Marketing Properti Online, Apakah Cara Terbaik untuk Mendongkrak Penjualan?

Aktivitas dari sebuah perusahaan apapun, semuanya bertujuan untuk memajukan perusahaan. Baik menjadikan kapasitas produksi meningkat, penjualan bertambah, atau kerja perusahaan lebih baik lagi. Termasuk fungsi dari sebuah divisi marketing. Marketing properti online memiliki tugas meningkatkan penjualan properti yang menjadi komoditas utamanya.

Meskipun tugas utamanya adalah memasarkan produk atau layanan dari sebuah perusahaan, namun marketing memiliki tugas yang berbeda antara bisnis satu dengan yang lain. Ini karena setiap bisnis memiliki karakter masing-masing sehingga dalam menerapkan strategi pemasarannya juga berbeda.

Marketing Properti Online
Rapat divisi marketing. Sumber Unsplash @austin-distel

Marketing pada Bisnis Properti

Pemasaran atau marketing pada bisnis properti menjadi salah satu bagian dari bisnis properti yang tidak bisa dianggap remeh. Bisa dikatakan, marketing merupakan ujung tombak dari suatu bisnis. Penjualan akan terjadi ketika mesin pemasaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

Pentingnya fungsi marketing

Pada bisnis properti berbeda dengan bisnis lainnya. Karena produk yang ditawarkan adalah properti seperti rumah, ruko, kios maupun bangunan lainnya, maka harganya juga tidak murah. Dengan demikian pelanggan dari bisnis ini tentu saja orang yang memiliki cadangan dana besar.

Karena itu pelanggan atau konsumen bisnis ini bukanlah sembarang orang. Maka diperlukan upaya yang lebih keras untuk mendapatkan konsumen. Sehingga tidak jarang dari setiap tenaga pemasaran dari bisnis properti dibekali dengan kemampuan speaking yang baik.Mereka dibekali dengan pelatihan-pelatihan sebelum terjun memasarkan.

Volume penjualan produk properti juga berbeda dengan produk lainnya. Produk berupa barang konsumsi memiliki volume penjualan lebih tinggi, namun laba yang didapatkan per item tentu lebih kecil. Namun untuk produk properti produk yang dijual memiliki margin keuntungan besar akan tetapi volume penjualannya tidak sebanyak produk lainnya.

Terjual satu atau dua unit pada produk properti sangat berarti bagi bisnis. Karena hal ini terkait dengan permodalan yang nantinya akan diputar kembali. Karena itulah, diperlukan tim marketing yang handal ketika Anda membangun bisnis properti.

Gaji tenaga marketing properti

Karena beratnya pekerjaan menjadi tenaga marketing property, maka banyak yang beranggapan bahwa gaji tenaga marketing property itu tinggi. Memang anggapan itu tidak sepenuhnya salah. Namun besarnya gaji marketing properti tergantung dari besarnya perusahaan yang menaunginya. 

Semua gaji di perusahaan properti ditentukan berdasarkan kebijakan perusahaan dengan mempertimbangkan banyak hal seperti lokasi yang berkaitan dengan UMR, job desk, penghasilan perusahaan dan sebagainya.

Namun yang menjadikan orang tertarik untuk bergabung menjadi tenaga marketing properti adalah bonus penjualan yang diberikan. Biasanya seorang pemasar akan mendapatkan bonus ketika produk properti yang mereka tawarkan terjual. Besarnya bonus juga bervariasi, tergantung unit yang terjual.

Marketing Properti Online dan Offline, Mana yang Efektif?

Marketing Properti Online

Website adalah salah satu sarana pemasaran. Sumber Pixabay

Saat ini dalam upaya pemasaran produk, didapati dua cara yang bisa dilakukan yakni pemasaran online dan pemasaran offline. Untuk bisnis properti, mana yang lebih efektif, antara marketing properti online dan offline?

Untuk bisnis properti, kedua cara tersebut tidak bisa ditinggalkan, artinya Anda harus menjalankan dua strategi pemasaran tersebut. Ini terkait dengan sifat dari bisnis properti itu sendiri yang merupakan bisnis yang mengandalkan kerja lapangan, yakni aktivitas pembangunan dan penentuan lokasi.

