Membangun Bisnis dengan Facebook Marketing

Bisnis dengan media digital sebagai sarana untuk pemasaran atau biasa disebut digital marketing saat ini di gandrungi oleh siapapun. Bahkan dengan adanya pandemi Covid-19 justru aktifitas transaksi digital meningkat tajam seiring dengan di terapkannya pembatasan sosial. Salah satu platform yang sampai saat ini ramai di gunakan untuk pemasaran adalah Facebook atau biasa disebut Facebook marketing.

Meskipun pada awalnya Facebook meyediakan layanannya untuk media sosial yang bersifat pribadi, namun seiring bertambahnya popularitas, saat ini Facebook menyediakan fitur yang lebih beranekaragam dan tentu memanjakan penggunanya.

Dengan kapasitas hosting yang besar dan tersebar, Facebook membuka fitur baru yang mendukung aktifitas bisnis seperti Marketplace Facebook, Fanpage bisnis, dan bahkan siaran langsung yang digunakan untuk pemasaran.

Facebook Marketing
Facebook untuk mencari peluang bisnis. Sumber Unsplash

Menggunakan Fanpage Facebook

Ada beberapa fitur yang bisa di gunakan untuk berbisnis di Facebook. Namun pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai Fanpage atau halaman dari Facebook. Fanpage merupakan halaman yang dibuat di Facebook dan di kendalikan oleh akun dalam jumlah bisa lebih dari satu.

Ketika membuat sebuah fanpage, anda harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Kemudian anda sebagai admin utama sekaligus pemilik fanpage bisa menambahkan akun lain sebagai pengelola atau admin.

Keunggulan Fanpage

Mengapa malah menggunakan fanpage? Mengapa bukan menggunakan akun secara langsug? Ada beberapa alasan mengapa dalam membangun bisnis dengan facebook marketing lebih bagus menggunakan fanpage daripada menggunakan akun. Hal ini karena fanpage memiliki kelebihan dari akun biasa.

1. Follower lebih banyak

Ketika anda membuat fanpage untuk bisnis anda, anda akan memiliki peluang untuk menghimpun jumlah fans sebanyak-banyaknya, tanpa batasan. Bahkan andabisa menghimpun jutaan. Lain halnya jika anda hanya memanfaatkan akun Facebook, satu akun maksimal hanya bisa berteman dengan 5.000 orang. Karena itu bangun follower anda dengan menggunakan halaman fanpage.

2. Masuk ke Mesin Pencarian

Dengan mengugnakan Fanpage Facebook, maka anda memiliki investasi dalam SEO. Anda bisa menautkan website anda di fanpage karena saat ini fanpage sudah terindeks atau terdaftar dalam search engine. Dengan demikian halaman anda akan lebih mudah ditemukan dalam search engine oleh calon pembeli.

3. Bisa Tag dan Check In

Smua pengguna Facebok ketika embuat postingan memiliki kemampuan untuk melakukan tag halaman facebook bisnis anda. Hal ini tidak bisa dilakukan jika seller menggunakan akun Facebook. Hanya orang-orang yang berteman dengan akun itulah yang bisa men-tag. Secara tidak langsung ini bisa menjadi peluang gratis promosi anda. Selain itu bagi fanpage yang memiliki lokasi bisnis secara riil, pengguna Facebook bisa men-tag lokasi bisnis anda atau check-in di lokasi.

4. Lebih Profesional

Jangan harap akun lain akan mudah berteman dengan anda jika anda menggunakan akun Faceboo untuk berbisnis. Lain halnya ketika anda menggunakan fanpage untuk Facebook marketing. Dengan menggunaka fanpage, anda akan terlihat lebih profesional dalam mengelola bisnis.

Banyak penjual atau pebisnis di Facebook yang mencampuradukkan informasi produk dalam akun Facebook personal yang dimilikinya. Hal ini tentu membuat calon pembeli menjadi bingung atau terganggu. Penggunaan Fanpage memungkinkan untuk pemisahan antara konten untuk berbisnis dan konten kehidupan pribadi.

