Apa Itu Niche Market & Bagaimana Cara Mencarinya Untuk Bisnis Online

Pasti dari anda ingin memulai sesuatu bisnis yang anda sendiri kelola. Kalau memang begitu ketahui terlebih dahulu apa itu niche dan bagaimana caranya untuk mencari untuk mengembangkan bisnis anda di bidang digital marketing.

Sebelum itu perlu anda ketahui bahwa perkembangan bisnis online sekarang ini sudah sangat berbeda dengan bisnis online pada 4-5 tahu sebelumnya. Sekarang sudah jauh lebih berkembang dari sisi teknologinya maupun sistem yang diterapkan.

Niche Market
Niche Market, src: entrepreneur.com

Apalagi dengan munculnya marketplace yang banyak sekali muncul di pencarian google, selain itu iklan-iklan di sosial media yang mudah dilakukan oleh siapa saja ikut bergabung, entah itu pebisnis yang masih awal maupun pebisnis yang sudah besar.

Sehingga anda yang ingin ikut dalam dunia bisnis pun mungkin akan kesusahan dan bahkan tidak punya peluang untuk mendapatkan keuntungan. Lebih parahnya lagi jangankan keuntungan, pembeli yang masuk pun mungkin dikatakan tidak ada.

Bukan maksud untuk mengecilkan niat anda yang akan bergabung pada dunia bisnis, namun seperti inilah kenyataan yang sedang terjadi. Namun dari kenyataan tersebut bukan berarti tidak ada kemungkinan untuk ikut terjun dalam dunia bisnis.

Dengan berkembangnya teknologi informasi tidak hanya media nya yang berkembang, namun teknik yang dipakai juga akan berkembang. Oleh karena itu masih cara banyak cara untuk ikut bersaing pada bisnis online ini, salah satunya adalah dengan ikut dalam niche market.

Apa Itu Niche Market

Apa Itu Niche
Apa Itu Niche, src: fabrikbrands.com

Secara umum pengertian dari niche market adalah kelompok konsumen yang memiliki ketertarikan kepada suatu produk namun produk tersebut memiliki spesifikasi khusus. Dan sasarannya adalah menarget sebagian kecil dari konsumen di pasaran.

Akan tetapi jangan salah paham terlebih dahulu, meskipun sasarannya yang ditarget adalah sebagian kecil dari konsumen yang khusus namun anda bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dari konsumen tersebut.

Contohnya saja ketika anda mencari jasa seo atau pun jasa pembuatan website, anda mungkin akan mendapatkan banyak rekomendasi. Namun dari banyaknya rekomendasi tersebut pasti memiliki layanan, harga, jaminan, dll yang titawarkan kepada calon konsumen.

Dari situ lah anda bisa mengubah baik itu layanan atau pun detail-detail lainnya dari produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan begitu anda bisa menarik minat dari sedikit konsumen namun bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Baca juga : Manfaat SEO Untuk Bisnis

Bedanya Niche Market dan Mass Market

Sebenarnya bedasarkan besar cakupannya market atau pasar dibagi menjadi 2, yaitu niche market dan mass market. Niche market sudah kita bahas pada penjelasan diatas tingga apa itu mass market. Mass market merupakan sebuah pasar yang cakupannya luas atau umum namun masih memiliki segmentasi yanf ditargetkan.

Berikut contoh mudah untuk membedakan keduanyanya. Contoh dari mass market adalah pasar elektronik, pasar tersebut berisi beragam alat-alat elektronik mulai dari yang besar hingga yang kecil, dan juga mencakup untuk berbagai jenis kebutuhan yang menggunakan alat elektronik.

Kemudian contoh pembandingnya untuk niche market adalah pasar elektronik smartphone android. Yang mana pasar ini hanya berisi alat elektronik berupa smartphone android saja, dan tidak ada elektronik lainnya dan jenis lainnya yang dijual.

Memilih Niche Market
Memilih Niche Market, src: freepik.com

Cara Mencari Niche

Setelah mengetahui dan memahami apa itu niche market beserta contohnya, selanjutnya adalah bagaimana cara mencari niche. Yang nanti dari niche tersebut akan diterapkan pada bisnis yang ada mulai atau sedang berjalan.

Baca juga : Pentingnya Memilih Niche Blog

Niche Yang Anda Suka

Dalam bisnis ada dua cara untuk melakukan proses penentuan marketnya. Yang pertama anda menentukan terlebih dahulu target bisnis anda kemudian menentukan produk atau jasanya, yang kedua adalah anda memiliki produk atau jasa kemudian menentukan target nya.

Dari keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika anda bingung untuk menentukan memilih yang mana, maka anda bisa memilih keduanya.

Langkahnya adalah dengan memulai dari apa yang ada sukai terlebih dahulu. Sepeti kata bijak “pekerjaan yang paling enak adalah hobi yang dibayar”, maka terapkanlah hal itu untuk menentukan niche bisnis anda.

Misalkan anda gemar memakai hijab yang bermodel, maka anda bisa menjadikan hijab tersebut sebagai niche market anda. Anda bisa menjual satu atau dua model hijab yang sering anda pakai sebagai bisnis yang anda jalankan. Tentu tidak hanya terbatas ini saja, anda bisa menentukanya sendiri dari apa yang anda sukai.

Niche Permintaan

Selanjutnya adalah berdasarkan permintaan, hal ini dikarenakan anda sudah dikenal baik memiliki sebuah kemampuan atau dari produk yang anda gunakan. Jika dari hal tersebut ada orang yang meminta jasa atau membeli produk anda maka hal tersebut bisa anda jadikan sebagai niche market anda.

Misalkan ada teman anda yang meminta dibuatkan logo, ketika sudah selesai hasilnya, teman anda merasa puas dengan anda karena hasilnya bagus. Maka hal ini bisa anda jadikan sebagai niche bisnis anda. Meskipun sebenarnya anda tidak begitu menyukai kegiatan tersebut.

Niche Yang Dipelajari

Yang terakhir adalah dari yang dipelajari, biasanya niche ini berawal dari kondisi masyaratakat yang ada. Entah itu dari kondisi ekonomi atau pun dari sisi teknologi, dari situ lah muncul kemungkinan suatu hal yang bisa anda jadika sebagai niche market.

Misalkan suatu bisnis ternyata bisa di promosikan lewat website, lalu banyak orang berbondong-bondong mulai mencari jasa pembuatan website. Dari hal tersebut anda bisa mulai untuk mempelajari bagaimana cara membuat website, meskipun anda tidak memiliki basik pengetahuan dan tertarik pada perihal tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan kepada anda tentan apa itu niche market. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment