Jualan Produk Digital, Ide Bisnis Kreatif di Era Industri 4.0

Beberapa waktu lalu sempat viral video orang tua yang marah-marah kepada penjaga toko retail yang telah menjual voucher permainan dengan jumlah nominal pembelian besar kepada anak kecil yang mungkin belum aqil baligh. Orang tua menuduh, toko retail hanya mengambil untung saja dalam jualan produk digital tanpa mempertimbangkan siapa pembeli produknya.

Banyak pro kontra yang timbul dari kasus tersebut, namun yang menjadi pertanyaan sebenarnya adalah, seperti apa produk digital dan apakah bisnis jualan produk digital menghasilkan keuntungan yang signifikan?

Jualan Produk Digital
Semua pekerjaan saat ini terbantu dengan sistem digital. Sumber Pixabay @geralt

Apa Itu Produk Digital?

Voucher permainan merupakan salah satu produk digital yang saat ini laris di pasaran. Namun sebenarnya masih banyak produk digital yang dijual bebas di pasaran dan itu tidak hanya sekedar voucher permainan. Mungkin ada diantara produk digital yang dijual tersebut adalah hal yang Anda butuhkan saat ini.

Pengertian Produk Digital

Produk digital merupakan produk berupa benda non fisik seperti konten, file, deretan angka atau kode atau media yang dapat disimpan dalam file, atau dijual dan dibagikan secara online. Produk digital ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari hiburan, untuk pendidikan dan keperluan lain yang biasanya berkaitan dengan penggunaan perangkat lunak.

Keunggulan Jualan Produk Digital

Mengapa jualan produk digital menjadi salah satu ceruk bisnis yang direkomendasikan? Hal ini tidak lepas dar adanya keunggulan yang diberikan produk digital ketika Anda memperdagangkan komoditas tersebut.

1. Bisa dijalankan otomatis

Menjual produk digital memiliki keunggulan yakni proses transaksi bisa otomatis. Artinya Anda hanya memantau prosesnya saja mulai dari pembayaran sampai produk berada di tangan pembeli. Meskipun penjualannya otomatis, namun Anda perlu melakukan pemantauan karena tidak jarang proses tersebut mengalami kendala teknis. Biasanya transaksi perdagangan ini menggunakan pembayaran online.

2. Margin keuntungan tinggi

Karena tidak ada biaya tambahan lain seperti ketika Anda bisnis jualan produk fisik, maka jualan produk digital memiliki margin keuntungan yang tinggi dibanding dengan jualan produk fisik. Kuncinya adalah, pastikan Anda mampu melindungi data Anda dari pencurian atau mungkin pembajakan.

3. Mudah dipelajari

Untuk terjun ke dunia property, dunia bisnis otomotif, Anda tentu perlu mengetahui seluk beluk produk yang Anda jual. Karena itu, untuk terjun ke bisnis penjualan produk fisik seperti yang telah disebutkan, Anda memerlukan pengalaman dan pengetahuan. Ini penting untuk Anda agar bisnis Anda lancar.

Namun untuk terjun dalam bisnis penjualan produk digital, Anda tidak perlu mengetahui secara detail seluk beluk apa yang Anda jual. Seperti voucher game, Anda tentu tidak perlu mengetahui secara detail game tersebut.

4. Penjualan fleksibel

Menjual produk digital akan memiliki feksibilitas dalam penjualannya. Anda bisa menjual produk tersebut melalui berbagai platform, baik itu marketplace, membangun toko online atau menjualnya melalui media sosial. Bahkan Anda bisa juga menjualnya secara offline. Berapa banyak voucher game yang dijual di toko retail? Banyak sekali.

5. Biaya overhead rendah

Memiliki bisnis yang bidangnya adalah jualan produk digital memiliki biaya overhead yang lebih rendah daripada Anda menjual produk fisik. Anda tidak memerlukan tempat untuk menyimpan produk Anda. Selain itu perawatan dan proses penjualan lebih mudah. Anda tidak memerlukan packing dan tidak membutuhkan biaya ekspedisi.