5. Akan Tampil di Beranda Follower

Semua posting yang anda lakukan di fanpage akan muncul dalam newsfeed siapa saja yang mengikutinya. Pelanggan yang bisa jadi berjumlah ratusan ribu yang mengeklik suka pada fanpage anda akan mendapaatkan kiriman postingan fanpage jika anda memposting. Karena itu anda harus memanfaatkan halaman tersebut semaksimal mungkn, jika halaman tersebut memilki bahkan jutaan pengikut maka jutaan tersebut akan mendapatkan kiriman dari anda.

Facebook Marketing
Manfaatkan fanpage untuk menghimpun konsumen. Sumber Unsplash

Membangun Fanpage untuk Facebook Marketing

Untuk membangun halaman di Facebook tidak ada biaya apapun yang diperlukan. Setelah anda membuat Halaman, anda juga langsung dapat menggunakannya untuk memposting konten, menautkan ke situs web anda, dan berkomunikasi dengan pengikut.

Karena itulah Halaman Facebook menjadi alat yang sangat berharga bagi pemasar mana pun yang bekerja dengan anggaran terbatas. Karena itu pastikan anda memiliki halaman Facebook untuk menjaring pelanggan di platform media sosial besutan Mark Zuckerberg ini. Inilah beberapa panduan dalam membangun halaman fanpage Facebook untuk tujuan marketing.

1. Buat Halaman Bisnis Facebook Anda

Setelah anda memiliki akun Facebook dan sudah melakukan log masuk, maka anda bisa membuat halaman Facebook dengann membuka alamat berikut ini https://www.facebook.com/pages/create .

Langkah selanjutnya adalah anda harus memilih jenis halaman anda: Bisnis / merek atau Komunitas / tokoh masyarakat kemudian masukkan detail bisnis anda.

2. Tambahkan gambar

Unggah foto profil dan sampul Anda. Pastikan untuk menggunakan ukuran gambar yang optimal untuk Facebook agar terlihat terbaik. Untuk anda yang membuat halaman untuk bisnis, maka pastikan gambar tersebut memiliki hubungan dengan bisnis anda. Untuk foto profil bisa menggunakan logo perusahaan anda, sedangkan untuk foto sampul bisa berupa banner promo dan sebagainya.

3. Lengkapi info Halaman

Klik Edit Info Halaman dan isi bagian berikut:

  • Deskripsi : 255 karakter untuk menggambarkan siapa anda dan bisnis apa yang anda jalankan.
  • Informasi kontak : Isi semua cara yang anda inginkan agar orang dapat menghubungi and. Diantaranya adalah bisa memasang tautan website anda dan juga nomor telepon.
  • Opsi tambahan : Anda bisa menambah jam operasi, kisaran harga, dan kebijakan privasi anda. Namun ini sifatnya adalah opsional.

4. Buat nama pengguna halaman

Nama pengguna anda membantu orang menemukan anda di Facebook. Klik Buat Halaman @Nama Pengguna untuk membuatnya. Panjangnya bisa sampai 50 karakter. Disini anda harus menentukan nama dengan benar karena nanti akan tampil di url hhalaman anda. Buat url yang mudah diingat.

Tips membuat url halaman :

  • Pilih nama Halaman yang ramah pencarian.
  • Jika memungkinkan, gunakan nama pengguna yang sama di seluruh jejaring sosial.

5. Tambahkan tombol CTA

Dampak Negatif Sosial Media
Social Media, src: findoctor.com

Tombol ajakan bertindak atau Call to Action (CTA) memberi orang cara yang cepat dan mudah untuk menghubungi anda, berbelanja produk anda, atau terlibat dengan bisnis anda. Klik Tambahkan Tombol di bawah foto sampul Anda untuk menyiapkannya. Anda bisa menghubungkan tombol tersebut ke chat WhatsApp anda, atau bisa ke landing page webite anda. Bisa juga ke etalase toko online anda. Semua bisa disesuaikan dengan bisnis anda.

Itulah beberapa ulasan mengenai membangun bisnis dengan Facebook marketing yang bisa kami sampaikan. Bisnis memang memiliki banyak cara untuk berkembang. Salah satunya dengan fasilitas gratis yang di tawarkan oleh platform media sosial. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lewatkan artikel kami lainnya tentang optimasi Instagram. terima kasih.

Leave a Comment