Cara Menggunakan Reels Instagram Untuk Pemasaran

Keberadaan TikTok dan aplikasi sejenisnya yang terfokus pada pengolahan video pendek menjadikan Instagram yang muncul dan memiliki popularitas lebih dahulu melakukan strategi demi mempertahankan audiens. Instagram memunculkan reels. Sebagaimana platform olah video pendek lainnya, reels di masa depan kemungkinan bisa digunakan untuk pemasaran. Karena itu, cara menggunakan Reels Instagram untuk pemasaran penting untuk diketahui.

Jika bisnis Anda menggunakan pemasaran digital untuk menjangkau konsumen, maka menggunakan platform populer terbaru menjadi keharusan. Audiens biasanya akan penasaran dan menggunakan platform atau fitur terbaru tersebut. Dan disitulah Anda hadir melakukan pengenalan produk secara langsung, branding atau upaya soft selling lainnya.

Cara Menggunakan Reels Instagram Untuk Pemasaran

Apa itu Reels Instagram?

Sebagaimana platform video pendek lainnya, reels pada Instagram menampilkan video pendek dengan beragam efek. Biasanya pengguna Instagram reels akan melakukan pengenditan secara mandiri dan bereksplorasi dengan aplikasi tersebut sehingga menghasilkan video pendek unik yang nantinya di posting.

Sebagai pendatang baru yang akan bersaing dengan TikTok, Reels Instagram memang harus berhadapan dengan TikTok yang sudah memiliki jutaan pengguna aktif setiap bulannya. Meskipun berbagai fitur yang ada pada Reels Instagram menyerupai TikTok seperti penggunaan multi klip, pengatur kecepatan klip dan efek lainnya namun masing masing memiliki feel tersendiri.

Bagaimana Cara Membuat Reels Instagram?

Seperti halnya aplikasi sejenisnya, fitur yang ada pada aplikasi Instagram ini sangat mudah untuk digunakan. Inilah beberapa fungsi fitur yang ada pada Instagram Reels :

1. Audio

Konten audio ini digunakan untuk memberikan suara latar pada video yang nantinya akan Anda buat. Audio bisa Anda pilih di perpustakaan yang diintegrasikan di Reels Instagram. Anda bisa menggunakan audio asli dari klip yang Anda buat, atau bisa juga menyisipkan audio milik Anda sendiri.

2. AR Effects

Efek ini adalah efek video yang bisa Anda gunakan ketika membuat video. Anda tinggal mengambil efek di galeri efek yang dibuat oleh Instagram sendiri atau efek yang dibuat oleh pembuat konten di seluruh dunia.

3. Timer

Anda bisa membuat video ini mandiri tanpa bantuan teman dengan menggunakan pengatur waktu. Setelah ada aba-aba selama tiga detik, maka Anda bisa memulai untuk merekam.

4. Allign

Anda bisa mensejajarkan dengan tepat antara klip satu dengan klip setelahnya. Ini akan menjadikan transisi yang halus pada perpaduan antar klip.

5. Speed

Pengaturan ini untuk mempercepat gerakan video atau audio pada bagian klip yang Anda inginkan.

6. Tambahkan Stiker, Tag, atau Teks

Anda bisa menambahkan stiker, teks, tag dll yang sudah di sediakan oleh Instagram. Untuk tujuan pemasaran, tentu penggunaan fitur ini akan bermanfaat.

Menggunakan Reels Instagram Untuk Pemasaran
reels www.pexels.com@fotios-photos

Tips Memaksimalkan Reels Instagram untuk Pemasaran

Fitur besutan Instagram ini sangat menarik, dan memang menjadi pesaing utama TikTok. Namun ketika Anda menggunakannya untuk tujuan pemasaran, tentu ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Inilah diantaranya:

1. Buat Kesan Pertama Yang Luar Biasa

Dengan menggunakan sarana pemasaran dari Reels, maka Anda akan berpeluang mendapatkan pengikut ratusan ribu. Namun semua akan kembali pada konten yang nantinya akan Anda bagikan. Karena itu, membuat konten pertama sebagai gebrakan menjadi sangat penting. Pastikan kesan pertama yang luar biasa.

Buatlah konten yang relevan dengan yang Anda jual. Selain itu untuk mencegah kebosanan, pastikan konten yang Anda bagikan tidak selalu penawaran produk. Anda bisa membagikan konten hiburan selain konten pemasaran.

2. Buatlah Konten Yang Memancing Rasa Penasaran

Adakalanya untuk menarik pengikut banyak maka sebagian sosialita, selebgram dan sejenisnya membagikan konten yang kontroversial, menampilkan sensualitas dan konten buruk lainnya. Memang setelah itu akan banyak pengikut.