Contoh Produk Digital

Sebenarnya banyak produk digital yang mudah ditemukan dan bisa menjadi komoditas perdagangan. Inilah diantaranya

Jualan Produk Digital
Perangkat gaming memerlukan perangkat lunak yang merupakan produk digital. Sumber Unsplash @ivan_samkov

1. Produk jasa

Saat ini produk jasa yang ada di dunia digital bisa dengan mudah Anda temukan. Mulai dari jasa SEO, jasa desain grafis, dan sebagainya. Keberadaan pandemi Covid-19 memaksa orang untuk melakukan upaya yang lebih kreatif untuk mendapatkan pendapatan. Salah satunya adalah membuka layanan jasa online dengan jasa yang mereka tawarkan juga berupa produk online.

Ketika Anda memiliki kecakapan tertentu yang berkaitan dengan produk digital, seperti desain grafis atau penulisan SEO friendly Anda bisa membuka bisnis jasa di dunia digital. Anda akan mudah memasarkan jasa Anda seperti di marketplace, di platform freelancer, atau membuka akun penjualan jasa di media sosial.

2. Produk pendidikan

Pernahkah Anda membeli buku secara online? Ketika Anda sudah melakukan transaksi, Anda tentu harus menunggu buku yang Anda beli dikirimkan. Namun ketika Anda membeli buku dalam bentuk e-book, Anda cukup perlu mengunduh buku yang Anda beli dalam bentuk digital.

Banyak produk pendidikan yang berupa produk digital yang bisa Anda beli untuk keperluan pendidikan Anda. Anda akan lebih cepat mendapatkan produk tersebut ketika membelinya dalam bentuk digital.

3. Software dan alat

Sebenarnya berbagai perangkat lunak dan alat yang di pasang pada sistem operasi Windows merupakan perangkat lunak berbayar. Hanya saja karena pembajakan di Indonesia cukup tinggi dan hukum yang mengatur perkara ini tidak ditegakkan dengan benar, maka masyarakat tidak menyadari bahwa mereka menggunakan perangkat bajakan.

Fenomena ini tentu akan merugikan vendor. Namun untuk perangkat tertentu seperti perangkat lunak untuk konsol game, tingkat pembajakan kecil atau bahkan nol. Karena itu menjual software custom dan perangkat lunak yang tingkat pembajakannya kecil menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

4. Karya seni

Ternyata Anda bsa menjual karya seni digital di berbagai platform. Biasanya yang dijual adalah seperti hasil fotografi, video, efek digital, desain grafis dan sebagainya. Banyak platform sebagai tempat untuk menjual karya digital Anda. Seperti shutter stock untuk menjual fotografi, dailymotion untuk menjual video, logoground untuk menjual produk desain logo dan sebagainya.

Ketika Anda memiliki kecakapan dalam mengoperasikan perangkat lunak maupun keras yang menhasilkan karya seni tersebut, ada baiknya mencoba peruntungan dengan menjual produk yang Anda buat di platform yang telah disebutkan di atas.

5. Tiket dan voucher

Tiket virtual maupun voucher game rupanya bisa menjadi Anda jadikan komditas jualan Anda. Semakin banyaknya pemain game dengan perangkat smartphoone, maka sebenarnya semakin tinggi peluang penjualan voucher game. Bahkan saat ini bisa dikatakan penjualan voudher game hampir menyerupai penjualan paket data internet.

Cara Jualan Produk Digital

Jualan Produk Digital
Salah satu produk digital adalah aplikasi. Sumber Unsplash @nejc_soklic

Produk digital merupakan produk baru di abad ini. Karena itu dalam menjualnya, Anda tidak bisa menyamakan dengan penjualan produk fisik. Karenanya ada langkah teknis yang harus dilakukan sebelum Anda berbisnis produk digital.

