Langkah Optimasi Instagram untuk Bisnis

Instagram merupakan platform media sosial populer selain sebelumya Facebook menguasai pasaran media sosial. Instagram sebagaimana platform media sosial lainnya juga digunakan untuk berbisnis. Karena itu usaha untuk optimasi instagram perlu dilakukan oleh siapa saja yang akan mengembangkan bisnisnya melalu instagram.

Langkah ini sangat penting bagi anda yang baru saja membuka bisnisnya. Artinya anda benar-benar membuatnya dari fondasi awal. Namun bagi anda yang sudah menjalankan bisnis melalui Instagram ini sejak lama tidak ada salahnya untuk mencoba.

Langkah Optimasi Instagram

Untuk membuka potensi Instagram untuk bisnis di internet, penting untuk membuat profil Instagram yang berhasil menarik perhatian audiens target. Dengan mengikuti tip yang diuraikan di bawah ini, egiatan marketing di media sosial Instagram dapat mendorong hasil bisnis yang lebih maksimal. Itulah dampak positif sosial media. Seperti apa tipsnya? Simak penjelasan berikut ini !

Optimasi Instagram
Media sosial Instagram, populler di kenal luas. SUmber Unsplash

1. Gunakan akun Instagram Business

Saat ini banyak platform media sosial yang membuat dua jenis akun. Yang pertama adalah akun pribadi dan yang kedia adalah akun bisnis. diperkirakan lebih dari 25 juta pebisnis di Instagram telah menggunakan akun Instagram Business untuk mengakses analitik dan alat promosi yang bermanfaat untuk menunjang bisnisnya.

Berbeda dengan akun pribadi, akun Bisnis menyediakan pengguna dengan analitik yang terkait dengan kinerja posting dan pertumbuhan pengikut. Pengguna akun bisnis memiliki lokasi kantor dan jam buka di bagian yang terpisah dari biografi Instagram.

Keuntungan lainnya adalah, Instagram dengan akun Bisnis menyertakan tombol kontak yang dirancang untuk bisa mengirimkan pesan melalui pesan langsung Instagram, email, atau SMS ke pengguna instagram yang bersangkutan. Ini membuat dukungan pelanggan media sosial jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Jika anda ungun menggunakan postingan yang bersponsor, atau iklan berbayar maka hak ini akan lebih mudah anda lakukan ketika anda menggunakan akun bisnis Instagram. Seperti halnya fitur pada Facebook, di instagram juga disediakan fitur iklan berbayar dengan dashboard perencanaan yang matang,

2. Investasikan dalam mesin analitik Instagram

Jika anda memiliki mesin analitik pada akun Instagram anda, anda akan bisa membuktikan apakah strategi yang anda jalankan berjalan dengan baik atau tidak. Meskipun akun Instagram Business memang menawarkan beberapa informasi dasar tentang kinerja, platform analitik pihak ketiga menyediakan banyak informasi yang tidak dapat diakses.

Dari menghitung kinerja tautan pelacakan di bio Instagram Anda hingga menentukan pos mana yang paling disukai pengikut hingga menentukan waktu ideal untuk memposting konten baru, alat analitik pihak ketiga sangat penting untuk mengoptimalkan profil dan strategi Instagram anda. Karena itu sangat direkomendasikan untuk memiliki mesin analiti pihak ketiga.

3. Posting di waktu yang tepat

Tahukah anda bahwa postingan yang mendapatkan viewer yang banyak adalah postingan yang di post pada saat yang tepat? Apakah anda mengirimkan postingan Instagram kapan saja? Jika demikian, anda bisa kehilangan banyak like dari postingan anda jika anda memposting di waktu yang tidak tepat.

Anda bisa melakukan semacam riset kecil dan mengamati seperti apa audiens anda. Pastikan anda mengetahui kapan audiens anda sebagian besar online. Dengan cara ini anda akan memposting postingan ketika sebagian besar audiens anda online dan mereka akan mendapatkan feed anda di waktu yang tepat.

4. Sertakan hashtag yang relevan

Hastag pada instagram akan memberi anda lebih banyak peuang ditemukan di mesin pencarian yang ada pada instagram. Lakukan riset dan temukan 5-10 hashtag relevan yang dapat anda tempatkan di bagian komentar di bawah foto anda. Ubah dan pantau mana yang paling sesuai untuk produk yang anda tawarkan.

Definisi Media Sosial
Berbagai platform social Media, src: justdial.com

Dimungkinkan juga untuk mengikuti hashtag di Instagram. Dengan mengikuti hashtag teratas yang telah anda teliti, anda akan dapat melihat jenis konten mana yang sering ditampilkan di feed atau story hashtag tersebut. Ini dapat membantu menyempurnakan konten anda untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan karena keberadaan hashtag.

5. Tambahkan tag lokasi

Menambahkan lokasi sangatlah penting terutama bagi anda yang berbisnis dan memerlukan lokasi secara riil. Viewer di Instagram kemudian akan melihat foto anda di area tempat menandai mereka, membuka anda kepada audiens baru yang tertarik dengan tag lokasi.

6. Pasang Story Instagram

Selain feed, story pada Instagram juga menjadi penting di gunakan. Story Instagram dirilis pada Agustus 2016, dan sejak saat itu, platform Instagram kemudian menambahkan fitur live, beberapa filter, penandaan lokasi, dan penggabungan gif. Stor pada platform Instagram sebaiknya tidak ditinggalkan. Anda bisa membagikan cerita anda disana.