Namun untuk pemasaran Anda bisa membagikan konten yang bermanfaat namun menjadikan siapa saja yang melihat konten Anda bertanya-tanya, siapa Anda. Bisa dengan memberikan video tutorial singkat, video ulasan, video trik atau tips dan sebagainya.

3. Lakukan Branding

Anda bisa melakukan branding melalui klip yang Anda bagikan. Branding ada kaitan dengan logo atau identitas. Karena itu, Anda bisa menambahkan logo pada klip yang Anda bagikan. Bisa logo secara jelas atau memasang logo berupa watermark transparan.

4. Sematkan Beberapa Kata Kunci dan Tagar

Menggunakan tagar atau kata kunci tertentu pada postingan klip Anda bisa memudahkan Anda untuk di temukan orang melalui fitur penelusuran. Akan tetapi karena kalimat yang bisa Anda sematkan tidak banyak maka gunakan tanda pagar atau kata kunci dengan bijak dan jangan berlebihan.

5. Sesuaikan Topik Tertentu

Biasanya ketika sedang viral topik atau tren tertentu, maka orang orang akan mencari atau menggunakan tagar yang berkaitan dengan topik atau tren tersebut. Anda bisa mendapatkan panggung ketika menggunakan tagar, kata kunci atau bahkan konten yang relevan dengan tren yang ada. Namun Anda harus memastikan konten harus relevan dengan bisnis Anda.

6. Penggunaan Audio Sendiri

Memang di perpustakaan Reels Anda bisa mendapatkan audio berupa musik yang bisa Anda gunakan dengan bebas. Namun jika Anda bisa menyisipkan audio milik sendiri itu lebih baik. Apalagi jika audio tersebut merupakan lagu atau jingle promosi produk Anda, peningkatan progres branding akan semakin bagus.

7. Jalankan Serial

Durasi video klip yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Reels Instagram tentu akan terbatas. Karena itu, jika Anda memiliki konsep video panjang maka buatlah klip berupa serial yang mneyambung antara posingan satu dengan yang lain. Ini akan menimbulkan rasa penasaran dari audiens.

Mengapa Menggunakan Reels Instagram untuk Pemasaran?

Apakah Anda masih ragu dengan penggunaan Reels Instagram untuk pemasaran? Padahal ada banyak keunggulan yang bisa di dapatkan ketika Anda menggunakan Reels Instagram. Inilah diantaranya.

1. Jangkauan Audiens Lebih Luas

Reels merupakan fitur yang tidak bisa berdiri sendiri. Ia ada pada aplikasi besar Instagram. Karenanya, jika Anda mengunggah konten melalui Reels, maka peluang untuk mendapatkan viewers besar dari pengguna Instagram akan menjadi lebih besar. Dengan demikian Anda akan mampu menjangkau audiens lebih luas.

2. Meningkatkan Keterlibatan

Dengan menggunakan Reels di Instagram, maka keterlibatan audiens akan lebih besar. Mungkin mereka hanya mengetahui bisnis Anda melalui website, halaman pencarian SERP atau bahkan brosur iklan. Namun dengan menggunakan Reels Instagram, Anda bisa membuka komunikasi dengan audiens lebih besar.

3. Klip Akan Tersimpan

Keunggulan lainnya adalah ketika Anda memposting klip di Reels, maka postingan tersebut akan selalubtersimpan. Berbeda dengan postingan story yang akan hilang setelah jangka waktu tertentu, postingan Reels bisa tersimpan dan bisa Anda jadikan bahan riset di kemudian hari sehingga Anda bisa mempelajari trik seperti apa yang bagus untuk pemasaran produk Anda.

Reels Instagram Untuk Pemasaran

Penutup

Berbagai platform atua fitur terbaru dari media sosial, sebaiknya selalu Ada ikuti selama Anda ingin visibilitas bisnis Anda selalu terjaga di dunia maya. Meskipun nantinya mungkin tren akan menurun, namun dengan mengikutinya di awal, ini akan menandakan bahwa bisnis Anda selalu update dengan tren yang berjalan.

Pengelolaan akun sosial media membutuhkan banyak waktu, teaga dan kreatifitas. Namun jika Anda tidak memiliki waktu, tenaga atau ide kreatif untuk mengelola media sosial Anda, terutama akun Instagram, Anda bisa mempercayakan pengelolaannya kepada KhairaDigital. Segera huubungi jasa admin sosial media KhairaDigital dan raih pengikutmu kembali!

Leave a Comment