artikel.

Dengan begitu anda bisa memanfaatkan nya untuk keperluan bisnis atau yang lainnya. Karena itu penting bagi anda untuk mengetahui cara membuat headline ini. Untuk mengetahui secara keseluruhan mari simak penjelasan lebih lanjut berikut.

Cara Membuat Headline
Cara Membuat Headline, src: amazonaws.com

Apa Itu Headline

Sebelum membahas tentang cara membuat headline kita pahami dahulu tentang apa itu headline. Headline merupakan bagian terpenting dari sebuah iklan, content dan sejenisnya yang tujuan utamanya untuk menarik orang agar berhenti dan membacanya.

Headline ini tidak asing bagi anda yang berprofesi sebagai merketing terlebih lagi jika internet marketing yang hampir semua kontennya diawali berupa teks judul yang disebar dan di promosikan untuk bisnis.

Sebenarnya headline dalam media cetak seperti koran, majalah atau yang lainnya dan pada media digital tidak lah berbeda, karena intinya sama-sama ingin menarik orang untuk membacanya.

Bedanya ada pada tujuannya, jika media cetak maka tujuannya adalah dengan untuk membeli dan dibaca. Jika pada media digital tujuannya bisa untuk membeli akses media digital tersebut atau hanya ingin mendapatkan trafik visitor saja.

Dengan membuat headline yang menarik maka peluang untuk mendapatkan pengunjung akan lebih besar dibandingkan dengan judul yang biasanya. Headline juga terdapat dalam pembahasan landing page. Baca : Cara Membuat Landing Page.

Dari jaman dahulu sebenarnya teknik pembuatan headline ini sudah diajarkan, namun sekarang hanya berbeda pada media penerapannya yang semakin bervariasi. Dengan bukti bahwa teknik headine masih dipakai, berarti menandakan bahwa teknik headline ini masih efektif untuk dipelajari dan diterapkan.

Cara Membuat Headline

Nah pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat headline yang baik dan menarik? Berikut akan kami berikan sedikit cara membuat headline. Namun meskipun sedikit teknik ini sudah cukup untuk membuat headline yang menarik.

Menggunakan Angka dan Data

Contoh Penggunaan Angka
Contoh Penggunaan Angka

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Neil Patel, headline yang menggunakan data spesifik bisa meningkatkan sebesar 73% interaksi dari pembaca. Karena dengan menyisipkan angka pada headline akan memberikan efek kepada otak kita untuk membaca lebih cepat dan membuat semakin penasaran.

Anga disini bisa berupa langkah-langkah pada tutorial, penjelasan contoh, jumlah item pembahasan, persentase, atau ukuran dari suatu pembahasan. Dan masih banyak lagi angka-angka yang bisa anda masukka pada headline untuk membuatnya menarik.

Selain itu penggunaan angka ini juga membuat pembaca mengetahui berapa banyak isi yang dibahas pada sebuah artikel. Yang menyebabkan pembaca sering membandingkan antara judul yang satu dengan judul lainnya. Dan hasilnya lebih cenderung pada headline yang memiliki angka lebih banyak. Contoh :

  • 7 Pilihan Tema WordPress Paling Ringan
  • 99+ Pilihan Tema WordPress Paling Ringan

Dari contoh diatas manakan menurut anda judul yang lebih menarik untuk dibaca? Tentu judul yang memiliki angka lebih banyak yang memiliki kemungkinan lebih besar untu dibaca.

Dan ternyata menggunakan angka ganjil dan genap juga memiliki pengaruh yang berbeda. Dari beberapa sumber artikel menyebutkan bahwa penggunaan angka ganjil memiliki ketertarikan lebih dibandingkan dengan angka genap.

Namun banyaknya nominal angka ini juga tidak selalu membuat pembaca tertarik. Salah satunya pada langkah-langkah tutorial. Karena kebanyakan orang lebih tertarik dengan sedikit langkah untuk mengerjakan sesuatu. Contoh :

  • Cukup 1 Kali Klik Untuk Membuat Website
  • 9 Langkah Membuat Website

Pasti langkah-langkah yang lebih simpel lebih banyak dipilih oleh pembaca untuk diterapkan. Dan sebagai catatan menurut beberapa sumber artikel membuat langkah panduan tidak boleh lebih dari 9 langkah. Karena otak akan menganggap langkah panduan penang jika lebih dari 9 langkah.

Menggunakan Alasan

Selanjutnya adalah dengan memberikan kata alasan tentang apa artikel yang anda buat. Karena dari penggunaan kata alasan tersebut pembaca akan tahu seberapa pengaruhnya artikel yang anda buat untuk pembaca.

Namun ada mesti memilih kata alasan yang tepat untuk di gabungkan dengan judul utama artikel anda. Karena tidak semua kata alasan bisa cocok, perlu dipilih dan diolah lagi saat digabungkan. Berikut beberapa kata alasan yang bisa anda gunakan :

  • Tips
  • Trik
  • Cara
  • Alasan
  • Fakta
  • Ide
  • Rahasia
  • Strategi
  • Prinsip

Contoh penggunaan kata alasan :

  • 5 Rahasia Bill Gates Dalam Menjalankan Bisnis
  • 7 Fakta Laptop Gaming yang Perlu Anda Ketahui

Itu lah beberapa penggunaan dari kata alasan pada sebuah headline. Mungkin hanya menambahkan beberapa kata saja namun efek yang ditimbulkan sudah serbeda dari judul yang tidak menggunakan kata alasan.

Maksimalkan Panjang Maksimal

Panjang Headline
Panjang Headline

Karena pada artikel ini membahas tentang headline pada sebuah copywriting sebuah konten, maka akan ada hubungannya dengan jumlah karakter pada judul tersebut untuk menyesuaikan dengan mesin pencarian.

Dari rekomendasi Google yang merupakan salah satu mesin pencarian, setidaknya panjang headline tidak melebihi dari 62 karakter. Jika melebihi dari jumlah tersebut akan terpotong dan menyebabkan berkurangnya nilai dari sebuah headline.

Selain itu jika judul anda pendek maka panjangkan lah sesuai dengan batas karakter yang ada. Sebab dengan panjang tersebut bisa jadi ada beberapa yang tertarik dari sisi yang anda targetkan pada judul tersebut. Anda juga bisa menggunakan kata alasan untuk melengkapinya.

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan mengenai cara membuat headline. Ini merupakan salah satu langkah dari seo on-page. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Comment