Membangun Website Jualan? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini!

Berbisnis atau jualan saat ini dimudahkan dengan menggunakan berbagai platform yang memungkinkan Anda untuk masuk ke dunia digital. Salah satu langkahnya adalah dengan membangun website jualan baik itu jualan produk atau jasa.

Sebelum Anda membangun website jualan, maka sebaiknya Anda memahami dulu bisnis apa yang Anda jalankan. Hal ini terkait dengan model website yang akan di bangun. Apakah website bisnis secara umum, website onlinestore, website profil, atau website portofolio. Dengan mempelajari hal ini maka Anda tidak akan salah dalam membangun website dari awal.

Jenis Website Jualan

Website Jualan
Website marketplace. Sumber Unsplash @campaign_creator

Ada beberapa jenis website jualan yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk atau jasa Anda. Sebesar apa bisnis Anda? seperti apa bisnis Anda? Identifikasi bisnis Anda dan bangun website yang tepat.

1. Website Jasa

Jika Anda membuka bisnis jasa dan berencana untuk membangun website untuk mengembangkan bisnis di dunia digital, maka Anda harus membuat website yang sesuai dengan apa yang Anda tawarkan. Website jasa berbeda dengan website yang menjual banyak barang dan yang harus di tampilkan.

Misalnya saja website tentang jasa kontraktor bangunan. Website tersebut tentu berisi beberapa contoh proyek yang dikerjakan. Artinya tidak semua contoh proyek di lampirkan dalam portofolio. Berikan portofolio terbaik dari proyek yang telah Anda kerjakan, berilah gambar yang bagus beserta informasi yang lengkap. Gambar infografis akan membantu memahamkan audiens Anda.

Untuk menarik konsumen Anda perlu membuat halaman tersendiri yang memang berisi penawaran. Halaman inilah yang di sebut dengan landing page. Karena halaman ini sangat berarti dan berfungsi untuk memancing konsumen agar masuk ke bisnis Anda, banyak orang lebih memilih pengerjaan landing page ke jasa pembuatan landing page.

Untuk membuat website seperti ini, Anda bisa menggunakan paltform CMS WordPress. Dengan WordPress website anda akan ramah SEO dan juga mudah dalam pengelolaannya. Untuk Anda yang pemula sangat di sarankan menggunakan CMS ini.

2. Website Jualan Hanya Produk Khusus

Website Jualan
Pastikan Anda membangun website dengan benar. Sumber Unsplash

Bisnis terkadang memperjual belikan barang yang spesifik atau khusus. Untuk menjual barang yang khusus tentu varian barangnya tidak seperti barang dagangan yang ada di marketplace. Anda tidak perlu membutuhkan banyak halaman untuk display produk. Maksimalkan beberapa halaman untuk produk yang Anda jual.

Penggunaan landing page masih relevan untuk bisnis seperti ini. Untuk meyakinkan konsumen, buatlah uraian yang detail mengenail produk Anda. Selain itu gambar yang berkualitas juga harus disediakan. Website seperti ini hampir mirip dengan website yang menjual jasa. Hanya saja terkadang di website jasa, seperti website kontraktor bangunan, tidak akan di tampilkan harga.

Penggunaan CMS WordPress untuk tipe website ini akan memudahkan Anda mengelola konten yang ada pada website. Jika Anda memerlukan tambahan fitur seperti keranjang belanja pada website jualan lainnya, Anda bisa menggunakan plugin yang bisa Anda dapatkan baik gratis maupun berbayar.

3. Website Jualan Banyak Produk Bervariasi

Bisnis yang mulai membesar akan memberikan dampak pada semakin banyaknya produk atau layanan yang akan di jual. Jika Anda memiliki bisnis yang membesar dan sudah memiliki banyak produk dengan kategori yang bervariasi, maka Anda perlu memikirkan untuk membuat website jualan yang lebih profesional.