Riset

Aktifitas utama sebelum Anda memulai bisnis adalah melakukan riset terlebih dahulu. Lakukan penelitian kecil untuk menghasilkan informasi atau jawaban dari pertanyaan berikut ini : Bagaimana permintaan produk di masyarakat? Seberapa besar tingkat keterjualan produk? Siapa pembeli Anda? Apa saja yang nantinya Anda jual?

Pangsa Pasar

Dari riset awnamun al tentunya Anda akan mengetahui pangsa pasar mana sajakah yang akan menjadi target penjualan Anda. Untuk saat ini komunitas gamers menjadi salah satu ceruk pasar yang potensial untuk menjual produk berupa voucher game.

Namun ketika Anda menjual produk tersebut, tentu Anda harus menjualnya dengan bijak. Jangan sampai Anda nanti melayani pembeli anak di bawah umur dengan nominal penjualan banyak. Bisa jadi anak tersebut mencuri uang orang tuanya untuk membeli voucher game yang Anda jual. Jika ini terjadi Anda bisa jadi sasaran amarah para orang tua.

Platform Penjualan

Sesuaikan platform penjualan yang Anda gunakan dengan produk yang Anda jual. Namun untuk saat ini beragam platform marketplace atau e commerce seperti Shopee, Lazada atau Tokopedia telah menyediakan kategori produk digital. Tentu Anda memerlukan modal besar untuk menyaingi harga yang mereka tawarkan.

Untuk kemudahannya Anda bisa menjualnya di komunitas seperti grup facebook dengan tema pembahasan grup yang relevan dengan produk yang Anda jual. Atau bisa juga dengan menjual produk tersebut dengan melalui akun jualan marketplace. Yang lebih mudah lagi adalah jika Anda menjual produk fisik seperti kartu perdana sim card, atau perangkat asesoris seluler, maka Anda bisa membuka layanan penjualan produk digital disitu.

Pemasaran

Strategi pemasaran adalah hal yang paling krusial dalam bisnis penjualan. Anda dituntut untuk menjangkau banyak orang agar produk Anda dikenal luas di dunia maya. Salah satu pemasaran yang paling efektif tanpa memerlukan pihak ketiga untuk promosi adalah dengan membuka program giveaway. Namun Anda perlu ‘mengorbankan’ produk atau uang yang Anda miliki untuk diberikan cuma-cuma.

Jualan Produk Digital
Produk digital bisa dengan mudah Anda dapatkan di internet. Sumber Unsplash

Program afiliasi

Jika Anda telah memiliki saluran media sosial atau apapun dengan jumlah pengikut banyak, Anda bisa mengikuti program afiliasi untuk produk digital. Dengan cara ini Anda tidak perlu melakukan stok produk karena Anda hanya menjualkan produk dari orang lain dan Anda akan mendapatkan persenan bagi hasil ketika produk laku.

Cara ini memang cenderung aman dari strategi penjualan lain. Kelemahannya adalah, Anda akan mendapatkan margin keuntungan yang lebih sedikit dan tentu saja besar penjualan menyesuaikan dengan trafik saluran yang Anda miliki, entah itu website, channel YouTube, akun medsos dan sebagainya.

Penutup

Era Industri 4.0 adalah era digital dan otomatisasi dimana menjual produk digital merupakan ide yang sangat bagus. Namun untuk menjual produk yang keberadaannya masih baru tersebut di lingkungan Anda, perlu disesuaikan dengan keadaan, baik keadaan sosial dan ekonomi lingkungan sekitar.

Melakukan penyesuaian dengan linkungan, ketika berbisnis menjadikan Anda akan lebih terlihat bijaksana. Bisnis apapun yang akan Anda rintis, pasti ada pandangan negatif dan positif dari sekitar Anda.

Tinggalkan komentar