7. Unggah gambar multi-grid

Postingan gambar kolase multi-grid menjadikan unik di Instagram.Teknik ini bagus digunakan untuk membagikan gambar besar yang mungkin tidak terlihat bagus saat dipotong agar pas dalam satu postingan. Serangkaian gambar yang diunggah dan tidak dapat terbaca dapat menyebabkan para follower di Instagram menjadi penasaran. Banyak yang akan memilih untuk mengunjungi profil Instagram anda untuk melihat gambar lengkapnya.

8. Fokus pada kualitas pengikut daripada kuantitas

Memiliki banyak pengikut memang penting untuk membuat profil Instagram yang kuat dan berpengaruh. Selain itu semakin banyak pengikut pada akun Instagram anda maka akun akan dan juga merk yang anda tawarkan semakin kredibel. Namun sebenarnya kualitas follower lebih penting daripada kuantitas.

Ada banyak sekali profil Instagram “clickbait” dengan ratusan ribu, bahkan jutaan, pengikut. Meskipun ada beberapa akun terkenal dengan pengikut lebih rendah jumlahnya tetapi dengan ekberadaan brand menjadikan orang lebih mempertimbangkan postingan merk terkenal daripada akun clickbait.

10. Buat kalender konten

Instagram berbeda dengan platform media sosial lainnya yang akan mengubur konten yang sudah di posting. Konten Instagram di masa lalu mudah di temukan meskipun di posting beberapa bulan lalu, maka anda harus memperhatikan hal ini dan harus mengembangkan urutan konten Instagram yang kohesif untuk membuat profil yang menampilkan narasi yang dapat dipahami.

11. Kelola Perpesanan

Banyak konsumen berharap mendapatkan dukungan pelanggan yang lebih instan di berbagai platform media sosial. Artinya mereka akan lebih menyukai mengirim pesan langsung ke Instagram daripada harus mengeklik tautan di profil Instagram yang nantinya mengarahkan ke website atau tautan aplikasi chat lainnya.

Untuk memberikan dukungan pelanggan yang memuaskan kepada pengguna harus diupayakan maksimal termasuk melalui pesan Instagram.Akun Instagram Business memiliki profil yang terdapat fitur yang memudahkan untuk menghubungi merek dengan satu sentuhan tombol. Karena itu selain menangani pesan langsung, anda harus memilikirkan hal ini juga untuk optimasi Instagram agar berjalan efektif.

12. Perbarui gambar profil Instagram

Gambar pada profil bisa menegaskan identitas sebuah brand. Hanya saja terkadang gambar profil perlu dirubah pada kondisi tertentu. Terutama ketika anda melakukan sebuah kampanye penawaran produk atau kampanye diskon. Hal ini untuk mempertegas bahwa anda sedang melakukan agenda yang penting.

13. Dapatkan tanda centang biru

Biasanya akun populer yang terverifikasi seperti pada Twitter atau Facebook akan di dapati centang berwarna biru. Karena itu anda perlu melakukan verifikasi akun agar memiliki centang biru standa akun resmi. Tanda centang ini akan membuat para pengikut Instagram tenang, karena mereka yakin bahwa akun anda mewakili suara resmi organisasi atau perusahaan anda.

14. Tinjau profil Instagram Anda di seluruh perangkat.

Instagram dan juga Facebook, adalah perusahaan yang mengutamakan seluler. Sebelum ada versi desktop atau tablet dari aplikasi Instagram, ada iPhone dan kemudian versi Android dari platform tersebut. Akun Instagram yang anda miliki harus ditinjau di berbagai perangkat untuk memastikan bahwa pengalamannya positif dan konsisten di semua perangkat.

15. Pastikan Anda menautkan ke situs web yang dioptimalkan untuk seluler

Anda bisa mengarahkan lalu lintas website dari profil Instagram ke halaman web perusahaan, pastikan bahwa seluruh situs web perusahaan dioptimalkan untuk seluler. Sebagian besar pengguna Instagram akan mengakses halaman anda dari perangkat seluler, dan jangan sampai anda melewatkan momen ini dengan memberikan kesan buruk pada website anda, terutama pada pengalaman pengguna atau UX website.

Optimasi Instagram
Optimasi Instagram diperlukan untuk bisnis. SUmber Unsplash

Selain memberikan pengalaman yang dioptimalkan untuk seluler, kecepatan halaman harus terjamin di semua perangkat. Satu studi menemukan bahwa situs seluler yang membutuhkan waktu 3 detik atau lebih untuk memuat akan menjadikan kehilangan lebih dari 50 persen pengunjung.

Kesimpulan

Kemajuan bisnis berpengaruh pada usaha yang di lakukan. Usaha yang konsisten perlu dilakukan jika menginginkan bisnis yang berjalan kontinyu. Apapun trik yang anda ketahui, namun dengan tidak di lakukan secara konsekuan maka hasilnya juga tidak maksimal, bahkan hanya percuma.

Itulah beberapa langkah optimasi Instagram untuk bisnis. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda yang akan beerbisnis melalui penawaran di akun Instagram. Pastikan anda membaca artikel kami lainnya tentang di website Khaira Digital

Leave a Comment