Jika Anda menggunakan platform WordPress, Anda masih bisa mendapatkan website seperti toko online biasanya namun pengelolaannya masih menggunakan WordPress. Anda hanya perlu memaksimalkan penggunaan WooCommerce. Apa itu WooCommerce?

Dengan menggunakan WooCommerce, website Anda akan memiliki tampilan dan fitur seperti layaknya website toko online. Jika Anda memiliki website berbasis WordPress sebelumnya, Anda tidak akan melakukan perubahan yang besar. Pengaplikasiannya cukup mudah.

Meskipun menggunakan WooCommerce, namun Anda tetap harus menggunakan CMS WordPress. Hal ini dikarenakan WooCommerce tidak dapat berdiri sendiri melainkan masuk sebagai plugin CMS WordPress. Seperti yang diketahui bahwa CMS WordPress merupakan CMS dengan pengguna terbanyak di dunia.

Pilihan lain selain menggunakan WordPress adalah mengggunakan CMS PrestaShop. CMS ini memang dibangun untuk membuat website toko online. Berbeda dengan WooCommerce yang harus berjalan di CMS WordPress.

Selain itu dukungan Payment Gateway lokal yang akan memudahkan transaksi di toko online Anda bisa menjadi nilai tambah dalam penggunaan CMS ini. Selain PrestaShop, ada beberapa CMS lain yang bisa Anda gunakan seperti Magento, OpenCart dan sebagainya.

4. Website Jualan Tingkat Lanjut

Website jualan tingkat lanjut memerlukan fungsi yang lebih banyak. Karena itu Anda memerlukan CMS yang benar-benar di bangun hanya untuk mengelola website jualan online. Mungkin Anda akan memerlukan fitur transaksi menggunakan gateway payment, fitur menghitung ongkos kirim, atau fitur deposit konsumen yang ada pada setiap akun konsumen.

Untuk menggunakan fitur lengkap tersebut, Anda harus menggunakan penyedia layanan yang memang khusus menangani pembuatan website online store canggih dan tentu harga website yang mahal. Salah satu platform pembuatan website canggih tersebut adalah Shopify.

Shopify merupakan CMS kelas dunia yang populer digunakan untuk membangun website online store. Berbeda dengan WordPress yang mengggunakan hosting sendiri. Untuk Shopify, maka merekalah yang menyediakan hosting. Anda hanya perlu membayar biaya perbulan yang relatif mahal untuk pebisnis pemula.

Untuk biaya bulanan paket Shopify paling rendah, Anda akan dikenakan biaya 400 ribuan. Karena itu disarankan penggunaan shopify untuk Anda yang berbisnis di kelas internasional. Memang di Indonesia platform ini kurang begitu dii kenal, karena memang sebagian besar bisnis di Indonesia adalah kelas UMKM. Namun saat ini ada sebagian website online store di Indonesia yang sudah memulai menggunakan Shopify.

Website Jualan Untuk UMKM

Website Jualan
Website penting untuk jualan. Sumber Unsplash @anniespratt

khairaDigital memfokuskan dirinya untuk melayani bisnis skala UMKM untuk berkembang. Karena itu, kami tentu akan memberikan solusi bagi pebisinis UMKM untuk berjualan di dunia digital dengan mudah dan tentu saja berbiaya murah. Perekonomian Indonesia berdiri diatas usaha rakyat skala UMKM dan kami bekerja untuk itu, menyediakan website murah untuk UMKM.

Apapun bisnis Anda, jika masih dalam tahap ‘grade’ UMKM maka dalam pembuatan websitenya sebaiknya menggunakan WordPress. Menurut kami, platform inilah yang menurut kami cocok untuk kelas UMKM. Selain mudah dalam pengelolaannya, lebih murah dari web builder premium, juga yang terpenting adalah ramah SEO.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menghubungi KhairaDigital yang akan bersenang hati membantu Anda dalam mengembangkan bisnis UMKM yang Anda rintis. Pastikan bisnis Anda memiliki kemampuan bersaing di dunia digital bersama KhairaDIgital.

Leave a Comment