Mencoba Peruntungan dengan Jualan di Amazon

Saat ini pasar e commerce baik pasar lokal maupun internasional sedang naik daun. Hal inilah yang menjadikan belanja lebih mudah dan karena adanya pergeseran tren inilah pasar konvensional seperti toko retail banyak yang gulung tikar. Para pedagang lebih suka jualan di Amazon untuk tingkat internasional, atau pasar e commerce lokal lainnya untuk tingkat nasional.

Keuntungan melakukan penjualan di e commerce adalah, antara pemodal kecil dan pemodal besar memiliki kesempatan yang sama. Karena itu di pasar e commerce akan ditemukan banyak sekali pedagang yang bersaing dalam hal harga, kualitas, dan ukuran parameter lainnya. Mereka bersaing mendapatkan rating terbaik.

Mengapa harus jualan di Amazon ?

Banyak sekali e commerce yang bisa anda pilih untuk menjual produk anda. Namun mengapa harus jualan di Amazon ? Ada catatan tersendiri yang menjadikan jualan di Amazon menjadi pilihan terbaik.

Amazon yang didirikan oleh Jeff Bezos pada 5 Juli 1994 di Bellevue, Washington ini merupakan satu dari empat perusahaan besar menyamai Google, Apple dan Facebook. Perusahaan ini awalnya dimulai sebagai pasar online untuk penjualan buku tetapi kemudian diperluas untuk menjual barang elektronik, perangkat lunak, video game, pakaian, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

Popularitas Amazon semakin meningkat setelah ia mengalahkan Walmart sebagai perusahaan retail paling berpengaruh di Amerika Serikat pada 2015. Perusahaan e commerce tersebut semakin membesar dan tidak terkalahkan setelah mengakuisisi berbagai perusahaan lain. Hingga saat ini Amazon menjadi salah satu raksasa perusahaan yang membuka bidang usaha lainnya termasuk cloud hosting pada AWS.

Karena popularitasnya di dunia e commerce, maka tidak salah jika kami merekomendasikan anda untuk memulai berjualan di Amazon jika ingin menargetkan pasar mancanegara.

Membuat Akun Baru Amazon

Untuk memulai menjual di Amazon, tentu anda harus memiliki akun Amazon terlebih dahulu. Hal yang di perlukan adalah email yang masih aktif.

1. Buka website Amazon

Anda bisa memulai dengan membuka alamat situs di https://www.amazon.com lalu kemudian arahkan cursor anda ke arah pojok kanan atas. Temukan tombol “Start Here” pada bagian Account & list lalu klik bagian tersebut. Nanti akan terbuka laman pendaftaran anggota Amazon baru.

 Jualan di Amazon
Halaman mendaftar akun Amazon. Sumber Screenshoot

2. Siapkan email dan password

Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email, password dan juga membuat account name. Setelah selesai mengisi form pendaftaran akun, maka klik “Create your Amazon Account”. Nanti akan muncul laman baru yang berupa kolom OTP (One Time Password). Anda akan diminta mengisikan nomor OTP yang telah dikirim ke email dengan segera.

3. Memasukkan OTP

One Time Password hanya berlaku sekali pakai karena itu ketika anda mendapatkan kiriman nomor OTP hendaknya segera di gunakan. OTP ini hanya berlaku selama10 atau 15 menit, jika lebih dari waktu tersebut namun belum juga digunakan, maka kode OTP-nya akan hangus dan anda harus memulai dari awal untuk mendapatkan nomor kode OTP.

Setelah anda memasukkan kode OTP dengan benar, maka anda telah berhasil dalam membuat akun baru di Amazon. Lengkapi bagian dari akun tersebut dengan foto profil, foto sampul dan informasi lainnya seperti website anda, atau link akun media sosial anda.

Mendaftar Menjadi Seller di Amazon

Berbeda dengan e commerce lainnya, untuk jualan di Amazon anda tidak hanya terdaftar sebagai pemilik akun Amazon. Namun anda juga harus melakukan pendaftaran di halaman penjualan Amazon. Ini langkahnya :

 Jualan di Amazon
Halaman pendaftaran seller. Sumber Screenshoot

1. Buka halaman seller

Untuk bisa berjualan di Amazon, anda harus mendaftar sebagai seller di halaman pnedaftaran seller berikut ini : https://sell.amazon.com

Untuk mendaftar anda dipersilahkan klik tombol “Sign Up”. Pada bagian ini anda bisa mengisi formulir sesuai dengan status anda. Pada bagian “Bussines Type”, maka pilih “None, I am an individual”. Hal ini karena anda menjual barang secara individual bukan atas nama penjual perusahaan. Jika anda bergerak seabgai perusahaan, maka anda akan dikenakan biaya iklan dll, namun untuk penjual yang bnersifat individual, anda akan dikenakan fee ketika barang anda laku.