.Inilah beberapa alasan, mengapa bisnis properti membutuhkan dua strategi pemasaran yakni online dan offline.

  • Perangkat online memberikan kemudahan bagi prospek untuk menemukan lokasi properti dengan akurat, meskipun belum pernah mengunjunginya. Sedangkan tenaga marketing dibutuhkan untuk memberikan penjelasan mengenai spesifikasi properti, keunggulan lokasi dan nilai lebih lainnya dari produk yang dijelaskan secara langsung.
  • Sistem pembayaran online memudahkan prospek melakukan pembayaran uang muka, namun pihak perusahaan tentu setelah itu harus bertemu dengan prospek secara langsung untuk melakukan penandatanganan kesepakatan sampai pada serah terima properti disertai serah  terima berkas kepemilikan.
  • Keberadaan bisnis Anda di dunia maya memang menaikkan visibilitas online, namun Anda juga harus melakukan pemasaran secara langsung dengan tatap muka karena tidak semua orang percaya begitu saja membelanjakan uang dalam jumlah besar. Buat prospek percaya dengan kedatangan Anda secara langsung.
  • Karena bisnis properti adalah bisnis yang bersifat lapangan, artinya kegiatannya ada di lapangan, maka penggunaan media promosi seperti spanduk, umbul-umbul dan sejenisnya tetap diperlukan, terutama di lokasi proyek.

Strategi Pemasaran Properti Online

Untuk pemasaran online bisnis properti, pastikan Anda menggunakan strategi yang tepat. Dengan strategi yang tepat, selain pemasaran akan lebih efektif, Anda bisa mendapatkan nilai brand yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.

Iklan Berbayar

Anda bisa menggunakan iklan online berbayar baik di media sosial maupun mesin pencarian atau Google Ads. Dengan menggunakan iklan berbayar, Anda bisa dengan mudah mendapatkan posisi atas di mesin pencarian untuk kata kunci tertentu.

Kelebihan dari strategi ini adalah, Anda bisa menyesuaikan alokasi dana yang akan Anda keluarkan untuk periode waktu tertentu. Karena iklan ini lebih tertarget secara spesifik, maka ketika memasang iklan Anda harus mensetting iklan dengan tepat, baik itu lokasi beredarnya iklan dan waktu tayang.

SEO

SEO adalah metode untuk optimalisasi mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu. Seperti halnya iklan berbayar, halaman Anda akan mendapatkan posisi atas di halaman hasil pencarian namun upaya ini dilakukan dengan cara organik. Karena itu penggunaan metode ini memerlukan waktu yang lama.

Namun ada keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan metode ini. Halaman Anda akan tetap mendapatkan posisi teratas meskipun layanan SEO sudah Anda hentikan jika sebelumnya halaman Anda telah mendapatkan posisi atas. Akan tetapi posisi ini tidak bertahan lama ketika Anda tidak merawat website dengan benar.

Kata kunci terbaik yang digunakan adalah kata kunci yang tingkat persaingannya rendah namun volume pencariannya tinggi. Seperti jasa poles marmer untuk kata kunci website jasa poles dan pasang marmer. Anda bisa menggunakan kata kunci spesialisasi bisnis dan lokasinya. Misal rumah subsidi di Sleman dan sebagainya,

Affiliate Marketing

Marketing Properti Online
Marketing perlu perencanaan Sumber Unsplash @campaign-creators

Affiliate marketing di dunia online di populerkan oleh marketplace internasional Amazon. Affiliate marketing merupakan strategi marketing dengan cara memberikan kesempatan kepada pihak lain untuk memasarkan produk dari sebuah perusahaan dengan menggunakan nomor penjualan atau link unik yang berbeda antara affiliator satu dengan yang lain.

Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi merekrut tenaga pemasar besar-besaran. Anda hanya perlu memberikan peluang kepada affiliator sebanyak-banyaknya. Namun karena setiap affiliator bukanlah pekerja perusahaan, maka perusahaan tidak bisa mengontrol kinerja mereka.

Itulah ulasan mengenai marketing properti online yang bisa Anda ambil pelajaran daari artikel tersebut. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terima kasih. 

Tinggalkan komentar