Kemudian untuk kolom nama, silahkan mengisikan nama sesuai dengan nama yang anda ingnkan. Setelah semua kolom formulir pendaftaran diatas selesai anda isi, maka langkah selanjutnya klik tombol “Agree and Continue”.

2. Menuliskan Informasi Akun

Anda akan berhasil terverifikasi menjadi seller resmi di situs Amazon jika sudah melalui lima tahap pengisian. Pada tahap ini anda akan diminta untuk mengisi informasi mengenai kartu kredit, nama penjual, serta alamat pembayaran.

3. Verifikasi Nomor Telepon

Verifikasi nomor telepon perlu di lakukan. Anda perlu mengisi nomor teleponnya di kolom yang sudah disediakan kemudian klik “Call Now”. Setelah mengisi nomor telepon, Amazon akan mengirimkan kode atau PIN berupa 4 digit angka. PIN ini didapatkan setelah anda mendapat penggilan verifikasi dari pihak Amazon.

Setelah anda menerima PIN dari Amazon, maka masukkan nomor PIN lalu klik tombol “Register and Continue”. Anda sudah berhasil terdaftar menjadi seller.

Menjual Produk di Amazon

Ketika anda mulai menjual produk di Amazon, ada beberapa hal yang mungkin perlu di perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kategorisasi

Amazon menyediakan kategori produk untuk dijual dimana kategori tersebut memudahkan dalam klasifikasi barang. Tentukan produk yang ingin di jual sesuai dengan kategori yang ada. Anda bisa menentukan kategori dengan menggunakan kata kunci seperti nama dari produk, judul, dan juga edisi dari produk yang akan dijual.

Selain itu anda bisa menggunakan ISBN, ASIN, atau UPC untuk menentukan kategori. Jika produk yang anda jual sudah ada di Amazon maka anda bisa memilih langsung dari daftar yang sudah disediakan. Setelah itu, pilihlah “Sell yours here”.

2. Kondisi Produk

Amazon memungkinkan untuk menjual produk dengan kondisi tidak baru. Anda bisa memilih menu untuk menentukan kondisi produk. Menu tersebut adalah New (produk baru), used-Like New (produk bekas seperti baru), used-very good (produk bekas sangat bagus), used-good (produk bekas bagus), dan used-acceptable (produk bekas bisa diterima). Sebaiknya anda bisa menambahkan catatan yang menyatakan kondisi sebenarnya dari produk yang dijual.

3. Harga Produk

Sebenarnya anda bisa menentukan harga sesuai keinginan anda, namun agar produk bisa cepat terjual, perhatikan juga harga untuk barang yang sama dari kompetitor anda. Pasanglah harga sedikit lebih murah agar menarik minat pembeli dan mampu bersaing dengan produk lain.

4. Metode Pengiriman

Setelah memasukkan jumlah produk yang akan dijual maka kemudian tentukan metode pengirimannya. Kelebihan dari Amazon adalah anda bisa menjual produk anda ke seluruh dunia, namun untuk tahap awal, anda bisa menjual produk tersebut untuk dalam negeri saja.

 Jualan di Amazon
Amazon shipping. Sumber Unsplash

Penutup

Jika dilihat secara keseluruhan, produk Indonesia mungkin akan kalah di pasar internasional seperti produk teknologi. Namun untuk produk tertentu seperti kerajinan tangan atau barang unik lainnya, maka produk Indonesia masih menjadi andalan. Sebenarnya hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk memajukan UMKM Indonesia.

Karena itu, dengan jualan di Amazon maka diharapkan produk Indonesia, terutama produk handmade yang banyak di produksi oleh unit usaha skala kecil mampu bersaing di kancah internasional. Berbagai produk kerajinan kuningan, produk batik dan berbagai kerajinan lain tentu tidak mudah ditemukan di negara lain, karena itu anda bisa mencoba peruntungan dengan menjual produk tersebut.

Leave a Comment